Sukses


    Klinsmann Sindir Kegagalan Italia ke Piala Dunia

    Bola.com, Munchen - Legenda Timnas Jerman Jurgen Klinsmann menyindir kegagalan Italia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Italia menjadi satu-satunya juara dunia yang absen pada turnamen akbar empat tahunan itu.

    Italia gagal ke putaran final Piala Dunia setelah bermain imbang tanpa gol melawan Swedia di leg kedua babak play off, 13 November 2017. The Yellow Viking, julukan Swedia, berhak tampil di Rusia berkat keunggulan agregat 1-0.

    Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia menjadi yang pertama kalinya dalam 60 tahun terakhir. Juara dunia empat kali itu gagal mengikuti jejak Brasil, Jerman, Uruguay, Argentina, Inggris, Perancis, dan Spanyol.

    "Kegagalan mereka sangat menyedihkan. Namun, ini merupakan bukti bahwa Anda tidak boleh bersantai di sepak bola," ujar Klinsmann, dikutip dari Corriere della Sera.

    "Ketika Anda melihat Italia dari luar timnya, sudah jelas gagalnya mereka ke Piala Dunia sangat memalukan," ucap mantan striker Inter Milan pada 1989 hingga 1992.

    2 dari 3 halaman

    Pendapat Klinsmann

    Aksi Andrea Barzagli (kiri) saat melawan Swedia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di San Siro stadium, Milan (13/11/2017). Barzagli akhirnya memutuskan pensiun dari timnas Italia usai laga tersebut. (AFP/Marco Bertorello)

    Lebih lanjut, Klinsmann mengatakan, Italia gagal merebut tiket ke Piala Dunia karena terlalu percaya diri menghadapi Swedia di kandangnya sendiri. Ketika itu, leg kedua melawan Swedia berlangsung di San Siro.

    "Ini menunjukkan bahwa semua orang dalam tim, baik itu pelatih, pemain, manajer, dan federasi harus 'melakukan pertengkaran di kapal yang sama' untuk meraih keberhasilan," ujarnya.

    "Ini seperti bencana bagi Italia yang tidak lolos ke Piala Dunia. Namun, itu menjadi panggilan yang luar biasa untuk semua warga negara Italia untuk bangkit," ucap Klinsmann.

    3 dari 3 halaman

    5 Negara Langganan Piala Dunia Absen

    Andrea Barzagli (kanan) memutuskan pensiun usai melawan Swedia. Barzagli pernah merasakan trofi Piala Dunia pada 2006 bersama timnas Italia dan telah tampil sebanyak 73 kali untuk Gli Azzurri. (AFP/Marco Bertolrello)

    Selain Italia, ada empat negara langganan tampil di Piala Dunia juga absen. Mereka adalah Kamerun, Chile, Amerika Serikat, dan Belanda.

    Parahnya, Belanda hanya menempati posisi ketiga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Catatan itu membuat mereka absen pada dua turnamen besar secara berturut-turut. Sebelumnya, Arjen Robben dan kawan-kawan juga gagal lolos ke Piala Eropa 2016.

    Video Populer

    Foto Populer