Sukses


Hanya Menjabat 67 Hari, Sam Allardyce Dicopot dari Timnas Inggris

Bola.com, London - Sam Allardyce hanya 67 hari menjabat manajer timnas Inggris. Fedarasi Sepak Bola Inggris (FA) mencopot Big Sam dari tugasnya sebagai arsitek The Three Lions karena terlibat skandal transfer pemain.

Kasus ini berawal dari rekaman video jurnalis The Telegraph yang tengah melakukan investigasi kasus korupsi dan penyuapan di sepak bola Inggris. Salah satu sosok yang menjadi target investigasi adalah Sam Allardyce.

Wartawan The Telegraph tersebut menyamar sebagai seorang pebisnis yang mewakili perusahaan dari Timur Tengah. 'Pebisnis' tersebut ingin mengetahui cara mengakali peraturan kepemilikan pemain dari pihak ketiga (Third Party Ownership).

Allardyce pun memberikan cara ilegal agar bisa menghindari aturan kepemilikan pihak ketiga yang telah dilarang oleh FA sejak musim 2008-2009. Bukan hanya itu, mantan pelatih Sunderland itu diklaim tahu siapa saja agen pemain yang dapat "memainkan" aturan tersebut.

Atas jasanya itu, Sam Allardyce menerima bayaran 400 ribu poundsterling atau setara dengan Rp 6,7 miliar. Rekaman video percakapan Allardyce dengan jurnalis The Telegraph itu tersebar luar ke publik.

FA langsung melakukan penyelidikan dan meminta bukti rekaman tersebut. Akhirnya, FA memutuskan mencopot pria 61 tahun tersebut dari jabatannya sebagai manajer timnas Inggris.

"Dia mengakui telah membuat kesalahan dan telah meminta maaf. Namun, karena kesalahan ini bersifat serius, FA dan Allardyce telah sepakat untuk mengakhiri kontrak kerja sama dengan segera," bunyi pernyataan resmi FA.

"Ini bukan keputusan yang mudah untuk diambil, namun prioritas FA adalah melindungi kepentingan yang lebih luas dari permainan dan mempertahankan standar tertinggi perilaku dalam sepak bola."

Sam Allardyce mulai menjabat sebagai manajer timnas Inggris pada 22 Juli 2016. Dia menggantikan peran Roy Hodgson yang memutuskan mundur usai gagal membawa skuat Tiga Singa berjaya di Piala Eropa 2016.

Allardyce baru sekali memimpin Inggris, yakni menghadapi Slovakia dalam laga perdana Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 pada 4 September 2016. Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Antona Malatinskeho tersebut, Inggris menang 1-0 berkat gol Adam Lallana menit ke-90+5.

Sayang, karier Big Sam bersama The Three Lions berlangsung singkat. Hanya berselang 67 hari dari penunjukannya, Allardyce harus meninggalkan jabatan manajer timnas Inggris. Posisi manajer Inggris untuk sementara diisi Gareth Southgate.

Sumber: FA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer