Sukses


7 Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropa

Bola.com — Dalam dunia sepak bola, serangan pada menit-menit awal terkadang berperan besar terhadap hasil pertandingan. Maklum, tak jarang begitu wasit meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan beberapa pemain sudah mampu menceploskan bola ke dalam gawang lawan. 

Di ajang Piala Eropa, gol pada menit-menit awal pun bukan menjadi barang langka. Bahkan, dari gol tersebut beberapa tim mampu meraih kemenangan. Pada Piala Eropa 1996, misalnya, ketika gol Hristo Stoichkov menjadi penentu kemenangan 1-0 Bulgaria atas Romania. 

Gol tersebut tercipta saat pertandingan baru berjalan kurang dari tiga menit. Selain Stoichkov, beberapa pemain tim peserta Piala Eropa lainnya juga sempat merasakan "kenikmatan" mencetak gol pada menit-menit awal, meski hasil akhir laga terkadang tidak sesuai harapan mereka. 

Berikut ini adalah tujuh gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa: 

1. Dmitri Kirichenko - 1:07 menit - Rusia 2-1 Yunani, Piala Eropa 2004

Striker tim nasional Rusia, Dmitri Kirichenko (kiri), saat mencetak gol ke gawang Yunani pada gelaran Piala Eropa 2004. (BBC).

Kirichenko sebenarnya terancam duduk di bangku cadangan ketika menghadapi Rusia. Namun, pelatih Rusia, Georgi Yartsev, memutuskan untuk memainkan Kirichenko sejak menit awal. Keputusan itu pun berbuah manis dan Rusia mampu mengakhiri laga dengan kemenangan 2-1. 

Bahkan, Kirichenko sukses mencetak sejarah dengan menjadi pemain yang mampu mencetak gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa. Saat pertandingan baru berjalan 67 detik, mantan penyerang CSKA Moscow tersebut berhasil membuat para pendukung Rusia bersorak. 

2. Sergei Aleinikov - 2:07 menit - Inggris 1-3 Uni Soviet, Piala Eropa 1988

Kala itu, Uni Soviet membutuhkan kemenangan untuk lolos ke semifinal. Hal tersebut mau tidak mau membuat mereka harus langsung menyerang ketika menghadapi Glenn Hoddle dan kawan-kawan. Sergei Aleinikov pun mampu melaksanakan tugasnya sangat baik. 

Pemain Uni Soviet, Sergei Aleinikov, saat tampil dalam pertandingan melawan Inggris, di ajang Piala Eropa 1988. (UEFA).

Maklum, saat laga baru berjalan dua menit, ia membobol gawang lawan. Meski sempat menyamakan kedudukan lewat Tony Adams, 13 menit berselang, Inggris dipaksa bertekuk lutut setelah menyerah 1-3 karena Uni Soviet mampu menambah dua gol melalui Oleksiy Mykhaylychenko dan Viktor Pasulko.

3. Petr Jiracek - 2:14 menit - Republik Ceska 2-1 Yunani, Piala Eropa 2012

Gelandang Republik Ceska, Petr Jiracek, saat membobol gawang Yunani pada pertandingan Piala Eropa 2012. (UEFA).

Gol tercepat ketiga dalam sejarah Piala Eropa dicetak mantan gelandang Ceska, Petr Jiracek, di Municipal Stadium, Wroclaw. Pertandingan baru berjalan kurang dari tiga menit, Jiracek sukses mencatatkan namanya di papan skor usai membobol gawang timnas Yunani. 

Tiga menit berselang, strategi yang diterapkan pelatih Michal Bilek berjalan sukses. Maklum, kali ini giliran Vaclav Pilar yang menceploskan bola, menambah keunggulan Ceska. Meski mampu memperkecil dudukan melalui Theofanis Gekas, Yunani tak mampu menghindari kekalahan. 

4. Alan Shearer - 2:14 - Jerman 1-1 Inggris (Jerman menang adu penalti 6-5), Piala Eropa 1996

Rakyat Inggris dipenuhi harapan tinggi begitu menyaksikan Alan Shearer dan kawan-kawan melangkah hingga ke semifinal Piala Eropa 1996. Bermain sebagai tuan rumah, asa memutus dahaga gelar di ajang internasional sejak terakhir kali meraih trofi pada Piala Dunia 1966.

Striker legendaris Inggris, Alan Shearer, usai membobol gawang Jerman, pada semifinal Piala Eropa 1996. (UEFA).

Gol Shearer saat laga belum genap berjalan tiga menit pun membuat harapan itu kian di depan mata. Namun, petaka Inggris bermula saat Stefan Kuntz menyamakan kedudukan pada menit ke-16. Pada akhirnya, Inggris harus rela impiannya kembali pupus setelah kalah 5-6 pada babak adu penalti. 

5. Michael Owen - 2:25 menit - Portugal 2-2 Inggris (Portugal menang 6-5), Piala Eropa 2004

Lagi-lagi Inggris dinaungi nasib apes meski mampu mencetak gol cepat. Torehan Michael Owen pada menit ketiga tidak mampu membuat The Three Lions mengakhiri babak normal dengan kemenangan lantaran skor 2-2 yang tarpampang saat wasit meniup peluit akhir laga. 

Striker Inggris, Michael Owen, usai membobol gawang Portugal, pada perempat final Piala Eropa 2004. (UEFA).

Setelah tidak menambah gol pada babak tambahan, kedua tim harus menjalani adu penalti untuk menentukan tim yang lolos ke semifinal. Pada babak inilah, timnas Inggris kembali gagal melangkah ke babak berikutnya setelah menelan kekalahan lewat babak adu penalti. 

6. Hristo Stoichkov - 2:27 menit - Bulgaria 1-0 Romania, Piala Eropa 1996

Romania menjadi tim pertama yang angkat koper dalam pagelaran Piala Eropa 1996. Meski begitu, pertandingan mereka ketika melawan Bulgaria tercatat dalam salah satu sejarah. Hal tersebut tidak terlepas dari gol "kilat" yang dicetak Hristo Stoichkov pada menit kedua lebih 27 detik. 

triker legendaris, Hristo Stoichkov, pada pagelaran Piala Eropa 1996. (UEFA).

Bagi Stoichkov, torehan tersebut pun semakin spesial lantaran menjadi satu-satunya gol yang tercipta , meski pada akhirnya Bulgaria gagal lolos ke perempat final. Total, dalam turnamen yang digelar di Inggris itu, Stoichkov mampu mencetak tiga gol bagi negaranya 

7. Chus Pereda - 6 menit* - Spanyol 2-1 Uni Soviet, Piala Eropa 1964

Striker legendaris Spanyol, Chus Pereda (kiri), pada ajang Piala Eropa 1964. (UEFA).

Tidak banyak pemain Barcelona yang mampu membuat suporter di Santiago Bernabeu bergelora. Namun, Pereda membuat suporter Real Madrid yang menyaksikan pertandingan Spanyol melawan Uni Soviet tidak bisa berbuat banyak, kecuali memberikan applause besar. 

Maklum saja, tidak butuh waktu lama bagi Pereda untuk membobol gawang Rusia. Saat pertandingan baru berjalan enam menit, Pereda melepaskan tendangan dari jarak dekat gawang untuk membuat La Furia Roja unggul. Pada akhirnya, Spanyol pun menang 2-1 dalam laga tersebut. 

*detail tidak diketahui

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer