Sukses


5 Kandidat Pengganti Roy Hodgson di Timnas Inggris

Bola.com, Jakarta - Pelatih Roy Hodgson mengundurkan diri dari kursi pelatih setelah timnas Inggris tersingkir dari babak 16 besar Piala Eropa 2016. Berikut lima kandidat penggganti Hodgson untuk mengisi kursi panas The Three Lions.

Timnas Inggris menyerah dengan skor 1-2 melawan Islandia pada laga yang berlangsung di Stadion Allianz Riviera, Nice, Selasa (28/6/2016). Padahal, Inggris kala itu unggul lebih dulu melalui gol Wayne Rooney pada menit keempat.

Klik di sini untuk mengikuti laporan langsung Bola.com dari Prancis

Namun, Islandia berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan melalui gol Ragnar Sigurdsson dua menit berselang. Islandia berbalik unggul 2-1 pada menit ke-18 lewat sumbangan gol Kolbeinn Sigthorsson.

Ini menjadi kegagalan ketiga Hodgson menangani Inggris pada ajang internasional. Sebelumnya, Hodgson hanya mampu membawa tim Tiga Singa ke perempat final Piala Eropa 2012 dan gagal meloloskan Inggris dari fase grup Piala Dunia 2014.

Roy Hodgson menjabat sebagai pelatih timnas Inggris pada 1 Mei 2012 menggantikan Fabio Capello. Pria berusia 68 tahun itu memimpin Tiga Singa melakoni 56 laga dengan hasil 33 menang, 15 kali imbang, dan delapan kali kalah. Persentase kemenangannya mencapai 58,93 persen.

1. Gareth Southgate

Lima calon pengganti Roy Hodgson di kursi pelatih Inggris. (AFP)

Southgate merupakan salah satu staf pelatih Hodgson di timnas senior Inggris. Selain itu, dia adalah pelatih Inggris U-21. Banyak insan sepak bola dan legenda Inggris yang menjagokannya sebagai pelatih baru The Three Lions, termasuk pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Sebelum menjadi pelatih timnas Inggris U-21, Southgate membesut klub Middlesbrough dari tahun 2006-2009, atau saat tim tersebut masih bermain di Premier League. Kala itu, Middlesbrough nyaris terdegradasi pada musim 2007-2008. Namun, akhirnya Southgate bisa membuktikan bahwa dia mampu mengangkat tim tersebut dari zona degradasi.

Prestasi Southgate di Middlesborough antara lain membawa tim tersebut memperoleh kemenangan terbesar sepanjang sejarah, yakni atas Manchester City dengan skor 8-1 pada Mei 2008 dan mendapatkan penghargaan Manager of the Month pada bulan Agustus 2008.

Sementara ketika melatih timnas Inggris U21, kinerja Southgate cukup memuaskan. Pada kualifikasi sepakbola Piala Eropa U-20 2017, Southgate berhasil membawa timnas U-20 Inggris menempati peringkat pertama dengan 3 kali menang dan dua kali seri, bahkan hanya kemasukan dua gol.

2. Alan Pardew

Lima calon pengganti Roy Hodgson di kursi pelatih Inggris. (AFP)

Pelatih berusia 54 tahun yang saat ini melatih Crystal Palace ini juga menjadi calon pengganti Hodgson untuk kejuaraan selanjutnya. Sepak terjang nya sebagai pemain dan pelatih tidak perlu diragukan lagi.

Sebagai pemain dan pelatih, dia sudah membawa bermain di Final FA Cup sebanyak 3 kali, yakni saat dia bermain untuk Crystal Palace pada tahun 1990, sebagai pelatih West Ham United pada tahun 2006, serta sebagai pelatih Crystal Palace pada tahun 2016.

Dia juga membawa Reading dan West Ham promosi ke Liga Primer, masing-masing pada tahun 2001 dan 2003. Musim ini, Pardew mampu membaa Crystal Palace berada di posisi kesepuluh klasemen akhir. Ini menjadi prestasi terbaik sepanjang sejarah Crystal Palace di Premier League.

3. Eddie Howe

Lima calon pengganti Roy Hodgson di kursi pelatih Inggris. (AFP)

Selain Southgate, Howe menjadi salah satu kandidat pelatih baru Inggris yang masih berusia muda. Dia saat ini berusia 38 tahun. Meski masih muda, prestasi Howe bersama AFC Bournemouth cukup menjanjikan.

Howe menjabat sebagai pelatih Bournemouth pada bulan Oktober 2011. Pada musim pertamanya, Howe mengantar Bournemouth promosi ke Championship Division. Pada 27 April 2015, dia membawa Bournemouth lolos ke Premier League.

Atas pencapaian tersebut, Howe mendapatkan penghargaan League Manager Association pada tahun 2015. Dia menjadi pelatih pertama dari luar Premier League yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut setelah 9 tahun.

4. Steve McClaren

Lima calon pengganti Roy Hodgson di kursi pelatih Inggris

McClaren bukan sosok asing dalam dunia persepakbolaan Inggris. Beragam prestasi sempat ditorehkan oleh pria asal York ini. Di antaranya, membawa Middlesbrough menjuarai Piala Liga Inggris 2003-2004 dan membawa FC Twente mengoleksi gelar Eredivisie untuk kali pertama pada musim 2009-2010.

Dia kemudian menjadi pelatih timnas Inggris pada tahun 2006 dan melatih timnas Inggris selama berlangsungnya kualifikasi Piala Eropa 2008. Namun, McClaren gagal membawa Inggris lolos ke putaran final. Itu menjadi kali pertama dalam 24 tahun The Three Lions gagal lolos ke putaran final Piala Eropa.

5. Sam Allardyce

Lima calon pengganti Roy Hodgson di kursi pelatih timnas Inggris. (AFP)

Sam Allardyce sebelumnya adalah calon kuat pengganti Sven-Goran Eriksson yang hengkang setelah Piala Dunia 2006. Namun, FA akhirnya menjatuhkan pilihannya kepada Steve McClaren. Musim ini, Allardyce berhasil membawa Sunderland bertahan di Premier League.

Sumber: Daily Mirror

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer