Sukses


Catatan Barcelona Tanpa Lionel Messi di Liga Champions

Bola.com, Barcelona - Barcelona akan menjajal kekuatan Borussia Moenchengladbach pada laga matchday kedua Liga Champions di Borussia-Park, Rabu (28/9/2016) atau Kamis dini hari WIB. Los Cules dipastikan tak diperkuat Lionel Messi dalam laga tersebut karena cedera.

Tak bisa dimungkiri, kehadiran Lionel Messi sejak 2004 hingga saat ini memiliki peran penting di Barcelona. Pemain asal Argentina itu berhasil mempersembahkan 30 trofi di berbagai ajang.

Tak hanya koleksi trofi, Messi juga berhasil menjadi mesin gol Barcelona. Pemain berjuluk La Pulga itu sukses mencetak 464 gol dalam 541 penampilannya di berbagai ajang.

Mengacu pada torehan tersebut, wajar bila ditarik kesimpulan jika Messi adalah kunci Barcelona dalam meraih kesuksesan. Bahkan, sempat ada stigma jika tanpa Messi, mustahil Blaugrana bisa meraih kesuksesan.

Namun, Messi nyata tak melulu menjadi kunci dari Barcelona. Tanpa Messi, pada kenyataannya di lapangan Barcelona tetap mampu meraih kemenangan. Bahkan, absennya Messi seakan tak mengubah apapun dalam penampilan klub asal Catalan itu.

Bersama Lionel Messi, Barcelona sudah memainkan 98 laga di Liga Champions, dengan rincian 60 kemenangan, 23 hasil imbang, dan 15 kekalahan. Jumlah tersebut membuat persentase kemenangan Barcelona bersama Messi di Liga Champions mencapai 61,2 persen.

Sementara itu, Barcelona sudah mencatatkan 34 laga Liga Champions tanpa Messi. Kubu Camp Nou tetap tampil apik dengan meraih 22 kemenangan, delapan kali imbang, dan empat kekalahan. Dengan demikian, persentase kemenangan Barcelona tanpa Messi di Liga Champions mencapai 64,7 persen.

Berkaca pada statistik tersebut, Barcelona tak perlu khawatir jika Messi absen atau pada akhirnya hengkang. Sebab, pada kenyataannya mereka tetap mampu tampil mengesankan.

Messi saat ini sedang menjalani pemulihan cedera paha yang dialaminya. Pemain tahun itu diprediksi baru bisa kembali bermain pada pertengahan Oktober 2016.

Sumber: Opta

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer