Sukses


Susunan Pemain dengan Nilai Transfer Termahal di Dunia

Bola.com - Sejumlah klub top di Eropa tak segan-segan menggelontorkan dana besar demi mendapatkan pemain yang diinginkan pada bursa transfer musim panas. Tak heran jika rekor transfer kerap tercipta, dan seorang pesepak bola menyandang status pemain termahal di dunia.

Christian Vieri merupakan pemain pertama yang memecahkan rekor transfer di era milenium. Bomber asal Italia itu dibeli Inter Milan dari Lazio dengan banderol 32,1 juta poundsterling atau setara dengan Rp 566 miliar pada musim 1999-2000.

Namun semusim kemudian, nilai Vieri dipecahkan oleh Luis Figo. Mantan gelandang timnas Portugal itu dilabeli pemain termahal di dunia pada musim 2000-2001, setelah dipinang Real Madrid dari Barcelona dengan mahar 37 juta poundsterling (Rp 652 miliar).

Kini, status pemain termahal di dunia disandang oleh Paul Pogba. Penggawa timnas Prancis itu ditebus Manchester United dari Juventus dengan banderol 89 juta pounds (Rp 1,5 triliun) pada bursa transfer awal musim ini.

Harga tersebut membuat Pogba mengalahkan banderol Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid. Bale digaet Madrid dari Spurs dengan harga 85 juta pounds (Rp 1,4 triliun) pada 2013.

Tak hanya Bale dan Paul Pogba, beberapa pesepak bola juga mendapatkan label sebagai pemain dengan nilai transfer termahal di dunia. Bahkan mampu menciptakan formasi 4-2-3-1 yang diisi para pemain bintang.

Berikut ini 11 pemain termahal di dunia mulai dari kiper, bek, gelandang, hingga penyerang:

2 dari 5 halaman

Kiper

Kiper: Gianluigi Buffon

Kapten timnas Italia tersebut diboyong Juventus dari Parma pada musim panas 2001. Demi bisa meminang Buffon dari Parma, manajemen I Bianconeri tak segan-segan mengeluarkan dana 32,6 juta pounds (Rp 567 miliar). Nilai tersebut membuat Gianluigi Buffon menjadi kiper dengan nilai transfer termahal di dunia hingga saat ini.

Dana besar yang dikeluarkan Juve mampu ditebus Buffon dengan prestasi gemilang. Dia sukses mengantarkan La Vecchia Signora merengkuh 14 gelar juara, termasuk tujuh trofi Serie A.

3 dari 5 halaman

Pemain Bertahan

Bek kanan: Lilian Thuram

Sama seperti Buffon, Thuram juga digaet Juventus dari Parma pada 2001. Dana 22 juta pounds (Rp 383 miliar) harus dikeluarkan Juve untuk mengamankan jasa eks bek timnas Prancis itu. Namun ketika I Bianconeri harus terdegradasi ke Serie B akibat skandal Calciopoli, Thuram memilih hengkang ke Barcelona pada 2006.

Bek tengah: David Luiz

Menjadi sosok penting di lini belakang Chelsea membuat Paris Saint-Germain kepincut meminang Luiz. Setelah mengeluarkan dana 50 juta pounds (Rp 881 miliar), PSG berhasil memboyong pemain asal Brasil itu ke Parc des Princes pada 13 Juni 2014.

Harga tersebut membuat Luiz menjadi bek dengan nilai transfer termahal di dunia. Tetapi setelah tiga musim membela PSG, David Luiz kembali ke Chelsea pada musim panas tahun ini. The Blues meminang Luiz dari Les Parisiens dengan mahar 30 juta pounds (Rp 528 miliar).

Bek tengah: John Stones

Manajer anyar Manchester City, Pep Guardiola, kepincut dengan performa apik John Stones di Everton. Setelah menggelontorkan dana hingga 47,5 juta pounds, Stones resmi bergabung ke Man City. Harga tersebut membuat pemain asal Inggris itu menjadi salah satu pembelian termahal The Citizens.

Bek kiri: Luke Shaw

Shaw diboyong Manchester United ke Old Trafford pada 27 Juni 2014. MU harus mengucurkan dana 28 juta poundsterling untuk menebus Luke Shaw dari Southampton.

Sayang pada musim lalu karier Shaw tak terlalu bersinar. Cedera patah kaki saat menghadapi PSV Eindhoven pada fase grup Liga Champions membuatnya harus beristirahat total dan hanya tampil dalam delapan laga pada musim 2015-2016.

4 dari 5 halaman

Gelandang

Gelandang tengah: Paul Pogba

Berhasil membawa Juventus meraih delapan gelar juara membuat Manchester United tertarik memulangkan Pogba. Dana 89 juta pounds dikeluarkan manajemen MU demi bisa kembali menggaet pemain 23 tahun tersebut. Pogba pun telah dua kali membela Setan Merah pada musim ini dan tampil cukup memuaskan.

Gelandang tengah: James Rodriguez

James tampil ciamik ketika membela timnas Kolombia di Piala Dunia 2014. Dia berhasil mencetak enam gol sekaligus menyandang status sebagai top scorer.

Performa apiknya itu membuat klub-klub besar di Eropa tertarik meminangnya. Real Madrid yang akhirnya mendapatkan jasa James setelah mengeluarkan dana 63 juta pounds (Rp 1 triliun) pada 22 Juli 2014.

Gelandang serang kanan: Gareth Bale

Bale dibeli Real Madrid dari Tottenham Hotspur pada 1 September 2013 dengan harga 85,3 juta poundsterling. Winger timnas Wales itu pun sempat menyandang status sebagai pemain dengan transfer termahal di dunia, sebelum akhirnya dipecahkan oleh Paul Pogba.

Diboyong dengan harga selangit, Bale mampu membayarnya dengan performa gemilang. Dia berhasil mencetak 60 gol dari 125 pertandingan bersama Madrid. Bukan hanya itu, Gareth Bale juga membawa Madrid meraih lima gelar juara, termasuk dua trofi Liga Champions.

Gelandang serang tengah: Neymar

Bintang timnas Brasil itu resmi berseragam Barcelona pada 24 Mei 2013. Neymar dipinang Barca dari Santos dengan harga yang kabarnya mencapai 73,7 juta pounds (Rp 1,2 triliun). Dia pun menjadi salah satu pemain Amerika Selatan dengan nilai transfer termahal di dunia.

Sejak berseragam Los Cules, karier Neymar terus melesat bak roket. Pemain 24 tahun tersebut berhasil mencetak 85 gol dari 141 laga, dan membawa El Barca meraih tujuh trofi juara, termasuk dua gelar La Liga dan satu Liga Champions.

Gelandang serang kiri: Cristiano Ronaldo

Karier Ronaldo yang bersinar bersama Manchester United membuat Real Madrid gencar memburu tanda tangannya. Manajemen Madrid pun tak segan mengeluarkan dana hingga 80 juta pounds (Rp 1,3 triliun) untuk menggaet CR7 pada 2009.

Ronaldo pun mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya bersama El Real. Selama hampir delapan musim memperkuat Madrid, kapten timnas Portugal itu mencetak 364 gol, serta mempersembahkan delapan titel juara.

5 dari 5 halaman

Penyerang

Penyerang: Gonzalo Higuain

Mencetak 38 gol dari 42 pertandingan bersama Napoli pada musim lalu membuat Higuain diincar banyak klub Eropa salah satunya adalah Juventus. Setelah melakukan pendekatan, Juve akhirnya mendapatkan tanda tangan Higuain dengan banderol 75,3 juta pounds (Rp 1,3 triliun).

Nilai itu menjadikan penyerang timnas Argentina tersebut sebagai pembelian termahal I Bianconeri. Selain itu, Gonzalo Higuain juga menyandang status sebagai pemain dengan nilai transfer termahal di Serie A.

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Transfer Pemain

Video Populer

Foto Populer