Sukses


Prediksi Kekuatan Grup Neraka Sepak Bola Olimpiade Rio 2016

Bola.com, Rio de Janeiro - Grup neraka. Itulah sematan yang sepadan dengan komposisi negara yang mengisi Grup B. Di sana ada juara Piala Eropa U-23 tahun 2015, Swedia, jagoan Afrika, Nigeria dan wakil Asia, Jepang. Sementara Kolombia juga datang dengan predikat yang terbaik di kawasan Amerika Selatan. Berikut prediksi kekuatan Grup B.

1. Swedia

Tak ada Zlatan Ibrahimovic di jajaran nama pemain timnas Swedia pada Olimpiade Rio 2016. Tapi Swedia memiliki banyak senjata yang membuat mereka layak mendapatkan status unggulan untuk lolos dari Grup B. Setidaknya ada enam pemain yang membawa Swedia menjadi jawara Piala Eropa U-21 tahun lalu. Sebanyak 23 pemain juga memiliki banyak pengalaman, serta punya karier bagus di masing-masing klub.

Pelatih: Hakan Ericson

Ia membawa Swedia menjadi juara Piala Eropa U-21 tahun lalu. Kini, ia mendapatkan tugas lebih berat lagi, yakni membawa Swedia untuk mendapatkan medali emas. Ia tergolong keluarga sepak bola. Sang ayah, Georg adalah pelatih timnas pada periode 1971-1979, sekaligus memimpin pada dua event Piala Dunia.

Pemain Bintang: Mikael Ishak

Ia sempat menjadi harapan publik Swedia kala berkarier di Jerman dan Italia. Meski kurang sukses, kualitas individu Ishak berada di atas rata-rata. Ia beroperas di lini depan, dan musim lalu mencetak 13 gol bersama tim lokal, Randers di Liga Super Denmark.

Pemain Senior

Kapten Alexander Milosevic, kini berusia 24 tahun, menjadi andalan bagi Swedia. Status bek tengah membuat lini pertahanan Swedia diprediksi bakal susah ditembus pemain lawan. Dua penggawa senior lain yang mendapat kesempatan adalah bintang final Piala Eropa U-21 tahun lalu, Abdul Khalili, Astrit Ajdarevic.

Prediksi: Fase grup

2 dari 4 halaman

Kolombia

2. Kolombia

Kolombia datang ke Rio da Janeiro setelah menang atas Amerika Serikat via play-off. Skuat sekarang tergolong moncer, dan dianggap sebagai bagian penting masa depan timnas Kolombia. Sayang, mereka tampil tanpa membawa bek tengah Yerry Mina, dan penyerang mungil, Marlos Moreno.

Pelatih: Carlos Restrepo

Ia terkenal sebagai sosok pelatih yang memiliki spesialisasi pengembangan pemain junior. Ia berada di lingkaran timnas Kolombia U-20 sejak empat tahun lalu. Kala itu, mereka sukses menjadi jawara Copa Amerika Junior. Skuat itu pula yang kini mengisi kekuatan utama di Rio.

Pemain Bintang: TeofiloGutierrez

Kapasitasnya sebagai bomber tak diragukan lagi. Ia juga mampu beroperasi sebagai gelandang serang, yang membuatnya mendapat peran lebih dari sang pelatih. Ia menjadi bagian dari Kolombia kala melangkah ke babak perempat final Piala Dunai 2014.

Pemain Senior

Selain Gutierrez, terdapat dua pemain lain yang sangat berbahaya, yakni winger Dorlan Pabon dan bek tengah tangguh, William Tesillo. Pabon terkenal punya reflek bagus dan terkenal dengan umpan-umpan brilian yang memanjakan lini depan.

Prediksi: Semifinal

3 dari 4 halaman

Nigeria

3. Nigeria

Nigeria datang Olimpiade 2016 dengan status juara Piala Afrika U-23 pada November tahun lalu. Prestasi itu membuat mereka lolos langsung ke Olimpiade Rio. Nigeria sempat mengejutkan dunia setelah mendapatkan medali emas pada Olimpiade 1996.

Pelatih: Samson Siasia

Ia mantan striker timnas Nigeria yang membawa Nigeria meraih medali perak pada Olimpade 2008 di Beijing, China. Saat aktif sebagai pemain, ia sempat meraih gelar juara Ligue 1 bersama Nantes. Sayang, ia sempat punya catatan buruk kala dipecat dari jabatan pelatih timnas senior Nigeria, setelah gagal melaju ke Piala Afrika 2012.

Pemain Bintang: AzubuikeOkechukwu

Ia sudah menjadi bagian dari timnas sejak usia 19 tahun, dan berkarier di Turki. Dia berstatus pemain terbaik pada Piala Afrika U-23. Musim depan, ia digosipkan bakal berlabuh dengan AS Monaco.

Pemain Senior

Sosok John Obi Mikel menjadi nama yang tak diragukan lagi. Dia bakal memimpin rekan-rekan mudanya, sekaligus menjadi penyeimbang komposisi dan aliran bola. Tak hanya itu, Nigeria juga menyertakan kiper Daniel Akpeyi.

Prediksi: Fase grup

4 dari 4 halaman

Jepang

4. Jepang

Wakil Asia ini memiliki kekuatan yang layak mengejutkan tahun ini. Mereka datang ke Rio dengan hasrat mengulangi sukses meraih medali perunggu pada 1968. Grup B terkenal ketat, namun Jepang punya potensi untuk tampil mengejutkan.

Pelatih: Makoto Teguramori

Pria berusia 48 tahun ini punya prestasi mengesankan bersama Vegalta Sendai di J-League. Ia berstatus pelatih timnas Jepang U-23 pada 2014. Ia berciri khas memiliki kepercayaan diri tinggi, yang membuatnya punya pemain dengan sistem bermain pekerja keras.

Pemain Bintang: Takuma Asano

Pemain berusia 21 tahun ini mengejutkan dunia setelah bergabung dengan Arsenal. Ia terkenal memiliki kekuatan dalam membaca sistem pertahanan lawan. Namanya melejit sejak bergabung dengan Sanfrecce Hiroshima.

Pemain Senior

Jepang sebenarnya memiliki banyak pemain bintang yang berlaga di Eropa. Sayang, tim pelatih hanya menunjuk tiga pemain dari J-League. Bintang Urawa Reds, Shinzo Koroko berada di lini depan. Lalu bek tengah Tsukasa Shiotani dan bek kiri asal Gamba Osaka, Hiroki Fujiharu.

Prediksi; Perempat Final

Video Populer

Foto Populer