Sukses


Prediksi Jepang Vs Swedia: Berharap Kebaikan Elang Super

Bola.com, Rio de Janeiro - Jepang akan menjalani pertandingan terakhir Grup B cabang sepak bola Olimpiade Rio 2016, versus Swedia. Laga kali ini menjadi partai 'final' bagi wakil Asia. Sayang, kemenangan tak serta merta membuat mereka lolos ke fase perempat final.

Hasil tiga angka yang didapat Jepang di Itaipava Arena Fonte Nova, Salvador, Rabu (10/8/2016) atau Kamis (11/8/2016) dini hari WIB, bukan jaminan lolos dari fase grup. Nasib akhir masih ditentukan 'kebaikan' Nigeri saat bersua Kolombia, di Arena Corinthians, Sap Paulo.

Saat ini Jepang berada di peringkat ke-3 klasemen sementara Grup B dengan koleksi satu angka. Poin tersebut sama dengan yang didapat Swedia, namun unggul jumlah memasukkan bola ke gawang lawan.

Pesaing berat Jepang datang dari Kolombia, yang menuai 2 poin. Walhasil, Jepang berharap Kolombia hanya mendapatkan maksimal satu angka, atau takluk di tangan Nigeria.

Penyerang Jepang, Takuma Asano (kanan) saat menghindari tekel pemain Kolombia, Felipe Aguilar, pada cabang sepak bola Olimpiade Rio 2016, di Amazonia, Manaus (7/8/2016). Jepang menghadapi partai hidup-mati kontra Swedia, Kamis (10/8/2016) pagi WIB.

Artinya, jika menuai hasil imbang, Kolombia mengoleksi 3 angka. Andai Jepang menang, angka mereka menjadi 4, dan lolos ke fase berikutnya. "Tim akan bermain penuh semangat setelah hasil bagus pada pertandingan kedua. Satu fokus kami adalah menang, dan melupakan sejenak hasil di tempat lain, meski berharap Kolombia kalah atau seri. Swedia lawan yang berat," sebut Pelatih Jepang, Makoto Teguramori, seperti dirilis The Japan Times, Rabu (10/8/2016).

Ucapan Teguramori mengacu pada kualitas Swedia. Meski berstatus tim terlemah, The Viking datang ke lapangan dengan kans yang sama besar untuk melaju ke babak 8 besar Olimpiade 2016.

Swedia harus menang, dan berharap Kolombia tertahan atau terjungkal di tangan Nigeria. Ambisi yang sama itu pula membuat Jepang menaruh level waspada tingkat tinggi. Penyerang Takuma Asano mengakui, rekan-rekannya bakal berjuang maksimal dan berharap ada bantuan dari Nigeria.

2 dari 3 halaman

Ancaman The Viking

"Secara teknis kami sangat fokus untuk mendapatkan tiga angka pertama di Rio 2016. Semua mata masyarakat Jepang tertuju pada kami, dan itu menjadi mesin pendorong luar biasa," ucapnya.

Pelatih Jepang, Makoto Teguramori berharap anak asuhnya bisa memperbaiki penampilan, terutama di area belakang. Kuartet Sei Muroya, Naomichi Ueda dan dua bek senior, Tsukasa Shiotani serta Hiroki Fujiharu, wajib bermain ekstra ketat.

Kubu Swedia memiliki beberapa pemain kunci yang bisa menjadi momok menakutkan di area pertahanan Jepang. Duet bomber Mikael Ishak-Astrit Ajdarevic bakal menjadi andalan wakil Eropa tersebut. Dua gelandang kreatif, Robin Quaison dan Abdul Khalili, akan menghujam jika tak mendapat pengawasan.

Pelatih Swedia, Hakan Ericson enggan berkomentar terlalu banyak terkait kans lolos ke fase perempat final. "Saya ingin memastikan Swedia bisa mendapatkan kemenangan di Rio 2016," ucapnya.

Menurut Ericson, timnya akan berusaha bermain cepat dengan penguasaan bola di lini tengah. Tugas yang tak mudah, karena Jepang punya empat pemain yang dianggap menjadi motor utama.

Empat gelandang, yakni Shoya Nakajima, Yosuke Ideguchi, Shinya Yajima dan Wataru Endo, siap menjaga aliran bola menuju duet Asano-Koroki. Jika mentok, masih ada Riki Harakawa dan gelandang asal klub Red Bull Salzburg, Takumi Minamino.

"Peluang masih terbuka. Kolombia akan kalah dari Nigeria. Namun, sebelum 90 menit, kami harus mengamankan tiga poin dari Swedia," kata Teguramori

3 dari 3 halaman

Prakiraan Pemain

Prakiraan Pemain
Jepang (4-4-2): Nakamura; Muroya, Shiotani, Ueda, Fujiharu; Yajima, Endo, Ideguchi, Nakajima; Asano, Koroki

Swedia (4-4-1-1): Linde; Lundqvist, Milosevic, Nilsson, Konate; Tibbling, Fransson, Khalili, Quaison; Ajdarevic, Ishak

5 Partai Resmi Terakhir Jepang
25/5/2016 Guinea 1-2 Jepang (Festival Toulon)
27/5/2016 Jepang 0-1 Inggris (Festival Toulon)
31/7/2016 Brasil 2-0 Jepang (Persahabatan)
5/8/2016 Nigeria 5-4 Jepang (Olimpiade)
8/8/2016 Jepang 2-2 Kolombia (Olimpiade)

5 Partai Resmi Terakhir Swedia
29/7/1992 Swedia 4-0 Maroko (Olimpiade)
31/7/1992 Swedia 1-1 Korsel (Olimpiade)
3/8/1992 Swedia 1-2 Australia (Olimpiade)
5/8/2016 Swedia 2-2 Kolombia (Olimpiade)
8/8/2016 Swedia 0-1 Nigeria (Olimpiade)

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer