Sukses


Tiga Pemain Ini Pengganti Sempurna Mohamed Salah di AS Roma

Bola.com, Roma - Pelatih AS Roma, Rudi Garcia, pusing tujuh keliling lantaran pemain bintangnya, Mohamed Salah, mengalami cedera. Juru racik taktik berkebangsaan Prancis itu bisa memanfaatkan ketiga pemain ini sebagai penggantinya.

Salah mengalami cedera pergelangan kaki saat membela AS Roma pada laga derby della Capitale melawan Lazio yang berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (8/11/2015) malam WIB. I Lupi akhirnya keluar sebagai pemenang dengan keunggulan dua gol tanpa balas. Sepasang gol Roma dicetak oleh Edin Dzeko dan Gervinho.

Pada pertandingan tersebut, Salah ditarik keluar pada menit ke-58 setelah berbenturan dengan Senad Lulic dan digantikan oleh Alessandro Florenzi. Pemain asal Mesir itu kemungkinan besar akan absen empat hingga enam pekan akibat cedera tersebut.

Absennya Salah membuat Garcia harus memutar otak untuk mengisi satu posisi kosong di pos penyerang kanan dalam formasi 4-3-3 miliknya. Peran Salah memang amat vital di kubu Roma.

Statistik Whoscored mencatat bahwa pemain berusia 23 tahun itu rata-rata 2,6 kali melewati lawan, membuat dua tembakan ker arah gawang, dan memberikan 31 umpan di tiap pertandingan.

Salah juga menjadi tumpuan serangan tim Serigala Ibu Kota. Statistik serangan AS Roma dari sisi sayap kanan mencapai 40 persen. Dari 27 gol yang tercipta, 24 persen diantaranya lahir melalui posisi yang ditempati Salah.

2 dari 4 halaman

1

Iago Falque

Mantan pemain Juventus ini mempunyai kans paling besar untuk menggantikan Salah. Beberapa kali Falque dipercaya Garcia untuk mengisi pos sayap kanan AS Roma. Pria Spanyol itu sudah tujuh kali diturunkan sebagai starter.

Keunggulannya dalam bermain di berbagai posisi juga memberikan nilai plus di mata, Garcia jika ingin mengubah strategi timnya.

"Di Genoa, saya biasa bermain di kanan dan itu adalah posisi paling nyaman. Namun jika Garcia ingin menggunakan saya di posisi lain, saya siap membantu," ucap Falque.

3 dari 4 halaman

2

Juan Iturbe

Garcia melakukan perjudian jika memilih Iturbe sebagai pengganti Salah. Sejak pindah dari Hellas Verona, Iturbe kesulitan untuk menemukan bentuk permainan terbaiknya.

Musim lalu, pria Argentina ini memang menjadi salah satu andalan untuk menggedor pertahanan lawan. Akan tetapi sejak kedatangan Salah, namanya kian dilupakan. Buktinya, dia hanya sekali saja bermain sebagai starter padahal Serie A sudah melalui 12 giornata.

Salah satu aksi memikat Iturbe adalah ketika pemain 22 tahun itu mencetak gol krusial dalam derby Roma musim lalu. Golnya membuat Giallorossi mengamankan satu tiket ke Liga Champions. Hal itu tampaknya cukup untuk membuat Garcia menjadikannya sebagai alternatif.

 

4 dari 4 halaman

3

Alessandro Florenzi

Selalu rela untuk memberikan tenaganya selama 90 menit, Florenzi bisa jadi pemain yang bisa menggantikan Salah tanpa harus merusak keseimbangan tim.

Sayap berdarah Italia itu memang kerap beroperasi sebagai bek kanan musim ini. Akan tetapi, posisinya bisa saja dimajukan oleh Garcia. Pelatih asal Prancis itu memang kerap memeragakan sepak bola menyerang. Namun,  dia juga butuh pemain sayap yang rela mundur untuk membantu pertahanan.

Faktor inilah yang membuat Florenzi lebih unggul dari dua pemain lainnya. Belum lagi dia juga lentur ketika harus diturunkan dalam formasi berbeda. Pemain berusia 24 tahun itu bisa membuat Garcia menurunkan formasi 4-3-3, 4-2-3-1 atau mungkin 4-4-2.

 Sumber: ESPN, Whoscored, Football-Italia

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer