Sukses


Rekam Jejak Manajerial Roy Hodgson

Bola.com - Roy Hodgson resmi mengumumkan pengunduran diri sebagai pelatih Inggris usai timnya takluk 1-2 dari Islandia pada babak 16 besar Piala Eropa. Performa yang kurang memuaskan pada Piala Eropa 2016 menjadi alasan utama Hodgson meletakkan jabatannya.

Hodgson sudah tertarik dengan dunia manajerial ketika masih aktif sebagai pesepak bola. Pada usia 23 tahun, dia sudah menyelesaikan sertifikasi sebagai pelatih. Keputusan Hodgson untuk bergabung dengan Maidstone United mempertemukannya dengan Bob Houghton yang merupakan pelatih klub tersebut.

Houghton yang melihat bakat Hodgson sebagai pengatur strategi, kerap meminta analisis Hodgson untuk menilai strategi lawan. Houghton pula yang merekomendasikan Hodgson kepada Halmstads, klub pertama yang ditangani Hodgson.

Berikut ini adalah rekam jejak perjalanan panjang Hodgson sebagai pelatih sepak bola:

1. Halmstads BK (1976-1980)
Roy Hodgson memulai karier manajerialnya ketika masih berumur 28 tahun dengan menangani klub asal Swedia, Halmstads BK. berada di bawah asuhan Hodgson, Halmstads sukses meraih dua gelar juara Liga Swedia pada tahun 1976 dan 1979.

2. Malmo FF (1985-1989)
Karier Hodgson mencuat ketika ia menangani Malmmo FF pada tahun 1985. Hodgson sukses mempersembahkan lima gelar liga secara beruntun dari tahun 1985 hingga 1989. Atas pencapaian yang luar biasa tersebut, para suporter Malmo menyebut salah satu sisi di Stadion Swedbank dengan 'Roy's Horna' (Roy's Corner).

3. Tim nasional Swiss (1992-1995)
Hodgson dipercaya menangani timnas Swiss pada 26 Januari 1992 untuk menggantikan Uli Stielike. Di bawah kendali Hodgson, timnas Swiss berhasil lolos ke Piala Dunia 1994. Kesempatan ini menandai kembalinya Swiss ke Piala Dunia sejak partisipasi terakhir mereka pada tahun 1966.

Swiss hanya sanggup mencapai babak 16 besar setelah ditaklukkan oleh Spanyol dengan skor 0-3. Setelah membawa Swiss lolos ke Piala Eropa 1996, Hodgson memutuskan untuk menerima pinangan Inter Milan pada November 2015. Selama ditangani oleh Hodgson, timnas Swiss dinilai sebagai tim terbaik ketiga di dunia berdasarkan penilaian FIFA.

4. Inter Milan (1995-1997)
Hodgson melanjutkan kariernya di Italia bersama Inter Milan. Ketika ia datang, Inter berada dalam kondisi yang kurang bagus dan performa yang terus menurun. Hodgson mampu membayar kepercayaan manajemen klub dan memperbaiki penampilan Nerazzurri. Ia bahkan membawa Inter tampil di babak final Piala UEFA sebelum akhirnya takluk dari Schalke.

Mantan Presiden Inter Milan, Massimo Moratti, menyebut Hodgson sebagai sosok yang penting dalam bagian sejarah klub. Pelatih asal Inggris tersebut telah berhasil membawa Inter melewati masa kelam dan mengembalikan status klub sebagai salah satu klub elit di Italia.

5. Blackburn Rovers (1997-1998)
Hengkang dari Inter, Hodgson menerima pinangan Blackburn Rovers pada awal musim 1997/98. Pada musim perdananya di Ewood Park, Hodgson membawa Blackburn finis di posisi keenam dan berhak atas tiket Piala UEFA.

Musim keduanya di Blackburn tidak berjalan baik. Kelelahan yang dialami oleh tim membuat Blackburn terjerembab ke dasar klasemen. Hodgson pun dipecat pada November 1998 oleh manajemen klub.

6. Fulham (2007-2010)
Usai kegagalan bersama Blackburn, Hodgson terus melanjutkan kariernya di luar Inggris. Ia bahkan pernah menangani timnas Uni Emirat Arab (2002-2004) dan timnas Finlandia (2006-2007).

Namun, pada Desember 2007, Hodgson mendapat peluang untuk memperbaiki citranya di Inggris setelah mendapat tawaran dari Fulham. Ia sukses menghindarkan Fulham dari degradasi pada musim tersebut. Pencapaian tertinggi Hodgson bersama Fulham adalah tampil di babak final Europa League pada 2010. Namun ia gagal melengkapinya dengan gelar juara karena takluk dari wakil Spanyol, Atletico Madrid

7. Liverpool (2010-2011)
Pencapaiannnya Hodgson di Fulham membuat Liverpool tertarik untuk menjadikannya sebagai suksesor Rafael Benitez. Hodgson pun resmi menjadi manajer baru The Reds pada Juli 2010. Namun kebersamaannya bersama Liverpool hanya berjalan tujuh bulan usai hasil buruk yang diterima klub.

8. West Bromwich Albion (2011-2012)
Pada Februari 2011, Hodgson menerima tawaran West Bromwich Albion. Misi utamanya adalah menghindarkan WBA dari jurang degradasi. Hodgson berhasil menjalankan misi tersebut dan mengundang perhatian FA untuk menunjuknya sebagai pelatih timnas Inggris.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer