Hasil Grup C Piala Afrika: Juara Bertahan Tersingkir

Oleh Aditya Wicaksono pada 25 Jan 2017, 05:00 WIB
Diperbarui 25 Jan 2017, 05:00 WIB

Bola.com, Oyem - Pantai Gading dipastikan gagal mempertahankan status juara Piala Afrika setelah gagal melaju ke fase knockout akibat takluk dari Maroko dengan skor 0-1 dalam laga yang berlangsung di Stade d'Oyem, Gabon. 

Pantai Gading yang baru mengoleksi dua poin membutuhkan kemenangan ketika berjumpa Maroko pada laga pamungkas Grup C Piala Afrika. Sejak awal laga, skuat asuhan Michel Dussuyer tersebut langsung mencoba untuk menghasilkan gol.

Namun usaha mereka melalui Wilfried Zaha dan Salomon Kalou gagal membuahkan hasil. Ketika paruh pertama berakhir, Maroko berhasil menahan Pantai Gading dengan skor imbang tanpa gol.

Memasuki paruh kedua, Pantai Gading melanjutkan usaha mereka untuk membobol gawang Maroko. Namun petaka untuk Pantai Gading datang pada menit ke-64 ketika serangan yang dibangun Maroko menghasilkan gol.

Rachid Alioui tampil sebagai pahlawan Maroko setelah tendangannya dari jarak 25 meter menembus gawang Pantai Gading yang dikawal Sylvain Gbohouo. Gol tersebut meruntuhkan mental para pemain Pantai Gading. Hingga laga berakhir, Pantai Gading gagal mencetak gol balasan meskipun mampu mendominasi penguasaan bola dengan persentase mencapai 66 persen.

Maroko melaju ke fase knockout Piala Afrika 2017 dengan status runner up Grup C, menemani Republik Demokratik Kongo yang pada lainnya menumbangkan Togo dengan skor 3-1.

Pencapaian yang diperoleh Rep. Demokratik Kongo menjadi satu di antara kejuatan pada perhelatan Piala Afrika 2017. Skuat asuhan Florent Ibenge tersebut mampu mengungguli dua tim unggulan di Grup C, yaitu Pantai Gading dan Maroko.

Sumber: CAFonline

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini