Sukses


Serba-serbi Piala Eropa 2016 dalam Angka

Bola.com - Piala Eropa 2016 telah rampung digelar. Portugal pun keluar sebagai pemenang setelah membungkam Prancis dengan skor 1-0 pada laga final yang dihelat di Stade de France, Senin (11/7/2016) dini hari WIB.

A Selecao mengawali Piala Eropa tahun ini dengan kurang meyakinkan. Menempati Grup F, Portugal hanya mampu lolos ke-16 besar dengan status peringkat tiga terbaik dengan mengoleksi tiga poin hasil dari tiga kali imbang.

Namun, performa Portugal mulai meningkat pada fase knock-out. Tim asuhan Fernando Santos itu berhasil meraih tiga kemenangan dan berhak berlaga di partai final. Mereka membungkam Kroasia dengan skor 1-0 pada 16 besar, menang 5-4 atas Polandia lewat adu penalti pada perempat final, dan mengalahkan Wales dua gol tanpa balas pada semifinal.

Bersua Prancis di final, Portugal tak diunggulkan memetik kemenangan. Sebab, mereka menelan kekalahan dalam 10 pertemuan terakhir kontra Les Blues. Bukan hanya itu, Cristiano Ronaldo juga belum pernah sekalipun membobol gawang Prancis dari 234 menit bermain.

Tetapi, Portugal mampu membalikkan prediksi tersebut. Meski kehilangan Ronaldo sejak menit ke-25 akibat cedera, A Selecao sukses membungkam Prancis dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan Portugal disarangkan Eder menit ke-109.

Bagi Portugal, itu adalah gelar perdana di turnamen besar, baik itu Piala Dunia ataupun Piala Eropa. Mereka butuh menjalani 35 laga dalam tujuh kali keikutsertaan untuk bisa keluar sebagai kampiun di turnamen antarnegara Eropa tersebut.

Selain Portugal yang berhasil merengkuh gelar juara, sejumlah fakta menarik juga terjadi pada Piala Eropa 2016, mulai dari jumlah penonton di stadion yang mencapai angka 2 juta, hingga gol pada tahun ini yang lebih banyak dibandingkan edisi sebelumnya.

Berikut ini adalah data dan fakta Piala Eropa 2016 dalam angka:

0 - Laga final antara Portugal kontra Prancis merupakan final Piala Eropa perdana yang berakhir imbang 0-0 selama 90 menit.

4 - Aaron Ramsey dan Eden Hazard merupakan pemain yang meraih predikat sebagai assist terbanyak di Piala Eropa 2016. Keduanya sama-sama melepaskan empat umpan yang berbuah gol.

6 - Jumlah gol yang dikoleksi Antoine Griezmann di Piala Eropa 2016 mencapai enam gol. Jumlah tersebut adalah yang tertinggi setelah Michel Platini pada Piala Eropa 1984 (9 gol).

9 - Satu golnya ke gawang Wales pada semifinal membuat Cristiano Ronaldo berhasil mengoleksi sembilan gol di Piala Eropa. CR7 menyamai jumlah gol milik Michel Platini, sekaligus bercokol di puncak top scorer sepanjang masa Piala Eropa.

18 tahun dan 328 hari - Gelandang timnas Portugal, Renato Sanches, menjadi pemain termuda yang tampil di final Piala Eropa. Dia mengalahkan torehan Cristiano Ronaldo yang bermain di final Piala Eropa 2004 dalam usia 19 tahun dan 150 hari.

21 - Cristiano Ronaldo merupakan satu-satunya pemain yang mencatatkan penampilan terbanyak pada putaran final Piala Eropa dengan 21 laga.

32,8 - Gelandang timnas Prancis, Kingsley Coman, adalah pemain tercepat di Piala Eropa 2016. Kecepatan lari Coman mencapai angka 32,8 km/jam mengalahkan 32,3 km/jam milik Yannick Carrasco.

40 tahun dan 86 hari - Kiper timnas Hungaria, Gabor Kiraly, merupakan pemain tertua yang bermain pada putaran final Piala Eropa. Sayang, Kiraly gagal membawa Hungaria menembus perempat final usai menelan kekalahan 0-4 dari Belgia.

41 - Keberhasilan Portugal membungkam Prancis dengan skor 1-0 pada laga final adalah kemenangan perdana mereka kontra Les Blues dalam 41 tahun terakhir.

56 - Prancis untuk pertama kalinya menelan kekalahan di kandang sendiri pada turnamen besar dalam 56 tahun terakhir. Sebelum melawan Portugal, Les Blues tumbang di hadapan pendukung sendiri ketika menyerah 0-2 dari Cekoslowakia dalam perebutan tempat ketiga Piala Eropa 1960.

100 - Gol Robert Lewandowski ke gawang Portugal pada laga perempat final tercipta saat pertandingan baru berjalan 100 detik. Itu adalah gol kedua tercepat di Piala Eropa, setelah sebelumnya penyerang Rusia, Dmitri Kirichenko, mencetak gol ke gawang Yunani dalam waktu 67 detik pada laga Grup A Piala Eropa 2004.

108 - Piala Eropa 2016 menghasilkan 108 gol dari 51 laga dengan 2,12 gol tercipta per laga, dan satu gol setiap 44 menit.

600 - Gol Luis Nani ke gawang Islandia memang belum cukup membawa Portugal meraih kemenangan pada laga perdana Grup F. Tetapi, gol tersebut menggenapkan jumlah gol di putaran final Piala Eropa menjadi 600.

2.427.303 - Total jumlah penonton yang menyaksikan langsung pertandingan di Piala Eropa 2016 mencapai angka 2.427.303, atau rata-rata 47.594 penonton yang hadir ke stadion. Itu adalah jumlah penonton tertinggi sejak Piala Eropa 1988.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer