3 Pemain Kepercayaan Pelatih AC Milan

Oleh Harley.Ikhsan pada 03 Mar 2018, 21:45 WIB
Diperbarui 03 Mar 2018, 21:45 WIB
Drama Adu Penalti Antarkan AC Milan ke Final Coppa Italia
Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso merayakan kemenangan tim asuhannya atas Lazio pada laga leg kedua semifinal Coppa Italia di Stadio Olimpico, Rabu (28/2). Milan memastikan tiket final setelah melalui drama adu penalti 5-4. (Ettore Ferrari/ANSA via AP)

Jakarta Gennaro Gattuso disebut-sebut jadi kunci kebangkitan AC Milan. Kini, Milan tidak terkalahkan pada 13 pertandingan terakhir di seluruh kompetisi.

Tidak hanya membuka kesempatan merebut tiket Liga Champions, I Rossoneri juga menembus final Copa Italia serta terus melaju di Liga Europa.

Berkatnya, juara Italia 18 kali tersebut hanya tertinggal tujuh angka dari Inter Milan yang menduduki peringkat empat klasemen sementara. Mereka bahkan berpotensi memangkas defisit asalkan memenangkan Derby della Madonnina, Minggu (4/3/2018).

Di Coppa Italia, AC Milan menyisihkan Inter Milan dan Lazio untuk menantang juara bertahan Juventus pada laga puncak. Sedangkan di Liga Europa mereka menyingkirkan Ludogorets Razgrad dan ditantang Arsenal pada babak 16 besar.

Meski memainkan peran terbesar, Gattuso tidak bertindak sendirian. Harus diakui para pemain juga meningkatkan kinerja.

Menjalankan arahan dan motivasi terbakar karena Gattuso, mereka membantu AC Milan tampil solid memasuki fase akhir musim ini. Ada tiga nama yang mencolok. Berikut daftarnya:

2 dari 4 halaman

Leonardo Bonucci

AC Milan
Bek AC Milan, Leonardo Bonucci. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Bicara paling kencang mengenai pengaruh positif Gattuso bagi AC Milan. Bonucci kerap memberi pujian, yang sekaligus menjadi sindiran bagi pelatih pendahulu.

Vincenzo Montella merombak pola bermain AC Milan demi memfasilitasi Bonucci yang bergabung dari Juventus. Dia menerapkan sistem tiga bek tengah.

Kinerja AC Milan tidak berjalan baik sehingga Montella dipecat. Sadar strategi itu tidak berjalan, Gattuso pun mengembalikan sistem permainan menjadi empat pemain belakang sejajar.

Bonucci menjawab perubahan tersebut dengan tampil solid. Dia membantu AC Milan membukukan delapan clean sheet dari 13 laga tidak terkalahkan.

3 dari 4 halaman

Lucas Biglia

Ludogorets Razgrad, AC Milan, Liga Europa
Lucas Biglia (kiri). (AP Photo)

Gattuso sempat menyebut Franck Kessie memiliki kualitas lebih baik darinya. Dia pun acap mempercayakan lini tengah ke gelandang Pantai Gading tersebut.

Namun, peningkatan terbesar menjadi milik Lucas Biglia. Pemain berkebangsaan Argentina ini lebih solid ketimbang sebelumnya.

Menjadi sentral pada pola 4-3-3 yang diterapkan Gatusso, Biglia menggunakan kepiawaiannya dalam mendistribusi bola ke seluruh rekan.

4 dari 4 halaman

Patrick Cutrone

Sepatu Anyar Pesepakbola
Patrick Cutrone. (AP/Serena Campanini)

Cutrone mulai tampil rutin bersama Montella. Namun, dia tergusur ke bangku cadangan ketika Nikola Kalinic fit.

Gattuso menerapkan pendekatan berbeda. Mantan pelatih Sion ini memberi kepercayaan penuh kepada Cutrone untuk memimpin serangan tim.

Hasilnya, Cutrone membuat enam gol dalam 13 laga terakhir. Pemain berusia 20 tahun tersebut menjadi pilihan utama, menyisihkan Kalinic atau Andre Silva.

 

Sumber: www.liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓