5 Pemain Bintang dengan Klausul Pelepasan Miring

Oleh Liputan6.com pada 11 Mar 2018, 20:59 WIB
Diperbarui 13 Mar 2018, 20:16 WIB
Ilustrasi Sepak Bola

Jakarta Usai PSG menebus klausul pelepasan Neymar sebesar 222 juta euro dari Barcelona, harga pemain-pemain bintang naik drastis. Namun masih ada pemain hebat yang punya klausul penjualan yang murah.

Pemain seperti Marco Asensio dari Real Madrid, dan Sergi Roberto dari Barcelona Barcelona memiliki klausul pembebasan yang meningkat secara dramatis. Keduanya ditaksir dengan mahar menjadi 700 juta euro, dan 440 juta poundsterling.

Namun, 5 pemain dalam daftar di bawah ini masih memiliki klausul rilis "rendah" yang membuat mereka mungkin jadi barang panas pada bursa transfer mendatang. "Rendah" ada dalam kutipan, karena beberapa dari klausul pelepasan ini tidak akan dianggap rendah pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun harga pemain terus melonjak sejak 2017 pasca penjualan Neymar dan Kylian Mbappe.Saat ini sulit mencari pemain dengan status bintang yang bisa diboyong dengan harga di bawah 100 juta euro.

Faktanya pemain seperti itu masih ada. Berikut adalah 5 pemain dengan klausul jual murah dikutip Sportskeeda:

 

 

2 of 6

5. Kevin Strootman - 45 juta pounds

Liga Champions, Qarabag, AS Roma
Gelandang AS Roma, Kevin Strootman(AP/Alessandro Di Meo)

Strootman merupakan sosok penting untuk AS Roma. Dia merupakan gelandang bertahan yang tinggi, kuat, dan pekerja keras. Strootman juga solid soal tekel dan interceptions, serta punya teknik fantastis pada bola.

Musim ini, dia tampil bagus bersama Radja Naingollan dan memainkan peran besar di lini tengah Roma. Kontraknya saat ini dengan Roma yang berlangsung sampai 2022, cuma punya klausul pelepasan sebesar 45 juta pounds.

Saat ini, tidak ada klub yang dilaporkan memiliki minat pada gelandang bertahan itu. Namun dengan penampilan mengesankannya musim ini ditambah dengan pulih sepenuhnya dari cedera, dia diprediksi bakal banyak peminat musim panas nanti.

3 of 6

4. Toby Alderweireld - 25,4 juta pounds

FOTO: Anthony Martial Antar MU Bungkam Tottenham
Striker Manchester United, Romelu Lukaku, berebut bola dengan bek Tottenham, Toby Alderweireld, pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (28/10/2017). MU menang 1-0 atas Tottenham. (AP/Martin Rickett)

Pada usia 29 tahun, Alderweireld jelas akan mengalami penurunan harga jualnya. Hal ini membuat Tottenham tidak khawatir dia akan gabung ke klub lain.

Namun, dengan klausul rilis rendah sebesar £ 25,4 juta, klub seharusnya tidak terlalu yakin bahwa tidak ada klub lain yang tertarik padanya. Apalagi, dia sangat solid sekaligus bisa diandalkan dan belum membuat kesalahan musim ini.

Dia hebat pada bola dan sangat lugas. Namun kualitas terbaiknya bisa dibilang adalah jiwa kepemimpinannya. Dengan bek seperti Virgil Van Dijk yang punya harga 75 juta pounds, tak heran jika Alderweireld bisa jadi bek yang menarik perhatian banyak klub. Chelsea dan Arsenal kabarnya tertarik dengan eks bek Atletico Madrid itu.

4 of 6

3. Timo Horn - £ 5,4 juta

Timo Horn
Timo Horn (INA FASSBENDER / AFP)

Timo tidak diragukan lagi merupakan salah satu kiper terbaik yang membawa FC Koln ke Liga Europa musim lalu. Musim ini, ia terus tampil, dengan tingkat penyelamatan per gol mencapai 1,5 kali.

Namun, ia belum bisa membantu tim keluar dari zona degradasi musim ini. Kini, dia dilaporkan ingin pindah ke klub yang lebih besar dan jelas diprediksi akan mudah, mengingat klausul pembebasannya hanya 5,4 juta poundsterling.

Bagi kiper dengan kualitas dan potensi seperti itu, klausul pembebasannya jelas mengherankan. Karena bahkan kiper kelas menengah seperti Asmir Begovic sudah berharga 11 juta pounds. Klub seperti Liverpool atau Borussia Dortmund yang mengalami masalah dalam posisi kiper bisa saja mendatangkan kiper Jerman tersebut musim panas ini.

5 of 6

2. Samuel Umtiti - 60 juta euro

Samuel Umtiti
Samuel Umtiti (AFP/Gabriel Bouys)

Umtiti direkrut dari Lyon seharga 25 juta euro dan telah terbukti menjadi salah satu rekrutan terbaik Barca. Bek berusia 24 tahun telah menjadi salah satu pemain paling konsisten dalam tim, dengan tekel, pengambilan keputusan, dan penentuan posisi yang kuat.

Dia juga sangat tenang saat menguasai bola dengan rata-rata 92% akurasi umpan musim ini. Jelas itu statistik mengesankan untuk bek tengah.

Biaya transfer sebesar 60 juta euro mungkin tampak tinggi. Namun bagi pemain muda kelas dunia yang potensial itu sudah termasuk murah. Alhasil, prioritas utama FC Barcelona saat ini adalah memperbarui kontraknya.

Tidak mungkin dia akan pindah klub dalam waktu dekat. Tapi klub mana-pun yang mendapatkannya karena klausul jualnya yang murah itu akan sangat beruntung bisa mendapatkan pemain berkualitas sepertinya.

6 of 6

1. Dries Mertens - 24 juta Pounds

Dries Mertens - Napoli
Striker Napoli Dries Mertens (Cesare Abbate/ANSA via AP)

Dengan mencetak 33 gol dalam 48 pertandingan musim lalu, Mertens jelas punya naluri yang mengerikan. Dia punya catatan dengan rata-rata gol setiap 95 menit.

Mertens melanjutkan penampilan hebatnya musim ini, mencetak 17 gol dalam 27 pertandingan. Striker asal Belgia ini dikenal dengan finishing dan umpan kreatifnya yang tajam. Dia sangat lincah dan suka menggiring bola. Satu-satunya kelemahannya ada di udara.

Dengan kualitasnya, Anda akan mengira dia akan memiliki klausul pelepasan yang tinggi. Namun kenyataannya, dia memiliki klausul pelepasan cuma 24 juta pounds.

Setelah Neymar meninggalkan Barca dengan uang besarnya ke PSG, Mertens mengatakan hal ini tentang klausul penjualannya, "28 juta euro pada dasarnya tidak ada apa-apa. Di mana Anda bisa menemukan pemain yang mencetak 28 gol di Serie A dan semewah saya? Tidak ada, kan? "

Mungkin alasan untuk klausul penjualannya yang rendah adalah usianya, yakni 31 tahun. Tapi bagi pemain dengan kualitas seperti itu, tidak ada yang bisa menyangkal klausul penjualanya sangat tak masuk akal.

Eka Setiawan

Lanjutkan Membaca ↓