Sukses


5 Pesepak Bola yang Memiliki Gelar Akademik

Bola.com - Memiliki otak yang encer dan gelar akademik bukan hal yang wajib dalam dunia sepak bola. Banyak pesepak bola terkenal bahkan tak menyelesaikan pendidikan akademiknya. Meski begitu, ada juga yang tetap bersekolah bahkan sampai menjadi dokter dan astronot.

Profesi sebagai pesepak bola merupakan hal yang diidam-idamkan sebagian besar orang. Dikenal hampir di seluruh dunia, hidup dengan kemewahan, dan dikelilingi wanita cantik sudah menjadi rutinitas.

Kendati sudah memiliki sejumlah syarat untuk menjadi bahagia di dunia, ada juga pesepak bola yang menanggangap pendidikan sebagai hal yang wajib diraih. Tak sedikit rupanya yang juga memiliki gelar dibidang akademik.

Siapa saja mereka? Berikut 5 pesepak bola yang memiliki gelar akademik di dunia pendidikan:

2 dari 6 halaman

1.

Socrates (Dokter dan Ph.D Filsafat)

Pemilik nama lengkap Socrates Brasileiro Sampaio de Souza Vieira de Oliveira merupakan pesepak bola asal Brasil. Socrates pernah menjadi kapten tim Samba ketika aktif bermain rentang 1979-1986.

Sejumlah klub Brasil semisal Corinthians, Flamengo, dan Santos pernah dibelanya. Socrates mungkin menjadi satu-satunya dokter yang pernah bermain di Piala Dunia.

Setelah memutuskan pensiun pada tahun 2004, Socrates melanjutkan pendidikan dan berhasil menyabet gelar Ph.D di bidang Filsafat.

3 dari 6 halaman

2.

Shaka Hislop (Astronot dan Sarjana Teknik Mesin)

Selama kariernya, Shaka Hislop pernah membela Newcastle United, West Ham United, dan Portsmouth. Tak banyak yang menyangka jika kiper kelahiran Inggris, 22 Februari 1969 itu merupakan mantan astronot NASA (Badan Antarika Amerika Seikat).

Hislop pernah bekerja bersama sejumlah ilmuwan bergengsi dunia di Space Station Freedom Project. Pemain yang memilih membela tim nasional Trinidad dan Tobago itu merupakan lulusan Teknik Mesin Howard University.

4 dari 6 halaman

3.

Steve Coppell (Master Ekonomi dan Sejarah)

Tak banyak memang yang mengenal nama Steve Coppell. Pasalnya, pria asal Inggris itu hanya aktif dalam dunia sepak bola selama 10 tahun, sebelum akhirnya memilih pensiun karena cedera berkepanjangan.

Namun, Copell yang pernah membela Manchester United rentang 1975-1983, merupakan salah satu pesepak bola yang berpendidikan. Pria kelahiran 9 Juli 1955 itu berhasil menyabet gelar Master di bidang Ekonomi dan Sejarah di University of Liverpool.

5 dari 6 halaman

4.

Slaven Bilic (Magister Hukum)

Slaven Bilic merupakan legenda hidup tim nasional Kroasia. Pria yang pernah membela West Ham United dan Everton itu rupanya memiliki gelar Master di bidang Hukum.

Bilic juga menguasai tiga bahasa asing yakni Jerman, Italia, dan Inggris. Selain itu, Bilic juga sangat mahir memainkan gitar listrik dan kini berprofesi sebagai manajer West Ham.

6 dari 6 halaman

5.

Edwin van der Sar (Magister Manajemen Olah Raga)

Nama Edwin van der Sar tentu sudah tak asing lagi di telinga penikmat sepak bola. Kiper asal Belanda itu tercatat pernah membela Ajax, Juventus, Fulham, dan mengakhiri karier di Manchester United pada 2011.

Setelah pensiun, Van der Sar melanjutkan pendidikan akademiknya dan lulus dengan gelar Magister Manajemen Olah Raga. Saat ini, pria 45 tahun itu berprofesi sebagai Direktur Pemasaran Ajax.

Sumber: Total Sportek

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer