Sukses


12 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United Vs Basel

Bola.com, Manchester - Manchester United akan menghadapi Basel pada laga perdana Grup A Liga Champions di Old Trafford, Selasa (12/9/2017). Meski bermain di kandang sendiri, MU memiliki catatan kurang memuaskan kontra Basel.

The Red Devils telah empat kali bersua Basel pada ajang Liga Champions. Dari empat laga tersebut, MU mampu meraih satu kemenangan, dua hasil imbang, dan menelan satu kekalahan.

Selain itu, Manchester United kerap kesulitan saat menjamu Basel di Old Trafford. Dari dua laga kandang terakhir, MU hanya mampu meraih hasil imbang. Untuk itu, skuat Setan Merah bertekad menyudahi catatan kurang memuaskan tersebut.

Memiliki tren bagus pada laga kandang, Manchester United diprediksi tidak akan kesulitan mendulang tiga poin. Sebab, dari 31 pertandingan terakhir di seluruh ajang kompetisi yang berlangsung di Old Trafford, MU meraih 20 kemenangan dan 11 hasil imbang.

Kendati begitu, Basel harus tetap diwaspadai. Klub berjuluk RotBlau tersebut kerap tampil mengejutkan, khususnya ketika menghadapi klub-klub besar di Liga Champions.

Berikut ini adalah data dan fakta menarik jelang laga Manchester United kontra Basel:

Head to head kedua tim:
1. Ini akan menjadi pertemuan kelima antara Manchester United kontra Basel, semuanya terjadi pada ajang Liga Champions. Sejauh ini, kedua klub sama-sama memetik satu kemenangan dan dua laga sisa berakhir imbang.

2. Basel tak terkalahkan ketika melawat ke markas Manchester United di Old Trafford. Mereka berhasil menahan MU dalam dua laga tandang terakhir, yakni 1-1 pada Maret 2003, dan bermain 3-3 pada September 2011.

2 dari 3 halaman

Fakta Manchester United

1. Ini adalah keikutsertaan Manchester United yang ke-21 pada ajang Liga Champions. MU menjadi klub Inggris yang paling sering tampil di turnamen elite antarklub Eropa tersebut. Mereka hanya kalah dari Real Madrid, Barcelona, dan FC Porto (22 kali).

2. Di antara klub-klub Inggris, koleksi trofi Manchester United di Liga Champions hanya kalah dari Liverpool. MU mengoleksi tiga gelar, sedangkan The Reds meraih lima titel juara.

3. Dari 20 penampilan sebelumnya di Liga Champions, MU tercatat 16 kali lolos ke fase knock-out. Akan tetapi, mereka belum berhasil lolos dari fase grup sejak 2013-2014.

4. Paul Pogba hanya mencetak dua gol dari 32 laga di Liga Champions.

5. Manajer Manchester United, Jose Mourinho adalah satu dari lima pelatih yang telah meraih trofi Piala/Liga Champions bersama dua klub berbeda. Sebelumnya ada Ernst Happel, Ottmar Hitzfeld, Jupp Heynckes dan Carlo Ancelotti.

6. Jose Mourinho tercatat telah melatih lima klub berbeda pada ajang Liga Champions. Selain Manchester United, Mourinho pernah menangani FC Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid. Hanya Carlo Ancelotti (7), Rafael Benitez dan Claudio Ranieri (6) yang melatih lebih banyak klub dibandingkan Mourinho.

3 dari 3 halaman

Fakta FC Basel

1. FC Basel akan mencatatkan penampilan kedelapan di Liga Champions. Jumlah itu enam kali lebih banyak dibandingkan klub Swiss lainnya (Grasshopper; 2 kali).

2. Basel tidak pernah lolos lebih jauh dari 16 besar Liga Champions. Mereka pernah lolos ke-16 besar Liga Champions pada musim 2011-2012 dan 2014-2015.

3. FC Basel tidak pernah menang dalam 10 pertandingan terakhir di Liga Champions (4 imbang; 6 kalah). Itu adalah catatan terpanjang Basel tidak pernah menang pada ajang ini. Basel tidak pernah mencetak lebih dari satu gol dalam 10 laga tersebut.

4. Ini adalah penampilan perdana pelatih Basel, Raphael Wicky, di Liga Champions. Sebagai pemain, Wicky pernah tampil dalam empat pertandingan bersama Hamburg SV pada musim 2006-2007, dan berakhir dengan kekalahan.

Sumber: BBC

Video Populer

Foto Populer