5 Fakta Menarik Usai Manchester United Lumat Fenerbahce

Oleh Arinaldo Habib Pratama pada 21 Okt 2016, 19:44 WIB
Diperbarui 21 Okt 2016, 19:44 WIB
Manchester United
Manchester United berhasil meraih kemenangan 4-1 atas Fenerbahce pada matchday ketiga Grup A Liga Europa di Old Trafford, Kamis (20/10/2016) malam waktu setempat. (Reuters/Jason Cairnduff)

Bola.com, Manchester - Manchester United meraih kemenangan 4-1 atas Fenerbahce pada matchday ketiga Grup A Liga Europa di Old Trafford, Kamis (20/10/2016) malam waktu setempat. Sejumlah fakta menarik tercipta usai duel ini. 

Pada pertandingan tersebut, Paul Pogba menjadi pusat perhatian dengan mencetak dua gol. Pogba mengukir namanya di papan skor pada menit ke-31 dan 45+1'.

Selain itu, sepasang gol Setan Merah juga dicetak Anthony Martial menit ke-34 dan Jesse Lingard menit ke-48. Sedangkan gol tunggal Fenerbahce disarangkan mantan bomber MU, Robin van Persie, pada menit ke-83.

Meski membobol gawang eks klubnya, Van Persie mendapatkan sambutan hangat dari pendukung Manchester United. Sebab, bomber asal Belanda itu turut membantu The Red Devils meraih gelar Premier League 2012-2013. 

Selepas pertandingan, beberapa hal menarik terjadi. Berikut ini, Bola.com rangkum lima fakta menarik usai laga Manchester United melawan Fenerbahce. 

2 dari 6 halaman

Gol Pertama Robin van Persie di Old Trafford Sejak 2015

20161021-Liga-Eropa---MU-vs-Feebanche--Reuters5
Aksi penyerang Fenerbahce, Robin Van Persie yang berhasil mencetak gol satu-satunya untuk timnya pada pertandingan Liga Eropa, Manchester, Inggris (20/10). Fenerbahce sebagai tim tamu harus kecewa dengan kekalahan 4-1. (Reuters/Jason Cairnduff)

1. Gol pertama Robin van Persie di Old Trafford sejak 2015

Bagi bomber 33 tahun tersebut, golnya ke gawang Manchester United adalah yang perdana di Old Trafford setelah terakhir kali terjadi pada 11 Februari 2015. Saat itu, RvP mencetak gol menit ke-82, sekaligus membawa MU menang 3-1 atas Burnley pada laga lanjutan Premier League 2014-2015.  

Robin van Persie pernah membela Manchester United dari 2012 hingga 2015. Selama tiga musim berseragam The Red Devils, Van Persie berhasil mencetak 58 gol dari 105 pertandingan di seluruh ajang kompetisi. Dia juga turut membantu MU meraih trofi Premier League 2012-2013 dan Community Shield 2013. 

3 dari 6 halaman

Paul Pogba Cetak 2 Gol Dalam Satu Pertandingan Sejak 2014

MU vs Fenerbahce
Paul Pogba cetak 2 gol, Manchester United bungkam Fenerbahce dalam laga Grup A Liga Europa di Stadion Old Trafford, Manchester, Jumat (21/10/2016). (Action Images via Reuters/Jason Cairnduff)

2. Paul Pogba cetak 2 gol dalam satu pertandingan sejak 2014

Paul Pogba juga mengukir catatan positif pada laga ini. Gelandang timnas Prancis tersebut berhasil mencetak dua gol, yakni menit ke-31 melalui titik putih dan menit ke-45+1' usai memanfaatkan assist dari Wayne Rooney. 

Bagi Pogba, perlu dua tahun untuk bisa kembali mencetak dua gol dalam satu pertandingan. Terakhir kali dia menorehkan sepasang gol pada 22 November 2014 ketika masih berseragam Juventus. 

Berkat dua golnya menit ke-24 dan 64', Juve berhasil meraih kemenangan 3-0 atas Lazio di Stadion Olimpico, dalam laga lanjutan Serie A 2014-2015. 

4 dari 6 halaman

Tribun Old Trafford Penuh Bintang

Sir Alex Ferguson
Sir Alex Ferguson dan Sam Allardyce (tengah atas) (Reuters/Jason Cairnduff)

3. Tribun Old Trafford penuh bintang

Meskipun Liga Europa disebut sebagai kompetisi kasta kedua Eropa, namun nyatanya pertandingan Manchester United kontra Fenerbahce membuktikan hal sebaliknya.

Menurut laporan Give Me Sport, banyak figur penting yang menyaksikan langsung pertandingan ini, seperti mantan manajer MU, Sir Alex Ferguson, eks pelatih Everton, Roberto Martinez, mantan manajer timnas Inggris, Sam Allardyce, dan gelandang MU, Henrikh Mkhitaryan, yang masih dibekap cedera.

5 dari 6 halaman

Kursi Penonton Old Trafford yang Terisi Penuh

Paul Pogba
Gelandang anyar Manchester United, Paul Pogba, menyapa fans usai laga Liga Premier Inggris melawan Southampton di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Sabtu (20/8/2016). Laga ini menjadi debut kembalinya Pogba bersama MU. (AFP/Oli Scarff)

4. Kursi penonton Old Trafford yang terisi penuh

Berdasarkan data di situs resmi Manchester United, jumlah penonton yang menyaksikan laga MU melawan Fenerbahce adalah 75.180 orang. Jumlah ini jauh lebih besar, dibandingkan laga kandang pertama di Liga Europa melawan Zorya, di mana jumlah penonton di Old Trafford hanya mencapai angka 58.179.

6 dari 6 halaman

Terciptanya Rekor Tendangan Penalti oleh Manchester United

Manchester United
Manchester United Vs Fenerbahce (AP Photo/Dave Thompson)

5. Terciptanya rekor tendangan penalti oleh Manchester United

Dua penalti yang terjadi pada laga ini memiliki daya tarik sendiri. Penalti yang sukses dieksekusi oleh Pogba dan Martial terjadi hanya berselang dua menit, yakni pada menit ke-31 dan 34'.

MU mendapatkan hadiah penalti yang pertama setelah pemain Fenerbahce, Simon Kjaer, melanggar Juan Mata di kotak terlarang. Sementara itu, tendangan penalti yang kedua didapat usai Martial dilanggar oleh Sener Ozbayrakli.

Sebelum ini, Manchester United juga menjalani pertandingan dengan dua penendang penalti yang berbeda, yakni kontra Stoke City pada 31 Januari 2012. MU menang 2-0 setelah Dimitar Berbatov dan Javier Hernandez mencetak gol melalui titik putih. 

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓