Sukses


Gianluigi Buffon Jadi Kiper karena Timnas Kamerun

Bola.com, Turin - Pemain Juventus, Gianluigi Buffon, menceritakan alasannya memutuskan untuk menjadi kiper ketika berkarier sebagai pesepak bola. Buffon mengaku menjadi kiper setelah menyaksikan timnas Kamerun pada Piala Dunia 1990.

“Ketika saya masih kecil, ada seorang kiper yang mencuri perhatian. Kiper tersebut adalah kiper Kamerun, Thomas N’Kono,” ujar Gianluigi Buffon seperti dilansir dari Football Italia.

“Saya melihat aksi Thomas N’Kono pada Piala Dunia 1990. N’Kono membuat saya jatuh cinta kepada Kamerun. Setelah Italia, Kamerun adalah kesebelasan favorit saya.”

“Ketika Kamerun meraih kemenangan, saya memutuskan untuk menjadi kiper,” ungkap Buffon.

Pada Piala Dunia 1990 yang berlangsung di Italia, Kamerun tampil sebagai tim kejutan. The Indomitable Lions menjadi juara Grup B mengungguli Argentina yang masih diperkuat Diego Maradona.

Setelah itu, Kamerun mengalahkan Kolombia pada babak 16 besar. Namun langkah mereka terhenti pada babak perempat final setelah takluk dari Inggris lewat babak tambahan waktu.

Aksi solid Thomas N’Kono di bawah mistar Kamerun menjadi sorotan utama. Ia pun menjadi inspirasi bagi Gianluigi Buffon untuk menjalani karier sebagai kiper.

Gianluigi Buffon mengisyaratkan menjalani musim terakhir kariernya pada 2017-18. Buffon memutuskan untuk pensiun setelah Piala Dunia 2018.

Sumber: Football Italia

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer