Sukses


Bintang Piala Eropa 2016: Ivan Rakitic

Bola.com, Jakarta - Setelah era emas Davor Suker dan kawan-kawan berakhir, skuat Kroasia untuk pagelaran Piala Eropa 2016 bisa dibilang merupakan generasi terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Kroasia saat ini diisi sejumlah pemain berbakat yang memperkuat klub-klub raksasa Eropa.

Salah satu pemain itu adalah Ivan Rakitic. Karier cemerlang Rakitic mulai terlihat setelah bergabung ke Barcelona dari Sevilla pada musim panas 2014. Kubu Blaugrana bahkan menyebut mantan gelandang Schalke 04 itu sebagai suksesor Xavi Hernandez.

Maklum, tiga musim di Sevilla, Rakitic mencatat rekor impresif dengan mencetak 41 assist dan 39 gol dari total 134 pertandingan. Sementara itu, bersama Lionel Messi dan kawan-kawan, dia telah menorehkan 16 assist dan 17 gol dalam 108 pertandingan di semua kompetisi.

Berbagai trofi serta penghargaan individual juga diraih pemain kelahiran Swiss tersebut. Selain trofi Liga Europa 2013-14 bersama Sevilla, dia telah mempersembahkan tujuh gelar untuk skuat Blaugrana, termasuk salah satu di antaranya Liga Champions pada musim 2014-15.

Ivan Rakitic (AFP/Lluis Gene)

Rakitic memulai debut di timnas senior Kroasia saat melawan Estonia pada babak kualifikasi Piala Eropa 2008, di Zagreb, 8 September 2007. Dia kemudian mencetak gol perdana saat Kroasia berpesta enam gol tanpa balas ke gawang Andorra, empat hari berselang.

Pada putaran final Piala Eropa 2008, Rakitic tercatat sebagai pemain termuda di dalam skuat timnas Kroasia. Meski masih berusia 20 tahun, penampilannya tetap memesona. Gelandang 28 tahun itu sempat memberikan assist untuk gol Ivica Olic saat menang 2-1 melawan Jerman.

Setelah perhelatan di Austria-Swiss itu, Rakitic selalu menjadi pilihan utama di lini tengah Kroasia pada Piala Eropa 2012 dan Piala Dunia 2014. Hingga saat ini, pemain yang mengawali karier profesionalnya bersama FC Basel itu telah melakoni 75 pertandingan dan menorehkan 13 assist serta 10 gol.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer