Sukses


Bintang Piala Eropa 2016: Robbie Keane

Bola.com, Jakarta - Berbicara soal Republik Irlandia pasti akan menyinggung salah satu bomber berkualitas mereka, yakni Robbie Keane. Penyerang berusia 35 tahun tersebut dikenal dengan gaya bermain yang mengandalkan determinasi tinggi serta ketajaman mumpuni di depan gawang lawan.

Keane merupakan salah satu bagian generasi emas Irlandia muda. Di bawah asuhan Brian Kerr, dia berhasil membawa Irlandia menjadi kampiun kejuaraan U-16 dan U-18 UEFA pada 1998.

Berkat performa apiknya tersebut, Keane dipilih oleh Mick Mcarthy untuk menjadi bagian dalam skuat Irlandia di ajang Piala Dunia 2002. Turnamen empat tahunan yang digelar di Korea Selatan dan Jepang itu menjadi panggung besar untuk Keane setelah mencetak tiga gol dari empat pertandingan.

Keane pun semakin melegenda setelah berada di papan atas pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Irlandia dengan kemasan 67 gol. Dia mengalahkan catatan Niall Quinn yang sebelumnya menjadi penyerang tersubur Irlandia dengan 21 gol.

Tak hanya gol, Keane juga sukses menjadi pemain dengan jumlah caps terbanyak di Irlandia. Tercatat penyerang yang kini bermain untuk Los Angeles Galaxy itu telah mencatatkan total 143 caps dan melewati catatan Shay Given dengan 125 penampilan.

Pada laga Grup D Kualifikasi Piala Eropa 2016, Keane kembali menunjukkan taji. Meski usianya tak lagi muda, dia memiliki peran besar setelah tercatat sebagai pencetak gol terbanyak bagi Irlandia dengan koleksi lima gol.

Kemampuan pemain LA Galaxy itu pun diharapkan terus belanjut pada  putaran final Piala Eropa 2016. Republik Irlandia yang lolos melalui babak playoff tergabung di Grup E bersama Italia, Belgia, dan Swedia.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer