Sukses


4 Negara yang Sukses Menjuarai Piala Eropa Lewat Extra Time

Bola.com, Jakarta - Portugal harus menjalani laga hingga perpanjangan waktu untuk bisa mengalahkan Prancis sekaligus menjuarai Piala Eropa 2016. Selain Portugal, ada sejumlah negara yang bertanding hingga extra time untuk menjadi jawara Eropa. 

Bermain di Stade de France, Senin (11/7/2016) dini hari WIB, Portugal mendapat perlawanan sengit dari Prancis. Meski begitu, A Selecao mampu mengimbangi permainan Les Blues dan membuat skor 0-0 bertahan hingga 90 menit. 

Alhasil, laga pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Pada masa extra time, Portugal akhirnya sukses memecah kebuntuan menit ke-109.

Bola hasil sepakan keras Eder dari luar kotak penalti melesat mulus masuk ke dalam gawang Prancis. Portugal pun berhasil menutup laga dengan kemenangan 1-0, sekaligus berhak atas trofi juara Piala Eropa 2016. 

Portugal tercatat sebagai negara yang paling banyak mengantongi hasil seri pada waktu normal pertandingan Piala Eropa tahun ini. Dari tujuh laga yang dijalani, enam diantaranya berakhir imbang pada waktu normal. 

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Eropa, tercatat ada lima pertandingan final yang harus ditentukan melalui babak tambahan tetapi tidak sampai melalui adu penalti.

Berikut ini empat pertandingan final Piala Eropa yang harus melewati babak tambahan untuk menentukan pemenang:

1. Piala Eropa 1960

Final Piala Eropa 1960 mempertemukan dua negara yang saat ini sudah tidak ada, yaitu Uni Soviet dan Yugoslavia. Pada penyelenggaraan perdana Piala Eropa ini, Uni Soviet keluar sebagai juara setelah memastikan kemenangan melalui gol Viktor Ponedelnik pada menit ke-113. Skor 2-1 untuk keunggulan Uni Soviet mengakhiri pertandingan.

2. Piala Eropa 1968

Final Piala Eropa 1968 menjadi Piala Eropa satu-satunya yang menjalani pertandingan ulang. Pada final pertama, Italia dan Yugoslavia bermain imbang 1-1 hingga waktu tambahan berakhir. Saat itu babak adu penalti masih belum digunakan untuk turnamen besar, sehingga pertandingan ulang pun dilakukan. Pada laga replay, gol yang dicetak Luigi Riva dan Pietro Anastasi membawa Italia memenangi trofi Piala Eropa.

3. Piala Eropa 1996

Final Piala Eropa 1996 mempertemukan Republik Ceska dengan Jerman. Pada saat itu, aturan golden goal yang disahkan pada 1992 masih berlaku. Kedua negara bermain imbang dengan skor 1-1 hingga 90 menit pertandingan berakhir. Gol yang dicetak Oliver Bierhoff pada babak tambahan mengakhiri pertandingan untuk kemenangan Die Mannschaft dengan skor 2-1.

4. Piala Eropa 2000

Final Piala Eropa 2000 mempertemukan Prancis dengan Italia. Skor imbang 1-1 pada waktu normal membuat babak tambahan harus dimainkan. David Trezeguet tampil sebagai pahlawan Les Bleus setelah golden goal nya memenangkan Prancis dengan skor akhir 2-1.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer