Sukses


Bekuk Peru Lewat Drama Adu Penalti, Kolombia Tembus Semifinal

Bola.com, Jakarta - Timnas Kolombia melangkah ke babak semifinal Copa America 2016. Kolombia menang adu penalti dengan skor 4-2 melawan Peru pada partai perempatfinal yang berlangsung di MetLife Stadium, East Rutherford, Sabtu (18/6/2016).

 

Keempat algojo penalti Kolombia mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Adapun, Miguel Trauco dan Christian Cueva menjadi penandang gagal dati kubu Peru.

Pada pertandingan ini, formasi 4-2-3-1 menjadi andalan kedua tim. Peru mengandalkan Paolo Guerrero sebagai penyerang tunggal. Adapun, Kolombia memasang Carlos Bacca sebagai bomber solo.

Pertandingan berjalan terbuka dan dengan tempo tinggi. Kolombia sedikit lebih dominan dengan statistik penguasaan bola mencapai 54 persen dan sembilan percobaan tembakan ke arah gawang. Demikian dilansir ESPN.

Kolombia mendapatkan peluang pertama saat laga berusia tiga menit. Tembakan kaki kanan Carlos Bacca dari sudut sempit di sisi kiri masih melebar di sisi kanan gawang Peru.

Pada menit ke-14, giliran Daniel Torres yang mengancam gawang Peru. Tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih mampu ditepis oleh penjaga gawang Pedro Gallese.

Juan Cuadrardo nyaris membawa Kolombia unggu pada menit ke-39. Tembakan kaki kanan mantan penggawa Chelsea itu dari luar kotak penalti kembali mampu digagalkan Gallese. Skor imbang tanpa gol menutup jalannya pertandingan pada babak pertama.

Peru tampil lebih baik pada babak kedua. Mereka tak lagi hanya bermain bertahan dan sesekali melakukan serangan balik seperti pada babak pertama. Mereka kini berani melakukan serangan dengan mengandalkan sisi sayap.

Peluang Peru dapatkan pada menit ke-70. Oscar Vilchez mengelabui dua pemain bertahan Kolombia dan melepaskan tembakan kaki kanan keras dari jarak dekat. Namun, bola mampu ditepis kiper David Ospina.

Peru kembali mendapatkan peluang bagus pada masa injury time. Menerima umpan silang Christian Cueva, tandukan Christian Ramos mampu ditepis dengan satu tangan oleh Ospina. Laga memasuki babak tambahan karena tak ada gol yang tercipta.

Hingga dua kali babak tambahan, skor imbang tanpa gol tetap tak berubah. Laga kemudian memasuki babak adu penalti. James Rodriguez yang menjadi algojo pertama Kolombia mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Pun demikian dengan Raul Ruidiaz, yang menjadi eksekutor pertama Peru.

Namun, tembakan kaki kiri pemain Peru, Miguel Trauco, ke arah tengah gawang mampu ditepis oleh Ospina. Adapun, arah penalti Christian Cueva masih tinggi di atas mistar gawang. Kolombia menang adu penalti dengan skor 4-2.

Susunan Pemain

Peru (4-2-3-1): 1-Pedro Gallese; 2-Alberto Rodriguez, 3-Aldo Corzo, 15-Christian Ramos, 6-Miguel Trauco; 16-Oscar Vilchez, 10-Christian Cueva, 13-Renato Tapia, 8-Andy Polo (18-Cristian Benavente 81'), 20-Edison Flores (11-Raul Ruidiaz 77'); 9-Paolo Guerrero
Pelatih: Ricardo Gareca

Kolombia (4-2-3-1): 1-David Ospina; 2-Cristian Zapata, 19-Farid Diaz (18-Frank Fabra 90'+1), 4-Santiago Arias, 22-Jeison Murillo; 6-Carlos Sanchez, 11-Juan Cuadrado, 10-James Rodriguez, 8-Edwin Cardona (17-Dayro Moreno 76'), 16-Daniel Torres (13-Sebastian Perez 80'); 7-Carlos Bacca
Pelatih: Jose Pekerman

Wasit: Patricio Loustau (Argentina)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer