Sukses


Bintang Piala Eropa 2016: Zlatan Ibrahimovic

Bola.com, Jakarta - Zlatan Ibrahimovic merupakan salah satu penyerang berbahaya di dunia. Dengan kemampuannya membobol gawang lawan, Ibra tak hanya menjadi andalan di level klub, namun juga ketika memperkuat timnas Swedia.

Ibrahimovic memulai debut bersama timnas Swedia pada pertandingan persahabatan melawan Kepulauan Faroe, 31 Januari 2001. Pemain berusia 34 tahun tersebut tampil pada laga kompetitif internasional ketika Swedia menghadapi Azerbaijan pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2002.

Swedia mengalahkan Azerbaijan 3-0 dan Ibrahimovic mencetak satu dari tiga gol kemenangan tersebut. Setelah itu, Ibrahimovic selalu menjadi pilihan utama di lini depan skuat Blagult.

Zlatan Ibrahimovic (AFP/Jonathan Nackstrand)

Piala Dunia 2002 di Korea Selatan-Jepang menjadi turnamen internasional resmi pertama yang diikuti Ibrahimovic bersama Swedia. Sayang, laju Ibrahimovic dan kawan-kawan terhenti pada 16 besar setelah disingkirkan Senegal 1-2.

Pada 4 September 2004, Ibrahimovic mencatat rekor sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak dalam satu laga bersama timnas Swedia saat menghadapi Malta. Mantan pemain AC Milan tersebut menyumbang empat dari tujuh gol yang dicetak Swedia.

Di level klub, Ibrahimovic sudah melalang buana di Eropa. Dia pernah memperkuat Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, sebelum bergabung dengan Paris Saint-Germain. Berbagai gelar domestik dan penghargaan individual pun diraih pemain kelahiran 3 Oktober 1981 ini.

Namun, prestasi tersebut berbanding terbalik di level timnas karena Ibrahimovic belum mempersembahkan satu gelar pun. Hingga saat ini, Ibra sudah mencetak 62 gol dari 111 pertandingan, jumlah yang membuatnya tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Swedia.

Kemampuan Zlatan Ibrahimovic dalam membobol gawang lawan akan diuji ketika Swedia menghadapi Republik Irlandia di Stade de France dalam laga perdana Grup E, 13 Juni 2016.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer