Sukses


Bos AC Milan: Semoga Gattuso Bertahan 10 Tahun

Milan - Gennaro Gattuso mulai mendapatkan kepercayaan penuh dari petinggi AC Milan usai meraih kemenangan dalam beberapa pertandingan terakhir. Salah satunya datang dari Direktur Olahraga Massimiliano Mirabelli.

Gattuso ditunjuk sebagai pelatih AC Milan pada 27 November 2017, menggantikan Vincenzo Montella. Sebelumnya, pelatih 40 tahun itu menangani tim Primavera klub selama tiga bulan.

“Saya berharap dia bertahan selama 10 tahun. Kami tidak berpikir untuk mengganti Gattuso. Kami membuat keputusan ketika kami menunjuknya sebagai pelatih,” ujar Mirabelli kepada RMC Sport, seperti dilansir Football Italia.

Efek positif Gatusso tidak langsung terlihat. Pada satu bulan pertama kepemimpinannya, I Rossoneri masih terseok-seok. Mereka kalah dari tim-tim yang sejatinya, seperti Atalanta (0-2) dan Hellas Verona (0-3) di Serie A, serta Rijeka (0-2) di Liga Europa.

Rentetan hasil buruk itu sempat memunculkan rumor kalau Gattuso hanya dijadikan pelatih sementara. AC Milan dilaporkan bakal mencari pelatih baru untuk musim depan, dengan Antonio Conte, Carlo Ancelotti, hingga Gian Piero Gasperini masuk pertimbangan.

“Mungkin di mata Anda ini seperti perjudian. Pemilik klub menginstruksikan manajemen untuk menunjuk pelatih terbaik sebagai pengganti Montella. Kami memilih Gattuso karena kami pikir dia bisa bertahan untuk jangka waktu lama,” kata Mirabelli.

Sentuhan tangan Gattuso mulai berbuah manis di penghujung tahun 2017. Dimulai dari kemenangan krusial melawan Inter Milan (1-0) di perempat final Coppa Italia, AC Milan selanjutnya menang tiga kali berturut-turut di Serie A. Teranyar mereka ditahan Udinese (1-1).

“Ini bukan saatnya menyesal. Jalan masih panjang. Saya mengenal Rino (sapaan Gattuso) dan kami yakin dengan kinerjanya. Sebagaimana seorang pria baik, dia juga pelatih berkualitas,” terang Mirabelli.

2 dari 3 halaman

Perkokoh Tim

Gennaro Gattuso (AFP/Carlo Hermann)

Mirabelli menyadari Gattuso belum banyak mengubah nasib AC Milan di papan klasemen. I Rossoneri tetap tertinggal dari rival-rival utama seperti Inter Milan, AS Roma, dan Lazio. Target lolos Liga Champions musim depan masih jauh dari jangkauan. Mereka tertinggal 10 angka di belakang Inter Milan yang berada di urutan empat klasemen.

Namun, direktur yang baru ditunjuk bersamaan dengan pergantian pemilik klub itu yakin Gattuso mampu menjadikan AC Milan sebagai tim yang kokoh.

“Rino menyatukan semuanya kembali dengan cara yang luar biasa. Dia mungkin tidak punya banyak pengalaman sebagai pelatih. Tapi Rino membuktikan kalau dia terlahir sebagai orang yang hebat,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

Tak Senang Dipuji

Mendengar pujian ini, alih-alih senang atau bangga, Gattuso justru marah. Menurutnya, klub sekelas AC Milan seharusnya tidak terdampar di papan tengah klasemen.

“Dengan seragam yang kami pakai dan kualitas pemain, kita perlu berkaca pada posisi di tangga klasemen. Kami bisa lebih baik lagi,” katanya.

“Kami perlu menepikan pujian untuk saat ini, terus bekerja dengan determinasi dan rasa memiliki,” tegas Gattuso. (Abul Muamar)

Video Populer

Foto Populer