Sukses


5 Tim Kejutan Sejak era Premier League

Bola.com - Sejak berganti format pada tahun 1992, Premier League menjelma menjadi kompetisi sepak bola paling kompetitif di antara liga-liga top Eropa lainnya. Pasalnya, banyak tim-tim kejutan yang mampu mengacaukan peta persaingan tim-tim papan atas.

Pada musim ini, Leicester City merupakan salah satu tim yang tampil impresif. Meski sempat diragukan bisa mempertahankan posisinya, tercatat hingga pekan ke-25, The Foxes masih mampu bertahan di posisi puncak klasemen Premier League.

Terbaru, tim asuhan Claudio Ranieri itu sukses mempermalukan Manchester City di Etihad, Sabtu (6/2/2016) malam WIB, dengan skor akhir 3-1. Kemenangan itu membuat Jamie Vardy dan kawan-kawan dianggap sebagai kandidat serius juara Premier League.

Lantas, siapa sajakah tim-tim berstatus kuda hitam yang pernah berhasil menyita perhatian di Premier League? Bola.com mencoba merangkum lima tim yang sukses menyita perhatian sepanjang dimulainya era baru sepak bola di tanah Inggris.

Berikut ini adalah tim-tim kejutan Premier League:

1. Aston Villa (1992-1993)

Bryan Small menjadi salah satu pemain penting Aston Villa pada musim 1992-1993. (dok. Premier League)

Aston Villa menjadi tim pertama yang membuat kejutan pada awal era Premier League. Kala itu, dibawah asuhan Ron Atkinson, tim yang bermarkas di Villa Park tersebut berhasil menyita perhatian dengan terus bercokol di papan atas.

Saat itu, Aston Villa berhasil mengumpulkan total 74 poin selama satu musim. Hal itu menjadikan The Villans menjadi runner-up Premier League di bawah sang juara Manchester United.

2. Blackburn Rovers

Poster Blackburn Rovers saat menjuarai Premier League 1994-1995 terpajang di salah satu sudut Stadion Ewood Park. (AFP/Paul Ellis)

Tim yang bermarkas di Ewood Park Stadium itu, mendapat promosi ke Premier League pada musim 1992-1993. Tim yang kala itu ditangani oleh Kenny Dalgish, langsung menyita perhatian dengan finis di peringkat keempat klasemen Premier League musim itu.

Musim 1993-94, prestasi Blackburn meningkat setelah menempati posisi runner-up di bawah sang juara, Manchester United. Puncaknya, Dalgish sukses membawa timnya menjadi juara Premier League musim 1994-95, setelah penantian panjang selama 81 tahun.

3. Newcastle United

Alan Shearer menjadi striker tajam Newcastle United pada musim 1996-1997. (AFP/Paul Ellis)

Setelah naik ke kasta teratas sepak bola Inggris pada tahun 1993, Newcastel United lansung unjuk gigi di pentas Premier League. The Magpies membangun kekuatan dengan beberapa pemain inti seperti Alan Shearer, Les Ferdinand, Robert Lee, dan David Ginola.

Tim asuhan Kevin Keegan itu membuat kejutan dengan menempati posisi kedua di klasmen Premier League selama dua musim beruntun pada 1995-1996 dan 1996-1997.

4. Leeds United

Leeds United pernah tampil mengejutkan pada akhir 1900-an hingga awal 2000-an. (dok. Premier League)

Pada musim 1998-1999, secara mengejutkan tim yang kala itu ditangani oleh David O’Leary sukses menempati posisi keempat klasemen akhir Premier League. Padahal, The Whites bermaterikan pemain-pemain muda, macam Harry Kewell, Alan Smith, Lee Bowyer, dan Jonathan Woodgate.

Pada musim 1999-2000, Leeds memastikan lolos ke Liga Champions. Kewell dan kawan-kawan tampil sangat mengejutkan di kompetisi terelit Benua Biru tersebut. Tak tanggung-tanggung, Leeds mampu melaju ke semifinal sebelum akhirnya kalah agregat dari Valencia.

5. Everton

Everton pernah tampil pengejutkan pada musim 2004-2005. (AFP/Martyn Hayhow)

Semenjak David Moyes dipercaya menjadi pelatih Everton pada 2002, banyak hal menarik terjadi pada tim yang bermarkas di Goodison Park itu. Moyes mampu meramu Everton menjadi tim bagus, meski bermaterikan pemain tidak terlalu terkenal.

Prestasi terbaik Everton adalah ketika pelatih asal Skotlandia itu membawa The Toffees finis di peringkat keempat klasemen Premier League, pada musim 2004-05. Namun, langkah Everton terhenti pada play-off Liga Champions karena disingkirkan Villarreal.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer