Sukses


7 Fakta Menarik Kemenangan Portugal atas Prancis di Final

Bola.com, Paris - Tim nasional Portugal berhasil mencatatkan sejarah dengan menjadi juara di Piala Eropa 2016 usai mengalahkan Prancis, 1-0, Minggu (10/7/2016) atau Senin dini hari WIB. Gelar tersebut menjadi yang perdana diraih A Selecao sepanjang tujuh partisipasi mereka di turnamen bergengsi antarnegara elit Benua Biru itu.

Pada laga yang berlangsung di Stade de France, kedua tim saling jual beli serangan sejak babak pertama dimulai. Tercatat sejumlah peluang berhasil diciptakan namun tetap tak ada yang mampu mencetak gol hingga berakhirnya waktu normal.

Laga pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Pada menit ke-109, gol yang ditunggu-tunggu Portugal akhirnya tercipta melalui aksi Eder.

Memanfaatkan operan Joao Moutinho, Eder melepaskan sepakan spekulatif dari luar kotak penalti yang bersarang di sudut kanan bawah gawang Lloris. Sempat berusaha mencetak gol penyama, namun Prancis harus menangis di depan publik sendiri setelah wasit meniup peluit panjang.

Berikut ini 7 fakta menarik yang terjadi di final Piala Eropa 2016:

1. Portugal berhasil meraih trofi Piala Eropa untuk kali pertama setelah tampil pada 35 laga dalam tujuh kali partisipasi.

2. Eder menjadi pemain pengganti keenam yang mencetak gol di final Piala Eropa. Sebelumnya, sudah ada nama Olivier Bierhoff, Sylvain Wiltord, David Trezeguet, Juan Mata, dan Fernando Torres.

3. Prancis telah mengakhiri tiga final turnamen resmi melalui babak perpanjangan waktu, yakni pada final Piala Eropa 2000, Piala Dunia 2006, dan Piala Eropa 2016. Dari ketiga final itu, Prancis hanya menjadi juara pada edisi 2000.

4. Kiper tim nasional Portugal, Rui Patricio, mencatatkan tujuh penyelamatan di final Piala Eropa 2016. Jumlah tersebut terakhir kali dilakukan Peter Schmeichel (Denmark) pada final Piala Eropa 1992.

5. Cristiano Ronaldo harus bermain selama 3.588 menit di Piala Eropa untuk mempersembahkan satu trofi bagi tim nasional Portugal.

6. Kekalahan di final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Stade de France, Paris, menjadi yang pertama dialami timnas Prancis di depan pendukungnya setelah terakhir terjadi pada 9 Juli 1960.

7. Eder menjadi pemain pertama non-kelahiran Uni Eropa yang mencetak gol di Piala Eropa. Penyerang tim nasional Portugal itu lahir di Bissau, Guinea-Bissau.

Sumber: Opta

Video Populer

Foto Populer