Sukses


4 Pemain Asia Paling Sukses di Liga Inggris

Bola.com, London - Liga Inggris dalam satu dekade terakhir cukup banyak dihiasi pemain-pemain asal Asia. Masalah ekonomi jadi salah satu faktor yang membuat klub Liga Inggris tertarik untuk merekrut.

Beberapa pemain sengaja dibeli untuk mendongkrak popularitas dan menaikkan penjualan merchandise klub di kawasan Asia. 

Sebut saja Dong Fangzhou. Dia sempat dibeli oleh Manchester United tahun 2004 lalu. Pemain Tiongkok ini cuma sekali main bersama MU. Dia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain.

Kemudian ada dua pemain Arsenal asal Asia yakni Park Chu Young (Korea Selatan) dan Ryo Miyaichi (Jepang). Keduanya tak pernah bisa menembus tim utama.

Namun ada banyak juga pemain Asia yang cukup sukses di Liga Inggris dengan menjadi tumpuan tim dan merasakan gelar juara Liga Inggris. Siapa saja mereka? Berikut tiga pemain Asia paling sukses di Liga Inggris berdasarkan jumlah gol.

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

4. Ki Sung-Yueng

Ki Sung-Yeung (AFP)4. Ki Sung-Yueng

Pemain asal Korea Selatan ini merupakan pemain Swansea City. Pemain yang menempati posisi gelandang ini sudah bermain di Liga Inggris sejak tahun 2012. Ki sempat semusim dipinjamkan Swansea ke Sunderland

Ki cukup sering dimainkan di tim utama Swansea. Musim ini dia sudah bermain 10 kali. Musim terbaik Ki di Liga Inggris terjadi di 2014-2015. Dia main 33 kali dan membuat delapan gol.

Selama tujuh musim berkelana di Liga Inggris, Ki total sudah membuat 13 gol. Dia menempati posisi empat pemain Asia tersubur di Liga Inggris.

3 dari 5 halaman

3. Shinji Okazaki

Shinji Okazaki (AFP)3. Shinji Okazaki

Okazaki merupakan pemain depan Leicester City. Dia sudah bermain di Liga Inggris dari tahun 2015. Sebelumnya pria Jepang itu malang melintang di Liga Jerman.

Pria 31 tahun itu terbilang sukses di Liga Inggris. Okazaki sudah membuat 14 gol dalam dua setengah musim bersama The Foxes.

Okazaki juga ikut membawa Leicester secara mengejutkan menjadi juara Liga Inggris pada musim perdananya. Ketika itu Okazaki membuat lima gol.

4 dari 5 halaman

2. Park Ji-Sung

Park Ji-Sung (AFP)2. Park Ji-Sung

Park Ji-sung pernah main di Liga Inggris bersama dua klub yakni Manchester United dan Queens Park Rangers. Namun bersama MU, Park meraih kesuksesan besar.

Park tujuh musim merumput di Old Trafford. Di MU, Park tak sekadar menjadi pendongkrak popularitas klub di Asia. Total 19 gol dibuat pria Korea Selatan tersebut.

Selain itu, Park juga turut merasakan gelar juara Liga Inggris empat kali bersama Setan Merah.

Pindah ke QPR, Park tak sukses. Dia memang main 20 kali, tapi tak ada gol yang bisa dibuat oleh eks pemain PSV Eindhoven tersebut.

5 dari 5 halaman

1. Son Heung-min

Son Heung-min (AFP)1. Son Heung-min

Musim 2017-2018 menjadi musim ketiga Son Heung-min di Liga Inggris. Dia bermain untuk Tottenham Hotspur.

Awalnya banyak yang memperkirakan Son hanya akan jadi pemanis di bangku cadangan saja. Namun Son mampu meruntuhkan keraguan tersebut.

Son jadi andalan utama di lini depan Tottenham. Sejak dibeli dari Bayer Leverkusen, Son sudah bermain 84 kali. Dia juga sangat tajam dengan sumbangsih 26 gol.

Pemain 25 tahun itu merupakan pemain Asia paling subur di Liga Inggris. Jumlah gol Son sudah mengalahkan Park Ji-sung.

Sumber: Liputan6.com

 

 

 

Video Populer

Foto Populer