Sukses


Sejarah Negatif Lionel Messi Bersama Argentina pada Laga Final

Bola.com, East Rutherford - Lionel Messi kembali gagal mempersembahkan gelar juara bagi Argentina. Pada laga final Copa Amerika Centenario 2016, di MetLife Stadium, East Rutherford, New Jersey, Minggu (26/6/2016) atau Minggu (27/6/2016) pagi WIB, Tim Tango kalah melalui adu penalti dengan skor 4-2.

Ironisnya, Messi gagal memberikan semangat pada rekan-rekannya. Ikon Barcelona tersebut justru menjadi penendang pertama Argentina yang gagal menaklukkan kiper Cile, Claudio Bravo. Sepakan Messi melayang jauh di atas gawang lawan, sesuatu yang baru kali pertama ia lakukan di level internasional.

Setelah itu, Cile seperti di atas angin. Akhirnya, beban berat itu membuat Lucas Biglia gagal menjalankan tugas. Kiper Cile, Claudio Bravo mementahkan sepakan pemain asal klub Lazio tersebut.

Sementara di kubu Cile, hanya Arturo Vidal saja yang gagal. Empat lainnya, yakni Nicolas Castillo, Charles Aranguiz, Jean Beausejour dan Gato Silva, membuat kiper Argentina, Sergio Romero, tak berdaya menahan laju bola.

Bagi Messi, kegagalan tersebut membuat catatan negatif bersama timnas Argentina, semakin bertambah. Ia pun gagal dalam tiga kesempatan final secara beruntun. Sebelum laga final Copa Amerika Centenario 2016, ia sudah gagal di ajang yang sama tahun lalu.

Pada Copa Amerika edisi tahun lalu, lagi-lagi Cile menjadi penghambat di final. Pada partai pamungkas di Estadio Nacional, Santiago (4/7/2015), Argentina kalah melalui adu penalti dengan skor 4-1. Pada waktu normal, laga berakhir imbang tanpa gol.

Saat itu, Messi menjadi satu-satunya penendang Tim Tango yang berhasil. Dua yang gagal adalah Gonzalo Higuain dan Ever Banega. Sedangkan kubu Cile selalu sukses, yakni Matias Fernandez, Arturo Vidal, Charles Aranguiz dan Alexis Sanchez.

Dua tahun lalu, kali ini pada ajang final Piala Dunia 2014, Messi juga gagal bersama Argentina. Mereka tak bisa menaklukkan Jerman, dan justru kalah. Pemain asal Bayern Munchen, Mario Gotze menjadi penghadir lara bagi Messi, melalui golnya pada menit ke-113.

Daftar kegagalan Messi di partai final juga terjadi pada Copa Amerika 2007. Saat laga pamungkas kontra Brasil di Estadio Jose Pachencho Romero, Maracaibo (15/7/2007), Brasil menjadi pengubur mimpi Sang Messiah.

Saat itu, Tim Samba mencukur Argentina dengan skor 3-0. Tiga gol lahir dari aksi Julio Baptista pada menit ke-4, gol bunuh diri Roberto Ayala (40') dan Dani Alves (69').

Satu kegagalan lain yang tak mungkin terlupakan bagi Messi adalah saat tersingkir di rumah sendiri pada Copa Amerika 2011. Messi dkk hanya sanggup bertahan sampai babak perempat final.

Uruguay menjadi 'pencabut nyawa' setelah menang adu penalti 5-4. Pada waktu normal, kedua tim berbagi gol 1-1. Saat adu tos-tosan di Estadio Brigjen Estanislao Lopes, Sant Fe tersebut, Carlos Tevez menjadi satu-satunya penendang yang gagal.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer