Mengetahui ACL, Cedera Lutut yang Ditakuti Olahragawan

Oleh Okky Herman Dilaga pada 11 Feb 2016, 09:45 WIB
Diperbarui 11 Feb 2016, 09:45 WIB
Kurt Zouma
Bek Chelsea, Kurt Zouma (kanan), mengalami cedera saat timnya melawan Manchester United di Stamford Bridge, London, Minggu (7/2/2016) malam WIB. (AFP/Ian Kington)

Bola.com - Bek Chelsea asal Prancis, Kurt Zouma, mengalami kerusakan ligamen lutut atau biasa disebut anterior cruciate ligament (ACL). Cedera tersebut membuat Zouma kemungkinan besar absen minimal enam bulan dari lapangan hijau.

Zouma mengalami cedera saat Chelsea melawan Manchester United, di Stamford Bridge, London, Minggu (7/2/2016) malam WIB. Pemain 21 tahun tersebut terpaksa ditarik keluar pada menit ke-59 dan digantikan Gary Cahill.

Pada momen tersebut, pemain Prancis itu gagal mendarat dengan sempurna di tanah. Akibatnya, dia bahkan sampai ditandu keluar lapangan oleh tim medis The Blues.

Zouma menjadi pemain kesembilan yang mengalami cedera ACL pada kompetisi Premier League musim ini. Sebelumnya, Max Gradel, Callum Wilson, Tyrone Mings (semuanya AFC Bournemouth), Joe Gomez, Danny Ings (Liverpool), Tim Krul (Newcastle United), Jordan Amavi (Aston Villa), dan Carl Jenkinson (West Ham United) mengalami cedera serupa.

Balik ke waktu lebih lama, beberapa pemain dunia juga pernah merasakan cedera yang termasuk dalam kategori parah tersebut. Ronaldo, Radamel Falcao, hingga Alessandro Del Piero juga menjadi "korban" ACL.

Striker asal Kolombia, Radamel Falcao, pernah mengalami cedera ligamen lutut saat masih membela AS Monaco pada 2014. (AFP/Philippe Merle)

Apa itu ACL?

ACL adalah "musuh" terbesar olahragawan, tak terkecuali bagi pemain sepak bola. Pasalnya, proses pemulihan cedera ini memakan jangka waktu yang panjang. Lantas apakah ACL itu?

ACL adalah urat di dalam sendi yang berfungsi menjaga kestabilan sendi lutut. Cedera ACL biasa dialami dalam olahraga mobilitas tinggi, seperti sepak bola, tenis, bulu tangkis, bola basket, dan olahraga bela diri.

Pada umumnya, ACL rusak dalam keadaan ketika sedang berlari dan berhenti mendadak. Lalu, bisa juga karena gerakan berputar arah sehingga menyebabkan lutut terkilir ataupun melompat dan mendarat dengan posisi tidak sempurna.

Saat cedera biasanya akan terdengar suara seperti ada patah dalam sendi lutut. Orang yang mengalaminya akan merasa kehilangan tenaga hingga langsung terjatuh. Pada cedera ACL, korban tetap bisa berjalan, namun dengan kondisi pincang, sendi lutut sulit digerakkan karena nyeri dan sering dijumpai terjadi pembengkakan.

Gambaran cedera lutut anterior cruciate ligament. (dok. Medicinet.com)

Beberapa hari setelah cedera, korban akan sangat sulit melakukan aktivitas olahraga seperti biasa. Sebagian besar, cedera ACL memerlukan tindakan operasi arthroskopi agar korban dapat pulih seperti semula.

Tingkat kerusakan ACL tergantung pada posisi lutut, arah, dan besar kekuatan benturan saat lutut mengalami cedera. Kerusakan yang timbul akibat cedera ACL sering disertai kerusakan satu atau dua meniscus.

Proses penyembuhan

Menurut laman resmi Jakarta Knee Center, penanganan awal cedera ACL sangat berguna sebelum dilakukan operasi. Untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak yang mungkin terjadi, korban dianjurkan untuk melakukan beberapa tindakan, yakni:

1. Lutut diistirahatkan dengan tidak digunakan untuk berjalan dahulu sampai bengkak hilang.
2. Lakukan kompres dengan es atau air dingin untuk mengurangi pembengkan atau nyeri.
3. Lutut dibalut dengan perban elastis.
4. Berbaring dengan tungkai ditinggikan.

Kerusakan cedera ACL hanya dapat diperbaiki dengan menggantinya menggunakan tendon yang berasal dari bagian tubuh lain, seperti tendon patella dan hamstring. Biasanya, operasi arthroskopi digunakan untuk menyembuhkan cedera ACL.

Setelah operasi, korban dianjurkan untuk berjalan menggunakan tongkat. Alat bantu jalan biasanya digunakan korban selama dua hingga tiga bulan. Lalu, korban mulai disarankan untuk melatih kekuatan lutut dengan berjalan cepat dan naik turun tangga selama sebulan. Pada bulan keempat setelah operasi, korban bisa berlari ringan.

Dalam banyak kasus, olahraga seperti biasa sudah bisa dilakukan dalam enam bulan proses penyembuhan. Untuk atlet profesional, kemungkinan pulih dari cedera ACL bisa mencapai 90 persen dari sebelum mengalami cedera.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini: