Sukses


Rapor Pemain Pemecah Rekor Transfer Termahal Dunia (2)

Bola.com, Jakarta - Para klub-klub elit Eropa tak segan-segan mengeluarkan dana transfer yang jumlahnya terkadang di luar nalar untuk mendapatkan pemain yang mereka inginkan. Namun, terkadang performa mereka di lapangan tak sebanding dengan harga jual mereka.

Rekor pemain termahal saat ini masih dipegang oleh Gareth Bale yang diboyong Real Madrid dengan harga 86 juta pondsterling (Rp 1,5 triliun) pada tahun 2013. Klub raksasa Spanyol tersebut memang dikenal royal dalam memecah rekor transfer termahal di dunia. Dalam 20 tahun terakhir, Los Blancos lima kali memecah rekor transfer dunia. Hal uniknya adalah, Real Madrid memecahkan empat rekor yang mereka cetak sendiri.

Kini, Manchester United siap memecahkan rekor transfer Bale. Setan Merah dikabarkan telah mengajukan tawaran sebesar 112 juta poundsterling (Rp 1,962 triliun) untuk memboyong gelandang serang asal klub Juventus, Paul Pogba.

Sejarah membuktikan kalau beberapa pemain berlabel 'pemecah rekor transfer' tidak selalu bisa menunjukkan ekspektasi yang dibebankan kepadanya.

Berikut rapor pemain yang berlabel pemecah rekor transfer (2):

2 dari 6 halaman

1

Luis Figo (2000)
Transfer Luis Figo ke Real Madrid mengundang polemik karena ia didatangkan dari klub rival, Barcelona. Figo bukan pemain pertama yang menyeberang antara kedua klub rival tersebut, namun sosoknya yang saat itu menjadi wajah klub Barcelona memancing amarah Los Cules. Figo menjadi awal dari anggota Los Galacticos yang ingin dibentuk oleh Florentino Perez.

Pemain asal Portugal ini dibeli dengan harga 37 poundsterling (Rp 645,66 miliar). Harga tersebut memecahkan rekor transfer Crespo yang dibeli Lazio dari Parma beberapa hari sebelumnya. Figo bertahan di Real Madrid selama lima musim dan mempersembahkan dua trofi La Liga dan satu trofi Liga Champions. Mantan kapten Portugal mencatatkan 239 penampilan dan mencetak 57 gol sebelum pindah ke Inter Milan pada tahun 2005 dengan status bebas transfer.

3 dari 6 halaman

2

Zinedine Zidane (2001)
Zinedine Zidane datang ke Real Madrid dengan segudang prestasi. Juara dunia, Raja Eropa, peraih Ballon d'Or, seorang pemimpin yang inspiratif dan maestro sepak bola. Jika melihat catatan prestasinya, tidak heran Real Madrid rela mengeluarkan kocek sebesar 47 juta poundsterling (Rp 820,16 miliar) untuk memboyongnya dari Juventus pada tahun 2001.

Zizou menjadi bagian dari Los Galacticos era pertama yang dibentuk oleh Los Blancos. Lima musim berkostum Real Madrid, Zidane mempersembahkan satu trofi La Liga dan satu trofi Liga Champions. Zidane mencatatkan 225 penampilan dan menyumbang 49 gol.

Kiprah Zidane bersama Real Madrid tidak berhenti setelah ia gantung sepatu. Pria Prancis ini ditunjuk untuk menjadi pelatih El Real pada Januari 2016. Pada musim perdananya melatih klub senior, Zidane sukses mengantarkan Los Blancos menjuarai Liga Champions.

4 dari 6 halaman

3

Ricardo Kaka (2009)
Delapan tahun setelah Zidane menjadi pemain termahal di dunia, Florentino Perez yang kembali terpilih sebagai Presiden Real Madrid berusaha membangkitkan era Los Galacticos. Sebagai rekrutan pertama, Los Blancos memboyong Ricardo Kaka dari AC Milan dengan harga 56 juta poundsterling (Rp 977,21 miliar).

Penampilan Kaka bersama Real Madrid bisa dibilang tidak maksimal karena ia kerap diganggu cedera. Setelah menjalani musim perdana dengan hasil yang apik, Kaka mulai sering absen pada musim keduanya. Kaka tidak pernah mengulangi performa bagusnya bersama Milan. Empat musim berkostum Los Blancos, Kaka hanya berhasil mempersembahkan satu trofi La Liga.

5 dari 6 halaman

4

Cristiano Ronaldo (2009)
Cristiano Ronaldo dibeli Real Madrid dengan harga 80 juta poundsterling (Rp 1,39 triliun). Real Madrid memperbarui rekor pemain termahal dunia hanya dalam tempo beberapa hari, karena sebelumnya mereka baru membeli Kaka dari AC Milan.

Ronaldo datang sebagai seorang bintang, namun kini ia berubah menjadi ikon klub setelah memecah banyak rekor gol bersama Los Blancos. Pemain asal Portugal ini merupakan satu di antara pemain terbaik dunia yang memiliki teknik tinggi dan lengkap.

Kapten Portugal ini baru mempersembahkan satu trofi La Liga, namun ia sudah membawa Real Madrid menjuarai dua trofi Liga Champions. Ronaldo saat ini sudah berusia 31 tahun dan masih mempunyai satu hingga dua tahun lagi untuk bermain di level tertinggi.

6 dari 6 halaman

5

Gareth Bale (2013)
Rekor pemain termahal dunia yang dipegang Ronaldo bertahan selama empat tahun, sampai Real Madrid mendatangkan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur dengan harga 86 juta poundsterling (Rp 1,5 triliun). Bale disebut-sebut sebagai penerus Ronaldo yang memiliki atribut teknik yang identik.

Pada musim perdananya, Bale ikut mempersembahkan trofi La Decima untuk Los Blancos. Baru tiga musim membela El Real, pemain asal Wales ini sudah mempersembahkan dua trofi Liga Champions. Hingga akhir musim 2015-16, catatan Bale bersama Real Madrid adalah 123 penampilan dan 58 gol.

Bale yang saat ini masih berusia 27 tahun, menjanjikan penampilan yang terus menanjak. Dalam dua tahun ke depan, pemain bernomor punggung 11 diprediksi menjadi penerus Ronaldo di Real Madrid.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer