Sukses


Kota Piala Eropa 2016: Lens

Bola.com — Kota ini mengalami pasang surut kejayaan. Mereka resmi menjadi bagian dari Prancis pada 7 November 1659 setelah sempat masuk ke zona kekuasaan Belanda-Spanyol. Jauh sebelumnya, tepatnya pada abad ke-13, nama Lens mendapat pangakuan dari kerajaan Prancis sebagai kota.

Lens menggeliat hebat ketika di area ini ditemukan kandungan batubara dalam jumlah besar, dengan tiga daerah utama, yakni Annay, Courrières dan Loos-en-Gohelle, pada 1849. Penemuan tersebut mengubah posisi Lens menjadi kota pusat industri.

Kota ini semakin bertabur uang saat Lens Mining Company atau Perusahaan Tambang Lens berdiri pada 1852. Sayang, kejayaan tersebut mendadak hilang ketika terjadi Perang Dunia I. Kota hancur, dan nyaris setengah penduduk kota meninggal dunia akibat perang yang berkecamuk.

Kota Lens, Prancis, yang akan menjadi salah satu host Piala Eropa 2016. (UEFA)

Kondisi semakin buruk setelah terjadi Perang Dunia II. Semua peninggalan terkait masa jaya Lens, juga kehancurannya, masih bisa disaksikan di Vimy, sebuah kota kecil yang dekat dengan Lens. Semua terkonsentrasi di Vimy Memorial dan Vimy Ridge.

Lens bangkit sejak masa perang selesai. Proses pembangunan membuat kota ini terlihat sangat teratur. Hal terunik, sejak 2012, di sana menjadi lokasi dari Louvre-Lens, sebuah museum seni terbesar di Prancis.

Louvre-Lens art museum, Lens, Prancis. (UEFA).

Terkait dunia sepak bola, kali pertama di area Lens ada permainan si kulit bundar datang pada 1905. Saat itu sudah mulai direncanakan ada sebuah klub, yang diprakarsai pemilik cafe Chez Douterlinghe. Proses seleksai terjadi pada awal 1906 dan seringkali bermain di Place Verte.

Pada Januari 1931, Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) mengadopsi sistem profesional. Periode 18 bulan berikutnya, RC Lens diterima di Divisi Dua. Pada 1936, Lens memiliki stadion baru yang diberi nama Felix Bollaert, yang juga Direktur Utama Lens Mining Company.

Data Kota

Nama: Lens
Provinsi: Nord-Pas-de-Calais-Picardie
Populasi: 552.694 jiwa
Ketinggian: 27 meter di atas permukaan laut

Jarak ke Venue Euro 2016 Lain

Lille: 40 km
Saint-Denis: 195 km
Paris: 200 km
Lyon: 675 km
Saint-Etienne: 735 km
Bordeaux: 790 km
Toulouse: 880 km
Marseille: 985 km
Nice: 1.150 km

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer