Sukses


Kota Piala Eropa 2016: Nice

Bola.com — Sesuai arti jika dalam bahasa Inggris, kota ini memiliki ragam lokasi eksotik. Berada di kawasan Laut Mediterrania, Nice terkenal dengan pesona garis pantai yang menawan. Kota ini memiliki julukan Nice la Belle yang berarti Nice yang Indah.

Bukan isapan jempol jika dua frasa kata berbahasa Inggris tersebut juga disatukan, menjadi 'Indah, Cantik dan Manis'. Kata majemuk itu pula yang membuat musisi bernama Menica Rondelly menciptakan lagu khusus untuk kota Nice, yang dibuat pada periode 1912.

Tak hanya keindahan berbasis laut, Nice juga terkenal sebagai daerah penelitian arkeologi. Satu di antara area yang paling terkenal adalah Terra Amata. Kawasan ini memiliki kandungan peninggalan sejarah peradaban masa lalu, yang diprediksi berasal dari periode 350 tahun sebelum masehi.

Wilayah Quai des Etats-Unis yang terletak di Nice, Prancis. (UEFA).

Kala itu, masyarakat zaman Yunani kuno menemukan lokasi yang menjadi cikal bakal kota Nice, yang dulu juga disebut Nikaia atau Nike, yang berarti 'Kemenangan Tuhan'.

Sejarah kepemilikan kota ini juga menjadi cerita tersendiri. Nice pernah menjadi bagian dari Provence, Savoy, Piedmont dan akhirnya berada di wilayah Prancis. Perubahan status kali terakhir pada 24 Januari 1859. Kala itu, momen bersejarah terjadi ketika Raja Sardinia dan Kerajaan Prancis sepakat untuk menempatkan Nice sebagai bagian dari wilayah kekuasaan Prancis.

Dalam dunia perjalanan wisata, kota Nice terdiri dari dua wilayah, yakni pusat kota dan kota tua alias Vieux Nice. Di kawasan kota tua, Nice menyediakan sajian khusus, yakni pasar malam, yang biasanya berlangsung selama tujuh hari dalam seminggu, khususnya pasar bunga.

Vieux Nice, salah satu tempat wisata di Nice, Prancis. (Wardeproperty.com)

Tak hanya itu, di kota tua juga ada pasar vintage, yang memberikan sensasi tersendiri bagi para pendatang. Hal itu tercermin dari apa yang mereka sajikan, seperti banyaknya brand berkualitas tinggi seperti tas tangan merk Louis Vuitton dan Hermes.

Sementara itu, di pusat kota, Nice menonjolkan gaya arsitektur modern yang tercermin dalam bentuk gedung, plus masyarakat yang selalu menyapa hangat setiap tamu. Nice memiliki pusat berkumpul warga, yakni berupa alun-alun yang disebut Place Massena. Di area ini, terdapat banyak ornamen yang membuat pengunjung akan terkesima, karena memiliki rasa seni tinggi.

Di sektor sepak bola, masyarakat Nice memiliki tim kebanggaan mereka, yang memiliki nama sama dengan nama kota. Gymnaste Club de Nice berdiri pada 9 Juli 1904. Setahun kemudian, klub ini dibagi menjadi dua, yang satu di antaranya berupa tim sepak bola.

Para pemain Nice saat berinteraksi dengan suporter di Allianz Riviera pada 24 September 2015. (Nice).

Pertandingan pertama Nice terjadi pada 29 November 1905, dengan menaklukkan Stade Nicois dengan skor telak, 6-0. Pada 22 Desember 1924, penggunaan resmi Olympique Gymnaste Club de Nice.

Nice menjadi bagian dari sepak bola profesional Prancis pada 1932. Setelah Perang Dunia II, mereka bergabung di Divisi 2 musim 1945-1946. Berstatus juara, Nice kembali ke kasta tertinggi. Tim meraih trofi juara liga pada 1950-1951, dengan unggul selisih gol kontra Lille. Pada 1952, mereka juga menjadi juara liga, ditambah satu trofi jawara Piala Prancis. Pada turnamen terakhir, mereka menaklukkan Bordeaux di partai final dengan skor 5-3.

Data kota

Nama: Nice
Provinsi: Provence-Alpes-Côte d'Azur
Populasi: 1.005.230 jiwa
Ketinggian: 18 meter di atas permukaan laut

Jarak ke venue Euro 2016 lain

Marseille: 215 km
Lyon: 480 km
Saint-Etienne: 500 km
Toulouse: 570 km
Bordeaux: 810 km
Paris: 945 km
Saint-Denis: 955 km
Lens: 1.150 km
Lille: 1.170 km

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer