Sukses


Trofi DFB Pokal Jadi Kado Perpisahan Guardiola di Bayern

Bola.com, Berlin - Bayern Munchen meraih gelar DFB Pokal setelah menang adu penalti atas Borussia Dortmund di Olympiastadion Berlin, Sabtu (25/5/2016). Selama waktu normal 90 menit ditambah 2x15 menit perpanjangan waktu, kedua tim bermain tanpa gol.

Kedua tim memulai pertandingan dengan komposisi pemain terbaik. Dortmund juga memainkan Mats Hummels yang sudah memastikan pindah ke Bayern pada musim depan.

Akan tetapi, Bayern dan Dortmund gagal mencetak gol selama waktu normal 2x45 menit. Meskipun, kubu Dortmund melakukan dua pergantian pemain saat memasukkan Erik Durm dan Matthias Ginter, tetap tidak bisa mengubah skor.

Pada masa perpanjangan waktu, Dortmund kembali melakukan perubahan komposisi pemain. Shinji Kagawa dimainkan untuk menggantikan tempat Gonzalo Castro.

Sementara itu, Bayern hanya melakukan satu pergantian pemain saat memasukkan Kingsley Coman dan menarik keluar Franck Ribery. Laga tetap berakhir tanpa gol dan harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, kesempatan pertama sukses dijalani Kagawa. Begitu juga dengan Arturo Vidal di kubu Die Roten. Akan tetapi, penendang kedua Dortmund, Sven Bender, gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor karena bola bisa dihentikan Manuel Neuer.

Robert Lewandowski berhasil menyarangkan bola sebagai eksekutor kedua Bayern. Kesempatan ketiga yang didapat Dortmund juga tidak bisa diselesaikan Sokratis Papastathopoulos karena tembakannya masih melenceng.

Namun, penendangan ketiga Bayern, Joshua Kimmich, tidak berhasil menyarangkan bola. Skor sementara tetap 2-1.

Pierre-Emerick Aubameyang yang menjadi penendang keempat mampu mengelabui Neuer untuk membawa Dortmund menyamakan skor. Namun, Bayern kembali memimpin setelah tembakan Thomas Muller melesak mulus ke gawang Roman Burki.

Dortmund harus mencetak gol untuk membuat skor menjadi 3-3. Hal tersebut tak disia-siakan Marco Reus yang turun sebagai eksekutor kelima Dortmund.

Akan tetapi, peluang menjuarai DFB Pokal dimiliki Bayern yang masih menyisakan satu penendang, yakni Douglas Costa. Tanpa kesulitan, pemain asal Brasil itu sukses menyarangkan tembakan penalti yang membuat Bayern keluar sebagai pemenang dengan skor 4-3.

Itu menjadi trofi menjadi kado perpisahan Josep Guardiola yang akan menangani Manchester City mulai musim depan. Selama membesut Bayern, Guardiola menghadirkan tujuh gelar juara, termasuk dua titel DFB Pokal.

Penendang penalti:

Borussia Dortmund
Shinji Kagawa (gol)
Sven Bender (gagal)
Sokratis Papastathopoulos (gagal)
Pierre-Emerick Aubameyang (gol)
Marco Reus (gol)

Bayern Munchen
Arturo Vidal (gol)
Robert Lewandowski (gol)
Joshua Kimmich (gagal)
Thomas Muller (gol)
Douglas Costa (gol)

Susunan pemain

Bayern Munchen: 1-Manuel Neuer; 17-Jerome Boateng, 32-Joshua Kimmich, 27-David Alaba, 21-Philipp Lahm; 23-Arturo Vidal, 6-Thiago Alcantara, 25-Thomas Muller, 7-Franck Ribery (29-Kingsley Coman 108); 11-Douglas Costa, 9-Robert Lewandowski
Pelatih: Pep Guardiola

Borussia Dortmund: 38-Roman Burki; 6-Sven Bender, 15-Mats Hummels (28-Matthias Ginter 78), 25-Sokratis Papastathopoulos, 7-Gonzalo Castro (23-Shinji Kagawa 105); 33-Julian Weigl, 29-Marcel Schmelzer (37-Erik Durm 70), 26-Lukasz Piszczek, 7-Pierre-Emerick Aubameyang, 11-Marco Reus; 10-Henrikh Mkhitaryan
Pelatih: Thomas Tuchel

Wasit: Marco Fritz

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer