Sukses


Top Skorer Eropa: Suarez dan Ronaldo Berebut Sepatu Emas

Bola.com, Madrid - Liga-liga domestik di kawasan Eropa bakal berakhir beberapa pekan lagi. Persaingan lokal semakin ketat, terutama di Premier League Inggris, La Liga Spanyol sampai Liga Portugal. Tak kalah ketat adalah siapa yang berhak mendapatkan Sepatu Emas 2016.

Gelar tersebut bakal didapat pemain yang memiliki poin tertinggi berdasar koleksi gol alias top skorer. Menurut situs resmi UEFA dan Eurotopfoot, Senin (2/5/2016), persaingan ketat terjadi di antara dua pencetak gol asal La Liga Spanyol, Luis Suarez dan Cristiano Ronaldo.

Saat ini, Luis Suarez sudah mengoleksi 70 poin. Angka tersebut berasal dari jumlah gol dikalikan koefisien untuk La Liga, yakni 2. Artinya, kumpulan 35 gol milik sang bomber Barcelona tersebut menghasilkan 70 poin.

Nilai koefisien ditentukan UEFA, dan berdasar pada level ketat atau kualitas persaingan pada masing-masing liga. Jadi, belum tentu top skorer di sebuah negara di kawasan Eropa yang memiliki jumlah gol lebih banyak dari Suarez, bisa meraih sepatu emas.

Pada posisi kedua, Ronaldo menguntit dengan raihan 62 poin, dari 31 gol. Pada posisi 3-4 terjadi kejutan, karena top skorer datang dari Primeira Portugal dan Serie A. Bomber Benfica, Jonas menjadi wakil Liga Portugal dengan koleksi 62, yang berasal dari 31 gol. Sedangkan Gonzalo Higuain menjadi representasi Italia dengan 60 poin dari 30 gol.

Pengunci 5 besar menjadi milik Robert Lewandowski dengan 54 poin. Bomber Bayern Munchen tersebut mengoleksi 27 gol. Striker andalan Paris St Germain, Zlatan Ibrahimovic berada di peringkat ke-7 dengan 51 poin.

Ibra harus rela berada di posisi tersebut meski mengoleksi 34 gol, alias lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo. Namun, karena koefisien Ligue 1 lebih rendah dibanding La Liga, yakni memiliki bilangan pengali 1,5, membuat Ibra berada di area bawah.

Hal tersebut berbeda dengan apa yang didapat Lionel Messi. Sang Messiah hanya menuai 25 gol, tapi karena koefisien pengali La Liga ada di angka 2, ia tepat berada di bawah Ibrahimovic dengan 50 angka.

Satu-satunya wakil Inggris di tataran 10 besar kandidat peraih Sepatu Emas Eropa 2016 adalah Harry Kane. Penyerang Tottenham Hotspur tersebut untuk sementara baru mengemas 48 poin dari hasil lesakan 24 gol.

Dalam deretan 20 besar, terdapat nama-nama tenar seperti Neymar yang ada di peringkat 12 dengan 46 poin (23 gol), Sergio Aguero (13), Karim Benzema (14), Jamie Vardy (15), Antoine Griezmann (16), Thomas Muller (17) dan Gareth Bale (19).

Sedangkan beberapa nama yang memiliki koleksi gol tinggi tapi berada di bawah karena koefisien rendah antara lain bomber Maccabi Tel Aviv, Eran Zahavi. Ia mengoleksi 31 gol, tapi berada di peringkat ke-11.

Lalu ada Nemanja Nikolic yang berada di peringkat 18. Striker Legia Warsawa tersebut mengoleksi 26 gol namun hanya 39 angka. Eks bomber Bayern Munchen yang kini berkostum Besiktas, Mario Gomez ada di posisi 29 dengan 33 poin meski mencetak 22 gol.

Sumber: UEFA, Eurotopfoot

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Untitled Document

Posisi
Pencetak Gol
Tim
Asal Liga
Gol
Poin
1.
Luis Suarez Barcelona La Liga Spanyol
35
70
2.
Cristiano Ronaldo Real Madrid La Liga Spanyol
31
62
3.
Jonas Benfica Liga Primeira Portugal
31
62
4
Gonzalo Higuain Napoli Serie A Italia
30
60
5
Robert Lewandowski Bayern Munchen Bundesliga Jerman
27
54
6
Slimani Sporting Lisbon Liga Primeira Portugal
26
52
7
Zlatan Ibrahimovic Paris St Germain Ligue 1 Prancis
34
51
8
Lionel Messi Barcelona La Liga Spanyol
25
50
9
Aubameyang Borussia Dortmund Bundesliga Jerman
25
50
10
Harry Kane Tottenham Hotspur Premier League Inggris
24
48

Video Populer

Foto Populer