Sukses


Kane Tak Seharusnya Jadi Eksekutor Sepak Pojok Timnas Inggris

Bola.com, London - Mantan penyerang tim nasional Inggris, Alan Shearer, mengecam keputusan Roy Hodgson yang memplot Harry Kane sebagai eksekutor tendangan pojok. Menurut Shearer, Kane seharusnya berada di kotak penalti untuk menyambut bola hasil tendangan sudut. 

Bersua Rusia pada pertandingan pertama Grup B di Stade Velodrome, Marseille, Minggu (12/6/2016) dini hari WIB, Kane menempati pos di lini depan. Penyerang Tottenham Hotspur itu tak hanya bertugas membobol gawang lawan, namun juga mengeksekusi sepak pojok. 

Dari enam peluang sepak pojok yang didapat skuat Tiga Singa, seluruhnya ditendang oleh Kane. Hasilnya, tak ada satupun yang membuahkan hasil. 

Shearer menyayangkan strategi yang diterapkan Hodgson terhadap Kane. Dengan kemampuan mencetak gol lewat sundulan, pemain 22 tahun tersebut seharusnya berada di dalam kotak penalti untuk mengonversikan umpan tendangan sudut menjadi gol. 

"Dia adalah penyerang nomor satu Inggris dan salah satu yang memiliki sundulan terbaik. Jadi, mengapa Roy Hodgson meminta dia mengambil tendangan sudut? Ini sama saja seperti meminta pebalap Formula 1 Lewis Hamilton untuk mengganti ban mobilnya sendiri," kata Shearer.

"Saya pikir dia tak harus mengambil tendangan sudut. Saat ini dia berada di kotak penalti dan melakukan penyelesaian akhir untuk mereka," ucap eks pemain Newcastle United itu.

Shearer menambahkan seharusnya peran tersebut diberikan kepada Wayne Rooney atau Adam Lallana. Sebab, tugas tersebut lebih baik diemban oleh seorang pemain yang berposisi sebagai gelandang.

"Mengapa tidak Wayne Rooney atau Adam Lallana yang mengambil tendangan sudut? Jujur saja, jika Anda seorang gelandang bermain untuk Inggris dan Anda tidak punya kemampuan untuk mengambil tendangan sudut, Anda tidak usah berada di lapangan," ucap pria yang membela Inggris rentang 1992 hingga 2000 tersebut.

Inggris harus puas bermain imbang 1-1 melawan Rusia dalam laga perdana Grup B Piala Eropa 2016. Hasil ini membuat The Three Lions menduduki posisi kedua dengan raihan satu poin, tertinggal dua angka dari Wales yang berada di puncak grup.

Pada laga selanjutnya, Wayne Rooney dan kawan-kawan akan menjajal kekuatan Wales di Stade Bollaert-Delelis, Lens, Kamis (16/6/2016). Jika kembali menelan kekalahan, bisa dipastikan peluang timnas Inggris untuk melaju ke babak selanjutnya menipis.

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer