Sukses


Bisikan Ronaldo, Kunci Sukses Eder Cetak Gol ke Gawang Prancis

Bola.com, Saint-Denis - Eder menjadi pahlawan kemenangan timnas Portugal pada partai melawan Prancis di final Piala Eropa 2016, Minggu (10/7/2016). Pemain berusia 28 tahun itu mengungkapkan bahwa bisikan kapten Cristiano Ronaldo menjadi motivasi baginya untuk menciptakan gol.

Timnas Portugal harus menelan pil pahit pada awal pertandingan final Piala Eropa 2016 melawan Prancis yang berlangsung di Stade de France. Megabintang andalan mereka, Ronaldo, mengalami cedera pada menit ketujuh akibat berbenturan dengan penyerang Prancis, Dimitri Payet.

CR7 memang masih mampu melanjutkan permainan. Namun, pemain asal klub Real Madrid itu tak kuasa lagi untuk menahan rasa sakit di bagian lutut sebelah kiri pada menit ke-25. Ronaldo menangis saat ditandu ke luar lapangan.

Meski tak diperkuat Ronaldo, Portugal berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0. Eder, yang masuk menggantikan Renato Sanches pada menit ke-79, melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti pada menit ke-109 yang bersarang di pojok kiri gawang Prancis.

"Ronaldo memberitahu saya bahwa saya bisa menciptakan gol kemenangan. Dia memberikan saya kepercayaan diri. Tetapi, gol ini tercipta berkat kerja keras tim. Kami tampil spektakuler sepanjang Piala Eropa 2016," ungkap Eder.

Eder menjadi pemain pengganti keenam yang mampu menciptakan gol pada final Piala Eropa. Lima pemain lainnya adalah Olivier Bierhoff (Jerman), Sylvain Wiltord (Prancis), David Trezeguet (Prancis), Juan Mata (Spanyol), dan Fernando Torres (Spanyol).

"Senang rasanya bisa mendapatkan ucapan selamat. Saya tahu kesempatan akan datang saat pertama kali mendapatkan panggilan memperkuat timnas. Pelatih Fernando Santos tahu kualitas saya dan dia percaya kepada saya," Eder menambahkan.

Timnas Portugal untuk pertama kalinya berhasil menjadi juara Piala Eropa. Prestasi terbaik Selecao Eropa sebelumnya hanyalah menjadi runner-up pada edisi 2004. Mereka menjadi negara ketujuh yang meraih gelar Piala Eropa pertama.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer