Sukses


Termasuk Hodgson, Ini 6 Pelatih Terbaik Timnas Inggris

Bola.com, Paris - Tersingkirnya Inggris dari Piala Eropa 2016 usai takluk dari Islandia 1-2, Selasa (28/6/2016), mengejutkan banyak pihak. Merasa bertanggung jawab, Roy Hodgson memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih The Three Lions. Namun, sebenarnya Hodgson merupakan salah satu dari enam pelatih yang memiliki persentase kemenangan paling banyak bersama Tiga Singa.

Catatan Hodgson selama menangani Inggris bagaikan Roller Coaster. Pada awal masa jabatannya, ia sempat membawa Inggris menempati peringkat ketiga dalam daftar ranking FIFA. Pencapaian ini merupakan prestasi terbaik Inggris sejak FIFA mengenalkan ranking timnas pada tahun 1992. Namun Hodgson juga pernah membawa Inggris menempati peringkat terburuknya sejak tahun 1996, yaitu peringkat ke-20 usai kegagalan di Piala Dunia 2014.

Klik di sini untuk mengikuti laporan langsung Bola.com dari Prancis

"Saya meminta maaf harus berakhir seperti ini. Saya harap anda masih bisa menyaksikan penampilan Inggris yang lebih baik pada turnamen selanjutnya. Sekarang saatnya bagi pelatih baru untuk menangani Inggris dengan skuat yang penuh talenta ini. Mereka telah tampil fantastis dan melakukan semua arahan yang saya berikan," jelas Hodgson saat mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi pelatih timnas Inggris.

Roy Hodgson sebenarnya membawa Inggris tampil meyakinkan pada babak kualifikasi. The Three Lions menjalani 10 laga kualifikasi dengan hasil sempurna. Namun, semuanya berubah saat Piala Eropa 2016 memasuki putaran final. The Three Lions hanya mampu lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup B.

Roy Hodgson menjabat sebagai pelatih timnas inggris pada 1 Mei 2012 menggantikan Fabio Capello. Pria berusia 68 tahun itu memimpin Tiga Singa melakoni 56 laga dengan hasil 33 menang, 15 kali imbang, dan delapan kali kalah. Persentase kemenangannya mencapai 58,93 persen.

Hodgson menempati posisi keenam pelatih Inggris dengan persentase kemenangan terbaik. Berikut, lima pelatih timnas Inggris yang memiliki statistik kemenangan lebih baik dibandingkan dengan Hodgson.

1. Fabio Capello (2008-2012)

Lima pelatih timnas Inggris dengan persentasen kemenangan terbaik. (AFP)

Asosiasi sepak bola Inggris (FA) menunjuk Fabio Capello untuk menangani Inggris pada Desember 2007 dan memulai pekerjaannya sebgai pelatih Inggris pada Januari 2008. Perselisihan dengan FA terkait kasus John Terry mendorong Capello untuk mengundurkan diri pada Februari 2012 dan digantikan oleh Hodgson.

Selama menangani The Three Lions, pelatih asal Italia ini mengukir 28 kemenangan dari 42 pertandingan atau dengan rasio kemenangan 66.7%. Pencapaian ini menjadikan Capello sebagai pelatih Inggris dengan rasio kemenangan terbaik.

2. Sir Alf Ramsey (1963-1974)

Lima pelatih timnas Inggris dengan persentase kemenangan terbaik. (AFP)

Sir Alf Ramsey masih tercatat sebagai satu-satunya pelatih yang pernah membawa Inggris menjuarai Piala Dunia. Ramsey menangani The Three Lions selama sebelas tahun dan menjalani 113 pertandingan dengan catatan kemenangan sebanyak 69 kali, 27 kali imbang, dan 17 kali kalah. Berdasarkan catatan tersebut, Ramsey mempunyai rasio kemenangan sebesar 61.1%.

3. Glenn Hoddle (1996-1999)

Lima pelatih timnas Inggris dengan persentase kemenangan terbaik. (AFP)

Glenn Hoddle rela meninggalkan Chelsea demi menerima pekerjaan sebagai pelatih timnas Inggris pada Mei 1996. Namun, Hoddle diberhentikan dari jabatannya pada Februari 1999 karena pernyataan kontroversialnya yang dinilai menyerang penyandang disabilitas.

Selama menjadi pelatih Inggris, Hoddle mencatatkan 17 kemenangan, 17 kali imbang, dan enam kali kalah dari 28 pertandingan dengan rasio kemenangan sebesar 60.7%. Prestasi terbaik Hoddle adalah mengantar Inggris menjauara Tournoi de France pada tahun 1997.

4. Ron Greenwood (1977-1982)

Lima pelatih timnas Inggris dengan persentase kemenangan terbaik. (AFP)

Ron Greenwood terkenal sebagai pelatih Inggris pertama yang memanggil pemain berkulit hitam ke dalam timnas, yaitu Viv Anderson pada tahun 1978. Selama lima tahun menangani Inggris, Greenwood mengoleksi rasio kemenangan sebesar 60% berkat torehan 33 kemenangan, 12 kali imbang, dan 10 kali kalah dari 55 pertandingan.

5. Sven-Goran Eriksson (2001-2006)

Lima pelatih timnas Inggris dengan persentase kemenangan terbaik. (AFP)

Sven-Goran Eriksson menjadi pelatih asing pertama yang pernah menangani timnas Inggris. Pelatih asal Swedia ini meneruskan tongkat estafet dari Kevin Keegan. Lima tahun menangani The Three Lions, Eriksson mencatatkan 40 kemenangan, 17 kali imbang, dan 10 kali kalah dari 67 pertandingan atau rasio kemenangan sebesar 59.7%.

Prestasi terbaik Eriksson adalah mengantarkan Inggris ke babak perempat final Piala Dunia 2002, 2006 dan Piala Eropa 2004.

Sumber: Berbagai Sumber

 

 

Video Populer

Foto Populer