Peran Vital Busquets Saat Barcelona Tahan Chelsea

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 21 Feb 2018, 15:05 WIB
Sergio Busquets

Bola.com, London - Lionel Messi menjadi magnet bagi publik setelah mencetak gol penyeimbang kedudukan 1-1 kontra Chelsea, di Stadion Stamford Bridge, Selasa (20/2/2018) waktu setempat. Terlepas dari aksi itu, Sergio Busquets nyatanya memiliki peran vital dalam alur terciptanya gol Barcelona tersebut.

Busquets sejatinya bukanlah sosok kreator gol Messi ke gawang Thibaut Courtois. Namun, pergerakan gelandang Spanyol itu membuat lini tengah Barcelona mampu dengan mudah mengalirkan bola ke lini pertahanan Chelsea.

Menurut Opta, Busquets total mencatat 139 kali mengirimkan bola kepada rekan-rekannya sepanjang pertandingan melawan Chelsea. Dia menorehkan tingkat akurasi yang tinggi, mengingat 128 operan di antaranya diterima dengan baik oleh skuat Barcelona.

Performa gemilang membuat Busquets mencatatkan rekor pribadi. Sepanjang musim 2017-2018, selain dia tidak ada satupun penggawa skuat Catalan yang bisa menorehkan statistik itu dalam sebuah pertandingan di berbagai kompetisi.

Tidak hanya piawai dalam mengalirkan bola, Busquets juga tampil apik ketika mengawal lini pertahanan Barcelona. Sang pemain bisa melakukan enam tekel sukses ketika para penggawa Chelsea menebar ancaman.

Sergio Busquets pun kembali menjadi figur yang paling banyak membuat tekel bersih jika dibandingkan seluruh pemain kedua tim selama laga bergulir.

Sumber: Opta

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini