Sukses


5 Pemain Bintang Anyar di Liga Super China 2017

Bola.com, Beijing - Bursa transfer Liga China 2017 telah berakhir, Selasa (28/2/2017). Sejumlah pemain top dunia berdatangan, seperti Oscar dan Carlos Tevez.

Dalam dua musim terakhir, Liga Super China menjadi magnet kuat bagi pemain-pemain bintang dunia. Tawaran gaji selangit menjadi satu di antara faktor pendukung kepindahan mereka ke Negeri Tirai Bambu.

Namun, tetap saja ada pemain yang enggan hengkang ke China. Diego Costa memutuskan bertahan di Chelsea meski dilirik Tianjin Quanjian, sama halnya dengan Wayne Rooney yang tak ingin meninggalkan Manchester United.

Sebelum Oscar dan Tevez, beberapa pesepak bola kelas dunia sudah lebih dulu hengkang ke China, antara lain Hulk, Jackson Martinez, Ramires, Gervinho dan Graziano Pelle.

Berikut ini adalah lima transfer top Liga Super China 2017:

2 dari 6 halaman

1. Oscar

Kritik pedas dan komentar miring tak menghalangi keputusan Oscar hengkang ke China. Shanghai SIPG merekrut dia dengan banderol 60 juta pounds (Rp 984 miliar).

Jatah bermain reguler yang minim, menurut Oscar, menjadi alasannya meninggalkan Chelsea. Namun, tidak sedikit kalangan yang beranggapan gelandang asal Brasil itu mata duitan.

Pasalnya, Shanghai SIPG menggaji Oscar sebesar 350 ribu pounds (Rp 5,7 miliar) per pekan. Di klub barunya, dia bereuni dengan rekan senegaranya, Ramires, dan mantan manajer Chelsea, Andre Villas-Boas.

3 dari 6 halaman

2. Carlos Tevez

Setelah meningglkan Juventus, Tevez digosipkan masuk radar sejumlah klub Premier League pada musim panas 2015. Akan tetapi, dia memilih kembali ke mantan klubnya, Boca Juniors.

Gagal bersinar bersama Boca Juniors, Tevez menerima tawaran bergabung dengan Shanghai Shenhua pada Januari 2017. Disinyalir, bomber asal Argentina itu digaji 615 ribu pounds (Rp 10 miliar) per minggu.

4 dari 6 halaman

3. Axel Witsel

Witsel bergabung dengan Tianjin Quanjian yang merupakan klub promosi Liga Super China 2017. Kabarnya, dia mendapat gaji mencapai 300 ribu pounds (Rp 4,9 miliar) tiap pekan.

Gelandang timnas Belgia itu sebetulnya memiliki peluang berkarier di Serie A. Pasalnya, Juventus telah mengincar dia sejak musim panas lalu.

Akan tetapi, Witsel lebih memilih hijrah ke Tianjin Quanjian. Dia bakal dilatih mantan bek Juventus dan timnas Italia, Fabio Cannavaro.

5 dari 6 halaman

4. John Obi Mikel

Sebelum Oscar, Mikel telah lebih dulu memutuskan hijrah setelah 10 musim memperkuat Chelsea. Dia tak masuk rencana skuat manajer Antonio Conte lantaran kalah bersaing dengan Nemanja Matic, N'Golo Kante dan Cesc Fabregas.

Dengan status bebas transfer, Mikel hijrah ke Tianjin TEDA yang finis di posisi ke-11 klasemen akhir Liga Super China 2016. Gelandang asal Nigeria itu mengaku ingin mencari tantangan baru.

"Seperti yang Anda tahu, saya tidak banyak bermain musim ini seperti keinginan saya. Saya masih berusia 29 tahun dan memiliki banyak waktu bermain. Dengan pikiran ini, saya merasa ini saatnya untuk mencari tantangan baru," ujar Mikel.

6 dari 6 halaman

5. Alexandre Pato

Sama seperti Witsel, mantan striker AC Milan itu hijrah ke Tianjin Quanjian setelah hanya setengah musim memperkuat Villarreal. Dia dibeli dengan banderol 15,4 juta pounds (Rp 253 miliar).

Pada Januari 2016, Pato sempat memperkuat Chelsea dengan status pinjaman dari Corinthians. Villarreal membeli pemain berusia 27 tahun itu dari Corinthians dengan banderol 2,5 juta pounds (Rp 41 miliar)

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer