Sukses


Gagal di Piala Eropa, Wilmots Dicopot dari Kursi Pelatih Belgia

Bola.com, Brussels - Marc Wilmots resmi dicopot dari jabatannya sebagai pelatih timnas Belgia. Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belgia (KBVB) menilai Wilmots gagal membawa Belgia berprestasi di Piala Eropa 2016.

Belgia tergabung di Grup E bersama Italia, Swedia, serta Republik Irlandia. Diperkuat sebagian besar pemain muda, Belgia lolos ke 16 besar dengan status runner-up grup. Pada fase knock-out, Belgia melenggang ke perempat final usai membungkam Hungaria empat gol tanpa balas.

Tetapi, langkah De Rode Duivels harus terhenti pada delapan besar. Bersua Wales di Stade Pierre-Mauroy, 1 Juli 2016, Belgia menelan kekalahan telak 1-3. 

Gagal menembus semifinal Piala Eropa 2016 membuat KBVB kecewa dengan kinerja Wilmots. Meski masih menyisakan kontrak hingga 2018, KBVB memutuskan untuk mencopot Wilmots dari jabatan sebagai pelatih.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Marc Wilmots untuk hasil kerja kerasnya selama empat tahun terakhir," bunyi isi pernyataan resmi KBVB.

"Komisi Teknis KBVB telah membuat evaluasi perihal Piala Eropa 2016 dan telah menyatakan jika tujuan yang diinginkan belum tercapai. Timnas Belgia membutuhkan dorongan baru untuk memimpin kelompok ini dalam turnamen besar selanjutnya Piala Dunia 2018."

"KBVB akan segera memulai prosedur untuk menemukan pelatih kepala baru timnas Belgia, dengan cara yang transparan. Idenya adalah memulai permainan yang akan datang pada bulan September dengan pelatih baru, dimulai dengan pertandingan persahabatan internasional di Brussels melawan Spanyol pada 1 September," imbuh pernyataan tersebut.

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer