Sukses


Bintang Piala Eropa 2016: Andres Iniesta

Bola.com, Jakarta - Andres Iniesta merupakan roh permainan timnas Spanyol di lini tengah. Berkat kontribusinya, La Roja berhasil merengkuh trofi Piala Eropa 2008 dan 2012, plus Piala Dunia 2010.

Iniesta merupakan produk asli jebolan akademi sepak bola milik Barcelona, La Masia. Memperkuat Barcelona B dari 2001 hingga 2003, gelandang kelahiran 11 Mei 1984 tersebut mulai mendapatkan kepercayaan penuh membela tim senior pada musim 2004-2005.

Selama 14 musim berseragam Los Cules, Iniesta sukses mencetak 53 gol dan 128 assist dari 587 pertandingan di seluruh ajang kompetisi. Dia juga turut membawa Blaugrana merengkuh 28 gelar juara, termasuk delapan trofi La Liga, empat Copa del Rey, dan empat Liga Champions.

Prestasi apik Andres Iniesta bersama Barcelona terus belanjut saat memperkuat timnas Spanyol. Mulai membela skuat Matador pada 27 Mei 2006, gelandang bernama lengkap Andres Iniesta Lujan itu berhasil menyumbangkan 13 gol dari 107 penampilan.

Selebrasi Andres Iniesta kala mencetak gol ke gawang Real Madrid di Estadio Santiago Bernabeu, Minggu (22/11/2015) dini hari WIB. (Reuteres/Juan Medina)

Salah satu golnya yang paling berkesan adalah pada partai final Piala Dunia 2010. Berkat gol tunggalnya pada menit ke-116, La Roja berhasil membungkam Belanda dengan skor 1-0, sekaligus berhak atas trofi Piala Dunia yang perdana.

Sayang pada perhelatan Piala Dunia 2014, Iniesta gagal mengulangi prestasi gemilang di 2010. Spanyol tak mampu lolos ke 16 besar setelah hanya menempati posisi ketiga Grup B dengan mendulang tiga poin, hasil dari satu kemenangan, dan menelan dua kekalahan.

Dengan usia yang telah menginjak 32 tahun, Andres Iniesta bertekad menebus kegagalan dua tahun lalu dengan membawa Spanyol menjuarai Piala Eropa 2016. Dia pun siap berkolaborasi dengan Cesc Fabregas, Sergio Busquets, serta David Silva demi mewujudkan ambisi tersebut.

Spanyol akan menjalani ujian perdana di Piala Eropa ketika menghadapi Republik Ceska di Stadium Municipal, 13 Juni, dalam laga pembuka Grup D.

"Kami menantikan momen kembali menjuarai Piala Eropa. Saya pikir kami punya skuat kompetitif untuk melakukannya," ujar Iniesta dalam wawancara dengan FIFA pada 10 Februari 2016.

"Seperti segala sesuatu dalam hidup, tim nasional telah melalui banyak perubahan. Kami sedang mencari-cari bentuk permainan terbaik, dan mendapat banyak dukungan dari penggemar," lanjutnya.

Andres Iniesta berpeluang mencatat sejarah memenangi hat-trick gelar Piala Eropa bersama timnas Spanyol. Jika itu diwujudkan, pemain berjulukan Corazon Loco (Hati Liar) itu bisa menutup karier internasional dengan catatan indah, seindah kariernya di Barcelona yang bertabur gelar.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer