Sukses


Pele dan 7 Pesepak Bola yang Terjun ke Dunia Politik

Bola.com — Dunia politik bukan barang baru bagi sejumlah bintang sepak bola. Bahkan, nama-nama besar sempat, seperti legenda sepak bola Brasil, Pele hingga mantan pemain AC Milan, Andriy Shevcenko, pernah menjajaki berkarier di pemerintahan negara mereka masing-masing.

Beberapa di antaranya ada yang meraih kesuksesan, tetapi ada pula yang kariernya justru meredup saat beralih ke dunia politik. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah sejumlah mantan pesepak bola yang pernah terjun ke dunia politik:

1. Roman Pavlyuchenko

Masih ingat aksi Roman Pavlyuchenko di lapangan? Mantan striker tim nasional Rusia tersebut menghabiskan empat musim bersama Tottenham Hotspur dan menorehkan 21 gol dari total 78 pertandingan di berbagai ajang.

Kegembiraan striker Tottenham Hotspur Roman Pavlyuchenko (tengah) setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang BSC Young Boys di leg pertama play-off kualifikasi Liga Champions di Stade de Suisse, Bern, Swiss, 17 Agustus 2010. Spurs kalah 2-3.

Akan tetapi, pada saat bersamaan, Roman Pavlyuchenko juga memiliki aktivitas lain, yakni sebagai anggota Partai United Rusia pimpinan Vladimir Putin. Menurut pemberitaan media-media Rusia, salah satu alasannya terjun ke dunia politik di Rusia karena masalah krisis global yang memengaruhi pendapatannya bersama Tottenham Hotspur.

2. Marc Wilmots

Pelatih tim nasional Belgia, Marc Wilmots.

Marc Wilmots terjun ke dunia politik setelah memutuskan pensiun setelah melatih tim nasional Belgia pada 2003. Saat itu, ia terpilih menjadi anggota Senat Perlemen Belgia dari perwakilan Partai Liberal Mouvement Reformateur. Namun, kariernya Marc Wilmots hanya berlangsung singkat karena memutuskan undur diri, dua tahun berselang.

3. Pele

Rekor Pele dilewati Messi. (REUTERS/Lucas Jackson)

Pele adalah legenda sepak bola dunia. Pecinta sepak bola tidak akan pernah lupa kehebatan legenda sepak bola Brasil tersebut saat menggiring bola di lapangan dan keberhasilan mengantarkan skuat Samba meraih gelar Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970.

Pele memulai karier dalam dunia politik setelah didaulat menjadi Menteri Olahraga Brasil, pada 1995 hingga 2001. Ketika itu, salah satu fokus utama Pele adalah menghapus praktik-praktik korupsi dalam dunia persepak bolaan di Brasil. Bahkan, sempat pula muncul sebutan "Hukum Pele" dalam dunia olahraga Brasil.

2 dari 3 halaman

Weah, Zico, dan Rivera

4. George Weah

George Weah memutuskan serius terjun ke dunia politik setelah menjadi calon presiden Liberia pada 2005. Namun, peraih Ballon d'Or 1995 tersebut kalah dari lawan politiknya, Ellen Johnson Sirleaf.

Ketika itu, Ellen Johnson Sirleaf, menyebut salah satu faktor kekalahan George Weah karena mantan pemain AC Milan tersebut tidak memiliki cukup pengalaman di bidang politik. Namun, pada 2014, George Weah kembali bersaing dan mampu menang Robert, putra Ellen Johnson Sirleaf, untuk memperebutkan kursi senat dari Partai Demokrat.

5. Zico

Mantan bintang sepak bola Brasil, Zico, berbicara dalam konferensi pers di Rio de Janeiro, Brasil, Kamis 11 Juni 2015 WIB. Zico ingin mencalonkan diri dalam pemilihan presiden FIFA. (AP Photo / Luiz Lopes)

Karier Zico dalam dunia politik bermula saat ia menjadi Menteri Olahraga Brasil pada masa pemerintaan Fernando Coller de Mello pada 1990-an. Ketika itu, legenda timnas Brasil tersebut dikabarkan memiliki tugas membantu klub-klub sepak bola Brasil menjalankan bisnis secara mandiri. 

6. Gianni Rivera

Selama 19 musim berseragam AC Milan dari 1960 hingga 1979, Gianni Rivera mampu meraih 12 gelar juara.

Bagi suporter AC Milan, Gianni Rivera adalah legenda. Sepanjang kariernya sebagai pemain, pria yang kini berusia 73 tahun tersebut menorehkan 122 gol di ajang Serie A.

Gianni Rivera memulai karier di dunia politik setelah dibawa Silvio Berlusconi pada 1986. Satu tahun berselang, karier politiknya meningkat pesat setelah terpilih menjadi salah satu anggota Parlemen Italia dari perwakilan Partai Demokrat. Rivera pensiun dari dunia politik sejak 2009.

3 dari 3 halaman

Thuram dan Shevchenko

7. Lilian Thuram

Lilian Thuram memang tidak secara langsung terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota. Namun, mantan pemain Juventus tersebut dianggap sebagai salah satu mantan pesepak bola yang memiliki visi besar dalam dunia perpolitikan di Prancis.

Bahkan, pada 2005, Lilian Thuram sempat tampil memukau dalam acara debat televisi bersama mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, yang saat itu masih menjadi pemimpin Partai UMP. Ketika itu, Nicolas Sarkozy, menganggap anak-anak di pemukiman kumuh Prancis sebagai "sampah masyarakat". Lilian Thuram tidak senang dengan komentar tersebut dan ia mampu membalasnya dua tahun berselang.

Setelah terpilih sebagai Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy kemudian menawarkan posisi Menteri Olahraga Prancis kepada Lilian Thuram. Namun, Lilian Thuram menolak tawaran tersebut.

8. Andriy Shevchenko

Andriy Shevchenko (kanan) dengan Joe Hart pada pertandingan Chelsea melawan Manchester City pada 2008. (AFP).

Andriy Shevchenko sudah terjun ke dunia politik sejak 1990-an, saat dirinya masih bermain bersama Dynamo Kiev. Ketika itu, pemain yang juga pernah berkarier bersama Chelsea tersebut menjadi salah satu anggota Partai Sosial Demokrat Ukraina.

Pada 2012, Andriy Shevchenko memutuskan pensiun agar dapat bergabung dengan Parlemen Ukraina. Ia pun sempat berada di peringkat kedua pada Pemilihan Umum Parlemen pada tahun yang sama. Namun, mimpi besar Andriy Shevchenko duduk di parlemen kandas setelah partainya hanya meraup 1,58 persen suara.

Sumber: Goal, Four Four Two

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer