Sukses


Outfield Superstar: Arkadiusz Milik, Senjata Maut Baru Polandia

Bola.com, Jakarta - Tak hanya Robert Lewandowski, timnas Polandia kini memiliki senjata andalan baru untuk menghadapi Portugal pada babak perempatfinal Piala Eropa 2016, Jumat (1/7/2016). Senjata itu bernama Arkadiusz Milik.

Baca Juga

Di saat Robert Lewandowski kesulitan menunjukkan tajinya pada putaran final Piala Eropa 2016, Milik tampil sebagai juru gedor andalan timnas Polandia.

Milik sejauh ini sudah membukukan satu gol untuk timnas Polandia. Gol itu datang di laga pembuka Polandia pada Grup E Piala Eropa 2016 melawan Irlandia Utara (12/6/2016).

Gol tersebut hadir melalui skema serangan balik cepat. Menerima umpan silang datar Jakub Błaszczykowski, Milik mengontrol bola dan kemudian melepaskan tembakan kaki kiri ke pojok kiri gawang Irlandia Utara.

Milik merayakan gol tersebut dengan penuh emosi. Dia berteriak-teriak sambil mengepalkan kedua tangannya dan berlari ke pinggir lapangan. Dia kemudian disambut pelukan rekan-rekannya yang berada di luar lapangan.

Aksi Arkadiusz Milik saat Polandia mengalahkan Irlandia Utara di Piala Eropa 2016. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

Tak pelak, UEFA mendaulat Milik sebagai Man of the Match pada pertandingan ini. Sementara itu, situs Whoscored memberikan nilai sebesar 78, atau nilai tertinggi dibandingkan dengan para pemain lainnya.

"Gol itu sangat bagus. Kemenangan ini melipatgandakan mental bertanding kami. Milik merupakan salah satu pemain andalan kami pada putaran final PIala Eropa 2016," ungkap pelatih Adam Nawalka.

"Tetapi, para pemain lain juga memiliki peranan yang sangat penting. Kami berhasil menunjukkan bahwa kami memang pantas berada di sini. Jika kami bisa terus tampil seperti ini, kami memiliki kans yang bagus untuk berbicara banyak," ia menambahkan.

Pada pertandingan itu, Milik menciptakan lima peluang dan dua kali sukses melakukan tekel. Total, pemain asal klub Ajax Amsterdam itu melepaskan 23 umpan dengan tingkat akurasi mencapai 89,3 persen.

The Next Lewandowski

Akadiusz Milik bermain di klub raksasa Belanda, Ajax Amterdam, yang terkenal melahirakan banyak pemain berkelas dunia, di antaranya Zlatan Ibrahimovic dan Luis Suarez.

Sama seperti Ibrahimovic dan Suarez, Milik mengawali karier di Ajax Amterdam saat berusia 20 tahun. Dari 16 pertandingan pertamanya bersama Ajax Amsetrdam, Milik mampu mengemas 17 gol dan 7 assist

Hal itu berbanding jauh dengan pencapaian Ibra saat di Ajax. Kala itu, pemain berkebangsaan Swedia itu hanya mampu mengemas enam gol dan dua assist. Adapun, Suarez mencetak delapan gol dan enam assist.

"Saya selalu berusaha memberikan segalanya di lapangan. Saya hanya fokus untuk bermain sebaik mungkin. Saya beruntung memiliki rekan-rekan yang selalu mendukung saya," ujar Milik.

"Saya tahu bahwa saya masih butuh banyak belajar. Tetapi, saya yakin sudah berada di jalan yang benar. Jika terus sepert ini, saya memiliki kesempatan untuk menjadi pemain hebat," ia menambahkan.

Milik saat ini masih berusia 22 tahun. Sejak dua tahun lalu, dia sudah mendapatkan label sebagai The Next Lewandowski oleh media-media di Polandia. Alasannya, Milik memiliki gaya bermain yang hampir sama dengan Lewandowski, cepat dan agresif dalam duel dengan bek lawan.

Bersama timnas Polandia, Milik subur di berbagai usia. Dia mencipyakan lima gol dari tujuh laga saat memperkuat timnas Polandia U-19. Sementara itu, dia mencetak sembilan gol dari 8 laga bersama timnas U-21.

Milik melakoni debut bersama timnas Polandia pada laga melawan Jerman pada 11 Oktober 2014. Dia mencetak satu gol dan membawa Polandia menang dengan skor 2-0. Ini menandai kemenangan pertama Polandia atas Jerman. Kini, dia memiliki 30 caps dan menciptakan 11 gol.

Kini yang menjadi pertanyaan, mampukah Milik mempertahankan performanya dan membawa Timnas Polandia berbicara banyak di Piala Eropa 2016?

Sumber: Berbagai Sumber

Klik di sini untuk mengikuti laporan langsung Bola.com dari Prancis

Video Populer

Foto Populer