Sukses


Bintang Piala Eropa 2016: Gianluigi Buffon

Bola.com, Jakarta - Kemampuan Gianluigi Buffon dalam membendung serangan lawan tak pernah luntur, meskipun kini telah berusia 38 tahun. Bahkan, posisi Buffon sebagai kiper nomor satu Juventus dan timnas Italia masih belum tergoyahkan.

Italia memang kerap melahirkan kiper-kiper hebat di dunia. Setelah Dino Zoff, Walter Zenga, Gianluca Pagliuca, hingga Francesco Toldo, Gli Azzurri kini mengandalkan Buffon untuk menempati pos di bawah mistar gawang.

Buffon mulai memperkuat Italia sejak 1997. Laga debutnya adalah ketika Italia bermain imbang 1-1 kontra Rusia dalam leg pertama playoff kualifikasi Piala Dunia 1998. Saat itu usia Buffon baru 19 tahun sembilan bulan, dan membuatnya menjadi pemain termuda yang memperkuat Italia sejak Perang Dunia Kedua.

Sempat berada di bawah bayang-bayang Pagliuca dan Toldo, Gianluigi Buffon akhirnya mulai menjadi kiper andalan Italia saat berlaga di Piala Dunia 2002. Hingga saat ini, Buffon telah mencatatkan 157 caps bersama Gli Azzurri.

Dari 156 laga tersebut, penjaga gawang yang sukses membawa Juventus meraih tujuh gelar juara Serie A itu berhasil menorehkan 56 clean sheets. Puncak prestasi Buffon bersama Italia terjadi ketika menjuarai Piala Dunia 2006.

Gianluigi Buffon (AFP/Giuseppe Cacace)

Penampilan impresifnya juga terlihat pada laga kualifikasi Piala Eropa 2016. Berkat performanya di bawah mistar gawang, Italia berhasil lolos ke putaran final dengan status juara Grup H dan hanya kebobolan tujuh gol dari 10 pertandingan.

Kemampuan Gianluigi Buffon ketika mengawal gawang Italia diharapkan kembali berlanjut saat berlaga pada putaran final Piala Eropa 2016, terutama ketika menghadapi Belgia, Swedia, dan Republik Irlandia di Grup E.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer