Paul Pogba dan 5 Bintang yang Absen pada Jeda Internasional

Oleh Tyo Harsono pada 03 Okt 2017, 18:51 WIB
Diperbarui 03 Okt 2017, 18:51 WIB
Paul Pogba
Paul Pogba (dok. Manchester United)

Bola.com — Gelandang Manchester United,Paul Pogba, menderita cedera hamstring saat menang 3-0 atas FC Basel pada Matchday 1 Liga Champions 2017-2018, 12 September 2017. Akibat cedera tersebut, Pogba absen membela timnas Prancis.

Saat itu, Pogba hanya bertahan di atas lapangan selama 19 menit. Gelandang 24 tahun itu menderita sakit di bagian kakinya dan tidak dapat melanjutkan pertandingan.

Posisi Pogba digantikan dengan Marouane Fellaini. Setelah pertandingan, tim medis Manchester United segera melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Pogba.

Hasilnya, Pogba diperkirakan harus menepi minimal selama tiga pekan. Alhasil, mantan gelandang Juventus itu melewatkan laga timnas Prancis saat melawat ke kandang timnas Bulgaria di Stadion Nasional Vasil Levski (7/10) dan menjamu timnas Belarusia di Stade de France tiga hari berselang pada Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Akan tetapi, absennya Pogba tidak akan terlalu berpengaruh untuk timnas Prancis. Pasalnya, skuat asuhan Didier Deschamps hanya butuh empat poin untuk memastikan lolos langsung ke Piala Dunia 2018.

Selain itu, Les Bleus memiliki beberapa opsi pemain yang dapat menggantikan posisi Pogba. Beberapa di antaranya adalah Blaise Matuidi, N'Golo Kante, dan Moussa Sissoko.

Paul Pogba bukanlah satu-satunya pesepak bola yang harus absen pada jeda internasional Oktober 2017. Beberapa pemain juga tidak bisa memperkuat timnasnya masing-masing karena menderita cedera.

Lantas, siapa saja pemain yang absen pada jeda internasional Oktober 2017? Berikut ini Bola.com merangkum lima di antaranya:

2 dari 5 halaman

Gareth Bale (Wales)

Winger Real Madrid, Gareth Bale
Winger Real Madrid, Gareth Bale cetak gol ke gawang Borussia Dortmund (Foto: Real Madrid)

Sejatinya, pelatih timnas Wales, Chris Coleman, memanggil Gareth Bale, untuk laga menghadapi timnas Georgia di Boris Paichadze Dinamo Arena (6/10) dan timnas Republik Irlandia di Cardiff City Stadium tiga hari berselang pada Kualifikasi Piala Dunia 2018. Namun, Coleman memutuskan mencoret nama Bale karena alasan cedera.

Bale menderita cedera otot ketika Real Madrid menang 3-1 atas Borussia Dortmund di Signal Iduna Park pada Matchday 2 Grup H Liga Champions, 26 September 2017. Saat itu, eks pemain Tottenham itu digantikan Lucas Vazquez lima menit jelang pertandingan usai.

Akibat cedera tersebut, Bale tidak dapat membela Real Madrid ketika menang 2-0 atas Espanyol di Santiago Bernabeu lima hari berselang. Pemain 28 tahun itu juga hampir tidak mungkin pulih tepat waktu untuk tampil bersama timnas Wales.

Absennya Bale merupakan kerugian besar untuk timnas Wales. Pasalnya, dia adalah pemain andalan The Dragons dan mereka harus menghadapi partai krusial kontra timnas Irlandia Utara.

3 dari 5 halaman

Romelu Lukaku dan Marouane Fellaini (Belgia)

Marouane Fellaini - Romelu Lukaku
Marouane Fellaini dan Romelu Lukaku dikabarkan mengalami cedera. (AP/Martin Rickett)

Manchester United dan timnas Belgia mendapatkan kabar buruk karena dua pemain mereka, Romelu Lukaku dan Marouane Fellaini, mengalami cedera. Keduanya menderita cedera yang sama, pada pergelangan kaki kiri.

Baik Lukaku maupun Fellaini menderita cedera ketika mengikuti sesi latihan timnas Belgia. Saat itu, mereka tengah bersiap menghadapi timnas Bosnia di Stadion Grbavica (7/10) dan timnas Siprus di Stadion King Baoudouin tiga hari berselang.

Meski begitu, cedera yang dialami Lukaku dan Fellaini tidak akan terlalu memengaruhi timnas Belgia. Hal itu karena mereka telah memastikan lolos langsung ke Piala Dunia 2018.

Manchester United akan menjadi pihak yang dirugikan atas cedera Lukaku dan Fellaini. Pasalnya, kedua pemain itu merupakan andalan manajer Jose Mourinho.

4 dari 5 halaman

Alvaro Morata (Spanyol)

FOTO: Manchester City Bungkam Chelsea di Stamford Bridge
Striker Chelsea, Alvaro Morata, berusaha melewati hadangan pemain Manchester City pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Sabtu (30/9/2017). Chelsea kalah 0-1 dari City. (AFP/Ian Kington)

Alvaro Morata menjalani proses adaptasi dengan baik di Chelsea. Pada awal musim 2017-2018, Morata telah mencetak tujuh gol dari sembilan pertandingan di semua ajang.

Hal itu membuat Morata digadang-gadang akan menjadi penyerang utama timnas Spanyol. Bukan tanpa alasan, La Furia Roja tengah kekurangan penyerang tajam. Terlebih, Diego Costa yang biasa menjadi ujung tombak hampir tidak pernah bertanding.

Akan tetapi, Morata justru menderita cedera parah ketika tengah berada dalam puncak performa. Mantan pemain Real Madrid itu diperkirakan harus absen selama dua bulan.

Cedera itu tidak hanya menjadi kerugian untuk Chelsea, tetapi juga timnas Spanyol. La Furia Roja butuh kemenangan untuk mengamankan tiket lolos langsung ke Piala Dunia 2018 dari kejaran timnas Italia saat bersua timnas Albania di Stadion Rico Perez (6/10) dan timnas Israel di Sammy Ofer Stadum tiga hari berselang.

5 dari 5 halaman

Sergio Aguero (Argentina)

Premier League, Manchester City, Crystal Palace
Striker Manchester City, Sergio Aguero, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Crystal Palace pada laga Premier League di Stadion Etihad, Sabtu (23/9/2017). Manchester City menang 5-0 atas Crystal Palace. (AFP/Oli Scarff)

Karier Sergio Aguero sempat mengalami penurunan pada akhir musim 2016-2017. Hal tersebut membuat Aguero tersingkir dari timnas Argentina.

Akan tetapi, Aguero kembali menemukan ketajaman sejak musim 2017-2018 dimulai. Penyerang 29 tahun itu mengoleksi tujuh gol dari delapan pertandingan di semua ajang.

Hal itu membuat pelatih timnas Argentina, Jorge Sampaoli, kembali memanggil Aguero. Akan tetapi, sang pemain justru terlibat kecelakaan lalu lintas sepulang menonton konser di Belanda.

Alhasil, Aguero dikabarkan harus absen selama dua bulan akibat menderita patah tulang rusuk. Hal itu membuatnya tidak dapat membela timnas Argentina saat melawan timnas Peru di Estadio Alberto J. Armando (5/10) dan timnas Ekuador di Estadio Olimpico Atahualpa lima hari berselang.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓