3 Talenta Hebat dari Tim yang Ditaklukkan Manchester United

Oleh Nurfahmi Budi pada 27 Mei 2017, 11:57 WIB
Diperbarui 27 Mei 2017, 11:57 WIB
Youri Tielemans
Youri Tielemans

Bola.com, Manchester - Manchester United meraih trofi juara Liga Europa 2016-2017 setelah menaklukkan Ajax Amsterdam dengan skor 2-0, pada laga final, di Friend Arena, Swedia, tengah pekan lalu. Ada catatan unik menyertai perjalanan Manchester United di Liga Europa, bukan dari kubu Setan Merah, melainkan para lawan yang pernah ditumbangkan.

Sepak terjang Manchester United sepanjang musim ini di pentas Liga Europa menarik perhatian. Mereka menjadi juara dengan status tak terlalu 'digdaya'. Mereka sempat menelan kekalahan dan hasil imbang dari fase grup hingga babak semifinal.

Hasil imbang kontra Anderlecht menjadi catata tersendiri. Paul Pogba dkk lolos, namun yang bersinar adalah Youri Tielemans. Dia menjadi kapten tim di usianya yang belum genap 20 tahun.

Bukan hanya Tielemans, karena beberapa pemain muda justru mencuri perhatian setelah timnya dikalahkan Manchester United. Ada dua pemain yang disebut-sebut calon bintang untuk timnas Jerman dan Belgia.

Berikut tiga pemain muda yang bersinar setelah dikalahkan Manchester United, seperti dilansir Daily Star:

2 dari 4 halaman

Youri Tielemans

Youri Tielemans
Youri Tielemans (Goal)

Tielemans merupakan gelandang tengah andalan Andelecht yang promosi dari akademi tim pada 2013 lalu. Musim ini pemuda 20 tersebut tampil sebanyak 11 pertandingan dan menyumbangkan tiga gol.

Pada saat menjamu Manchester United di leg pertama babak 8 besar (13/4/2017), dia didapuk sebagai kapten tim. Anderlecht berhasil menahan imbang tamunya 1-1 kala itu.

Pada bursa transfer musim panas ini, pemain timnas Belgia tersebut resmi hijrah ke AS Monaco. Juara Ligue 1 tersebut membelinya dengan harga 20 juta euro.

3 dari 4 halaman

Bertrand Traoré

Bertrand Traore
Striker Chelsea yang kini dipinjamkan ke Ajax Amsterdam, Bertrand Traore. (AFP/Emmanuel Dunand)

Traoré merupakan jebolan akademi Chelsea yang tengah dipinjamkan ke Ajax. Penampilannya di final Liga Europa melawan Manchester United mencuri perhatian meski pemuda 21 tahun tersebut gagal mencetak gol.

Berposisi sebagai winger di kanan serangan Ajax, Traoré kerap merepotkan pertahanan Manchester United. Sayang timnya kalah 0-2 dan pulang sebagai runner-up.

Pasa peminjaman Traoré untuk Ajax sudah habis dan mantan pemain timnas U-19 Burkina Faso tersebut kembali ke Chelsea. Chelsea akan mendapatkan keuntungan jika menjual pemain ini ke klub lain karena nilai jualnya naik menjadi 5 juta euro.

4 dari 4 halaman

Amin Younes

Amin Younes Ajax
Penyerang Ajax Amsterdam, Amin Younes (tengah) mendapat pengawalan ketat dari pemain Manchester United, Juan Mata (kiri), pada laga final Liga Europa 2016-2017, di Friends Arena, Solna, Swedia (24/5/2017). (AFP/Soren Anderson)

Younes merupakan bintang masa depan timnas Jerman. Sayap kiri Ajax ini dibeli dari Borussia Mönchengladbach pada 2015 lalu dengan harga murah, yakni 1 juta euro atau sekitar Rp 14 miliar.

Bersama Ajax, pemain 23 tahun tersebut 15 kali di Liga Europa musim ini dan mencetak empat gol. Salah satu golnya terjadi pada semifinal melawan klub Prancis Olympique Lyon dalam kemenangan 4-1 Ajax.

Pada final Liga Europa melawan Manchester United, dia bersama Bertrand Traoré selalu merepotkan lini pertahanan lawan. Dia bisa jadi opsi pembelian klub-klub besar dunia jika ingin mendapatkan left winger dengan harga murah. Menurut data di Transfermarkt, harga beli mantan pemain timnas U-23 Jerman in iberkisar 5 juta euro atau Rp 60 miliar.

(Artikel asli ditulis Risa Kosasih/diedit Jonathan Pandapotan Purba/Liputan6.com)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓