Sukses


5 Pemain Guangzhou Evergrande yang Ditakuti Pelatih Barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona menghadapi tantangan tak mudah saat bersua Guangzhou Evergrande pada babak semifinal Piala Dunia Antarklub 2015, petang ini, di Stadion Internasional Yokohama, Jepang. Pelatih El Barca, Luis Enrique Martinez sudah mewanti-wanti anak asuhnya agar tak lengah.

"Kami akan bertemu tim dengan komponen pemain yang lengkap. Mereka adalah kombinasi dari pemain muda dan berpengalaman, dan beberapa di antara mereka sudah kita kenal saat berkarier di Eropa," sebut Enrique, di El Mundo Deportivo, Kamis (17/12/2015).

Bagi eks arsitek AS Roma dan Celta Vigo ini, setidaknya ada lima pemain Guangzhou Evergrande yang layak mendapat atensi lebih. Empat di antaranya adalah pemain asing asal Brasil, dan satu bek asal Korea Selatan.

Berikut ini lima pemain yang disebut-sebut menuai perhatian Luis Enrique :

1. Paulinho

Gelandang kreatif dan pekerja. Tipikal itu pula yang sudah diperlihatkan pemain berusia 27 tahun tersebut, dan kemampuannya sudah teruji saat membawa Guangzhou melaju ke babak semifinal. Satu gol di menit ke-93 memberi pesan kalau dirinya akan membawa armada Luis Felipe Scolari untuk tak takut berperang dengan Barcelona.

Ia juga tergolong satu di antara pemain berpengalaman yang dimiliki tim asal Tiongkok tersebut. Setidaknya, pemain berpostur 181 cm ini tak akan canggung ketika bersua para gelandang papan atas Eropa yang ada di kubu El Barca.

Berkostum Tottenham Hotspur pada dua musim terakhir, memberi garansi nilai lebih pada permainan Paulinho di lini tengah. Beberapa waktu lalu, Pelatih Guangzhou Evergrande, Luis Felipe Scolari menyatakan kinerja Paulinho menjadi nyawa pergerakan dan aliran bola di area tengah mereka.

2. Elkeson

Pemain ini terlambar berkembang, tapi bukan berarti tak berbahaya ketiak bersua Barcelona, petang ini. Satu yang disuka Luis Felipe Scolari dari pesepakbola berusia 26 tahun ini adalah kemampuannya dalam bermain di berbagai posisi.

Alumni Akademi Sepak Bola Vitoria ini bisa bermain di tiga posisi sekaligus, yakni gelandang menyerang, sayap dan penyerang murni. Semua fungsi tersebut didukung postur ideal, 180 cm, plus kelincahan saat bergerak dengan atau tanpa bola.

Pemilik nama lengkap Elkeson de Oliveira Cardoso bisa menjadi ancaman bagi Gerard Pique dkk jika mendapat kebebasan untuk bergerak di area 30 meter. Maklum, skill individu yang dimiliki pemain berusia 26 tahun ini tergolong lengkap, bisa menjadi pengumpan, finisher ataupun tukang eksekusi bola-bola mati.

3. Ricardo Goulart

Ia menjadi satu di antara gelandang atraktif dan kreatif yang dimiliki Guangzhou Evergrande. Kolaborasinya dengan Paulinho, Zheng Zhi dan Bowen Huang sudah terbukti mampu menjadi motor serangan klub asal Tiongkok tersebut.

Meski tak berpengalaman bermain di Eropa, ia termasuk di antara pemain muda asal Brasil yang sedang menonjol. Beberapa klub Eropa sudah meliriknya pada bursa musim dingin bulan depan. Posisi aslinya adalah gelandang serang, meski bisa juga bermain meleber ketika Guangzhou menggunakan formasi tiga penyerang.

Setelah melangkah ke semifinal dan bersua Barcelona, Goulart mengutarakan ambisinya untuk menekuk tim yang diisi pemain favoritnya, Neymar. Ia berharap rekan-rekannya tak terlalu menghormati Barcelona, sehingga bisa bermain lepas.

4. Robinho

Tak diragukan lagi, Robinho menjadi pemain yang paling berpengalaman di skuat Guangzhou Evergrande. Ia juga tak bakal kagok ketika bersua Barcelona, karena beberapa kali bertemu, terutama ketika masih berkostum Real Madrid.

Sayang, kiprahnya bisa saja tak terealisasi setelah kala bersua Club America di fase play-off, ia hanya bermain 45 menit. Kondisi tak fit ditambah cedera yang kambuh, bisa saja mengubur hasrat tinggi Robinho untuk bersua mantan rival-nya tersebut.

Namun, jika bisa merumput, Robinho bakal menghadirkan kesulitan tersendiri bagi lini pertahanan Barcelona. Pergerakan eksplosif masih bisa menjadi andalan, meski konsistensi menjadi tanda tanya.

5. Kim Young-gwon

Sosok ini bakal menjadi lawan berat bagi kreativitas lini depan Barcelona. Berstatus bek tengah, personel timnas Korea Selatan ini memiliki pengalaman segudang meski baru berusia 25 tahun.

Perjalanan kariernya bersama timnas Korsel menjadi pelajaran berharga. Berpostur 186 cm, Kim tak akan mudah dilewati Luis Suarez. Soal kecepatan yang menjadi senjata andalan Barcelona, Pelatih Guangzhou Evergrande, Luiz Felipe Scolari tak terlalu khawatir. Big Phil yakin, faktor Kim akan memberi ketenangan pada barisan pertahanan dan penjaga gawang Shuai Li.

Sumber : Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer