Diwarnai Hujan Es, Ukraina Takluk dari Irlandia Utara

Oleh Okky Herman Dilaga pada 17 Jun 2016, 00:50 WIB
Ukraina vs Irlandia Utara

Bola.com, Lyon - Ukraina menelan kekalahan kedua pada Piala Eropa 2016. Menghadapi Irlandia Utara pada laga Grup C, Ukraina takluk 0-2 di Stade de Lyon, Lyon, Kamis (16/6/2016) waktu setempat.

Padahal, Ukraina membutuhkan poin penuh demi menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. Sebab, pada laga pertama melawan Jerman, Ukraina juga mengalami kekalahan 0-2.

Kali ini bertemu Irlandia Utara, pelatih Mikhail Fomenko tetap menurunkan skuat terbaik. Posisi ujung tombak diberikan kepada Yevhen Seleznyov.

Peluang pertama mampu hadir melalui tembakan jarak jauh Yaroslav Rakitskiy. Akan tetapi, peluang itu bisa dihentikan dengan baik oleh kiper Irlandia Utara, Michael McGovern.

Adapun kesempatan Irlandia Utara pada babak pertama diciptakan Craig Cathcart. Namun, sundulan Cathcart masih melenceng tipis dari sasaran.

Saat kedudukan masih imbang tanpa gol pada babak pertama, kedua tim tetap berusaha tampil menyerang setelah jeda.

Peluang pertama yang tercipta mampu mengubah skor pertandingan. Umpan tendangan bebas Oliver Norwood disambut sundulan Gareth McAuley yang mengoyak jala Andriy Pyatov. Irlandia Utara memimpin 1-0 pada menit ke-49.

McAuley menjadi pemain tertua kedua yang mampu mencetak gol pada putaran final Piala Eropa 2016. Saat ini, McAuley berusia 36 tahun lebih 194 hari. Rekor pemain tertua yang bisa mencetak gol masih dipegang Ivica Vastic (Austria) dengan usia 38 tahun lebih 257 hari pada putaran final Piala Eropa 2008.

Pertandingan sempat ditunda karena terjadi hujan es di Lyon. Namun, wasit Pavel Kravolec dari Republik Ceska hanya menunda laga selama beberapa menit.

Upaya Ukraina untuk membalas gol tersebut gagal terwujud, meski sudah memasukkan dua pemain bertipe menyerang, Roman Zozulya dan Oleksandr Zinchenko.

Justru Irlandia Utara yang berhasil mencetak gol kedua jelang pertandingan berakhir. Bola muntah hasil tembakan Stuart Dallas disambar tembakan keras Niall McGinn yang tak mampu dibendung Pyatov. Hingga laga berakhir, skor 2-0 tetap bertahan untuk kemenangan Irlandia Utara.

Hasil ini membuka peluang Irlandia Utara untuk lolos ke babak selanjutnya. Irlandia Utara kini mengumpulkan tiga poin dari dua laga, sementara Ukraina terpuruk di posisi buncit karena mengalami dua kekalahan beruntun.

Susunan pemain

Ukraina: 12-Andriy Pyatov; 17-Artem Fedetskiy, 3-Yevhen Khacheridi, 20-Yaroslav Rakitskiy, 13-Vyacheslav Shevchuk; 6-Taras Stepanenko, 16-Sergey Sydorchuk (19-Denis Garmash 76); 7-Andriy Yarmolenko, 9-Viktor Kovalenko (21-Oleksandr Zinchenko 83), 10-Yevhen Konoplyanka; 11-Yevhen Seleznyov (8-Roman Zozulya 72)
Pelatih: Mikhail Fomenko

Irlandia Utara: 1-Michael McGovern; 18-Aaron Hughes, 20-Craig Cathcart, 4-Gareth McAuley, 5-Jonny Evans; 19-Jamie Ward (7-Niall McGinn 69), 13-Corrie Evans (17-Paddy McNair 90+3), Steven Davis, 16-Oliver Norwood, 14-Stuart Dallas; 11-Conor Washington (21-Josh McLaughlin 84)
Pelatih: Michael O'Neill

Wasit: Pavel Kravolec (Republik Ceska)

Sumber: UEFA