Sempat Pensiun seperti Messi, 6 Pemain Ini Kembali ke Timnas

Oleh Nurfahmi BudiArinaldo Habib Pratama pada 15 Agu 2016, 12:37 WIB
Diperbarui 15 Agu 2016, 12:37 WIB
Messi
Reaksi Lionel Messi usai Argentina kalah dari Jerman pada final Piala Dunia 2014, di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Brasil (13/7/2016). Messi membatalkan pensiun dari timnas Argentina. (EPA/Antonio Lacerda)

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi memutuskan kembali membela timnas Argentina. Ia bakal memperkuat Tim Tango dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, versus Uruguay (1/9/2016).

Megabintang Barcelona itu mengumumkan pensiun dari timnas Argentina usai tak menjadi juara pada Copa Amerika Centenario. Messi juga menjadikan kegagalan pada Piala Dunia 2014, Copa America 2007 dan Copa America 2015 sebagai alasan pensiun.

"Banyak hal terlintas dalam pikiran saya pada malam final Copa America 2016 dan saya sempat berpikir serius untuk berhenti, tetapi rasa cinta saya untuk negara dan jersey Argentina terlalu besar. Kami harus memperbaiki banyak hal di sepak bola Argentina, namun saya lebih memilih untuk melakukan ini dari dalam dan tidak mengkritik dari luar," jelas Messi, seperti dilansir BBC.

Apa yang dilakukan Messi, kembali setelah pensiun, juga terjadi pada beberapa pemain besar lainnya. Mereka berkostum timnas lagi dengan beragam alasan. Berikut ini 6 pemain legendaris yang pernah pensiun namun kembali lagi bersama timnas negara masing-masing.

2 dari 7 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane
Zinedine Zidane (kanan) saat membela Prancis bersua Rusia, pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2000 Grup 4, di Moskow (10/10/1998). Partai itu berakhir imbang 2-2. (EPA/Yuri Kadobnov)

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane menjadi pemain kunci saat Prancis menjadi jawara pada Piala Dunia 1998. Dua gol ke gawang Brasil pada laga final, menjadi faktor penting keberhasilan tim Ayam Jantan berjaya di rumah sendiri. Fungsinya kembali menjadi krusial kala Prancis berstatua jawara Piala Eropa 2000.

Empat tahun berselang, Zidane memutuskan untuk pensiun dari timnas Prancis. Kala itu, Prancis tersingkir dari Yunani pada perempat final Piala Eropa 2004. "Saya sudah berpikir dengan keras terkait keputusan ini. Saya kira sudah saatnya berhenti," ucap Zidane, saat itu.

Zidane memutuskan menerima rayuan Pelatih Timnas Prancis, Raymon Domenech untuk kembali berseragam Les Bleus. Saat itu pemanggilan Zidane dianggap perlu, karena Prancis sedang mengalami kesulitan pada kualifikasi Piala Dunia 2006.

3 dari 7 halaman

Henrik Larsson

Henrik Larsson
Penyerang timnas Swedia, Henrik Larsson (kiri) ditempel ketat bek Macedonia, Goce Sedloski, pada Kualifikasi Piala Dunia 2002, di Stadion Ullevi, Goteborg, Sabtu (24/3/2001). Larsson pernah pensiun dan kembali lagi ke timnas. (EPA/Jonas Ekstromer)

Henrik Larsson

Pemain yang satu ini tidak hanya sekali mengumumkan pensiun dari timnas Swedia, tapi dua kali. Legenda Swedia ini menemani The Blue-Yellow dalam 3 Piala Dunia dan 3 Piala Eropa. Setelah memimpin Swedia lolos ke fase 16 besar Piala Dunia 2002, ia memutuskan pensiun.

Namun, pelatih Swedia saat itu, Lars Lagerback berhasil membujuknya kembali ke timnas. Larsson berpartisipasi pada Piala Eropa 2004. "Dia memiliki dua kualitas yang membuatnya menjadi pemain hebat. Pertama, dia pencetak gol terbaik. Kedua, sosoknya bukan pemai yang egois," ucap Lars.

Sang striker mencetak 3 gol, sekaligus membawa Swedia lolos dari fase grup. Namun, impian Larsson melihat Swedia berjaya berakhir setelah mereka takluk di tangan Belanda pada babak perempat final.

Dia juga ikut bermain di Piala Dunia 2006, dan menyelamatkan Swedia dari posisi ketiga dengan mencetak satu gol ke gawang Inggris pada pertandingan terakhir fase grup dan lolos ke fase 16 besar. Setelah tersingkir, dia kembali mengumumkan pensiun. Larsson kembali ke timnas saat Piala Eropa 2008. 

4 dari 7 halaman

Jamie Carragher

Jamie Carragher
Bek Inggris, Jamie Carragher berusaha menghalau bola yang sedang dibawa pemain Aljazair, Karim Matmour (kanan), pada laga Grup C Piala Dunia 2010, di Stadion Green Point, Cape Town, Afsel (18/6/2010). (EPA/Nic Bothmaa)

Jamie Carragher

Bek Inggris, Jamie Carragher berusaha menghalau bola yang sedang dibawa pemain Aljazair, Karim Matmour (kanan), pada laga Grup C Piala Dunia 2010, di Stadion Green Point, Cape Town, Afsel (18/6/2010). (EPA/Nic Bothmaa)

Carragher berstatus pemain timnas sejak tahun 1999. Dia terpilih dalam skuat Piala Eropa 2004 dan Piala Dunia 2006. Pada Piala Dunia 2006, satu-satunya pertandingan dengan status starter adalah saat melawan Ekuador. Sedangkan di Piala Eropa 2004, Ledley King menjadi pilihan utama memainkan posisi bek dibanding dirinya.

Pada tahun 2007, Carragher memutuskan untuk pensiun dari The Three Lions. "Ada banyak alasan kenapa saya berpikir seperti ini. Setelah Piala Dunia 2006, saya berpikir seberapa sering saya bisa menjadi pilihan utama untuk posisi bek timnas Inggris," ujar Carragher, yang saat itu berusia 29 tahun.

Banyaknya pemain yang cedera jelang berlaganya Inggris di Piala Dunia 2010, membuat Carragher memutuskan kembali berkostum timnas. Carragher tampil pada dua pertandingan pembuka.

5 dari 7 halaman

Claude Makelele

Claude Makelele
Claude Makelele (kiri) saat mendapat tekanan dari pemain Italia, Luca Toni (tengah) dan Simone Perrotta, pada laga Grup C Piala Eropa 2008, di Stadion Letzigrund, Zurizh, Swiss (17/6/2008). (EPA/Urs Flueeler)

Claude Makelele

Ia gagal masuk dalam skuat Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Makelele memulai debut pada Piala Dunia 2002. Pada Euro 2004, dia menjadi pilihan utama untuk posisi gelandang, dan menjadi starter di 4 pertandingan. Demi fokusnya di Chelsea, dia memutuskan untuk pensiun pada tahun 2004.

Namun, mengetahui Perancis sedang kesulitan lolos dam kualifikasi Piala Dunia 2006, dia bersama Zidane dan Lilian Thuram kembali ke timnas. Berkat performa bagus, Prancis hanya kebobolan 3 gol dalam 7 pertandingan. Dia ikut membela timnas pada Euro 2008.

6 dari 7 halaman

Lilian Thuram

Lilian Thuram
Bek Prancis, Lilian Thuram (kanan), saat berjibaku kontra bek Denmark, Jes Hogh, pada pertandingan Grup D Piala Eropa 2000 (11/6/2000). (EPA/Michelle Limina)

Lilian Thuram

Ia termasuk bek kanan tangguh saat aktif bermain. Thuram membawa Prancis ke final Piala Dunia 1998 berkat dua gol ke gawang Kroasia pada fase semi final. Setelah menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Euro 2000, eks bek Juventus ini gagal menjadi jawara di Piala Eropa 2004. Hal itu pula yang membuatnya pensiun.

Namun kondisi tersebut tak berlangsung lama. Pada Piala Dunia 2006, ia kembali lagi. Sayang, kali ini Thuram kembali gagal, dan mengakhiri turnamen di Jerman tersebut tanpa gelar juara setelah takluk di tangan Italia.

7 dari 7 halaman

Pele

Pele
Legenda sepak bola asal Brasil, Pele, pada sebuah seremoni di Rio de Janeiro, Brasil (6/2/2010). (EPA/Marcelo Sayao)

Pele

Pele menjalani debut bersama timnas Brasil pada 1957. Ia membawa TIm Samba meraih gelar juara Piala Dunia 1958, dengan mencetak 6 gol, termasuk dua gol di partai final.

Pada saat menjuarai Piala Dunia 1962, Pele mencetak dua gol di fase grup, namun karena cedera lutut membuatnya tidak bisa bermain untuk partai selanjutnya. Kegagalannya di Piala Dunia 1966 membuatnya pensiun dari timnas. Namun pada 1970, dia kembali lagi membela Brasil di Piala Dunia. Hasilnya, Brasil meraih koleksi ke-3 gelar juara Piala Dunia. 

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓