Sukses


Tanpa Neymar, Ini 3 Alternatif PSG Hadapi Real Madrid

Bola.com, Paris - Paris Saint-Germain (PSG) tidak akan diperkuat Neymar saat menghadapi Real Madrid pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions, di Stadion Parc des Princes, Rabu (7/3/2018). Bagaimana PSG mengatasi masalah tanpa kehadiran bintang Brasil tersebut?

Neymar merupakan pemain kunci di balik performa PSG pada musim ini. Sebelum mengalami cedera, mantan pemain Barcelona itu telah menorehkan 29 gol dan 19 assist dari total 30 pertandingan di berbagai ajang.

Neymar mengalami cedera engkel dan metatarsal saat menghadapi Marseille pada pertandingan lanjutan Ligue 1, akhir pekan lalu. Menurut media-media Eropa, ia diprediksi akan absen selama dua bulan untuk memulihkan cedera tersebut. 

PSG wajib memberikan perhatian khusus kepada Neymar karena cedera tersebut ditengarai bisa memengaruhi kondisi sang pemain di ajang Piala Dunia 2018. Oleh karenanya, PSG dikabarkan akan memberikan waktu maksimal kepada Neymar agar pulih dengan baik. 

Lantas, tanpa Neymar, bagaimana peluang PSG membalikkan keadaan di ajang Liga Champions setelah menyerah 1-3 dari Real Madrid pada pertandingan leg pertama. Berikut ini adalah tiga alternatif yang bisa dilakukan PSG:

2 dari 4 halaman

Di Maria

Angel Di Maria akan menjadi opsi pertama untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Neymar. Mantan pemain Real Madrid itu bisa mengisi tempat dengan formasi andalan Unai Emery, yakni 4-3-3.

Dia juga bisa bermain apabila Unai Emery memutuskan menerapkan empat gelandang, sementara Kylian Mbappe dan Edinson Cavani menempati posisi di barisan depan.

Performa Angel Di Maria cukup baik pada musim ini. Ia telah mengoleksi 16 gol dan 15 assist dari total 32 pertandingan PSG di berbagai ajang. Di Maria juga mampu mencetak 12 gol dari 15 pertandingan terakhir yang ia mainkan.

3 dari 4 halaman

Julian Draxler

Opsi lain bagi PSG tampil tanpa Neymar adalah menurunkan Julian Draxler. Apabila melihat ketajaman pada musim ini, torehan Draxler memang lebih sedikit daripada Angel Di Maria.

Akkan tetapi, Draxler bisa menjadi senjata rahasia PSG saat menghadapi Real Madrid, pekan depan. Ia memiliki pengalaman bagus ketika membela Wolfsburg yang sukses mengalahkan Real Madrid, 2-0, pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions 2015-2016.

Selain itu, kemampuan Draxler beroperasi di sayap kiri juga tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, beberapa klub besar Eropa dikabarkan siap merekrut bintang asal Jerman tersebut apabila dilepas PSG.

4 dari 4 halaman

Dan opsi ketiga adalah...

Pelatih Unai Emery bisa mengubah formasi pada pertandingan leg kedua melawan Real Madrid. Bersama Neymar, Emery memiliki formasi pakem, yakni 4-3-3.

Kini, tanpa Neymar, Emery bisa mencoba formasi lain dengan memaksimalkan pemain yang mereka punya, seperti Javier Pastore, Thiago Motta, atau Lassana Diarra. Pastore bisa menjadi opsi di lini serang, sedangkan Thiago Motta dan Diarra bisa mengisi posisi depp-lying gelandang.

Dengan demikian, Emery bisa menurunkan duet Kylian Mbappe dan Edinson Cavani di barisan depan. Sementara itu, tugas utama sang pelatih adalah meracik para gelandangnya agar dapat maksimal mengalirkan bola ke kedua penyerang tersebut. 

Sumber: AS

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.

    Neymar Jr

  • Bola.com

Video Populer

Foto Populer